Cara Memulihkan Stamina & Fatigue – Story of Seasons: Friends of Mineral Town

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#


Cek juga Panduan Mengelola Stamina & Fatigue


Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memulihkan Stamina yang terkuras habis atau mengurangi level Fatigue yang terus bertambah. Berikut panduan memulihkan Stamina dan Fatigue di Story of Seasons: Friends of Mineral Town selengkapnya!

Menyantap Makanan

Dudley’s Inn dan Kai’s Beach Cafe menjual masakan jadi yang bisa anda santap guna memulihkan Stamina sekaligus Fatigue. Masakan jadi ini akan otomatis dimakan setelah anda membelinya. Selain itu, anda juga bisa memasak makanan sendiri dan membawanya pergi kemanapun anda suka dengan menyimpannya di dalam tas (inventory).

Setiap makanan memiliki jumlah pemulihan Stamina dan Fatigue yang berbeda-beda. Seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas, Mixed Juice dapat mengurangi Fatigue sebanyak 20 poin (icon berbentuk wajah) dan menambah Stamina sebanyak 50 poin (icon berbentuk Power Berry). Untuk menyantap makanan yang anda bawa dalam tas, anda hanya perlu mengeluarkannya dan langsung memakannya.


PERHATIAN: Waspadalah saat anda mencoba untuk memakan Red Grass karena tipe rerumputan liar tersebut akan menambah poin Fatigue karakter anda!


Tidur

Tidur tidak selalu memulihkan Stamina ke 100% saat anda bangun keesoka paginya. Pemulihan stamina saat anda tidur bergantung dari jam berapa anda mulai tidur. Stamina yang akan dipulihkan selama tidur adalah 50 poin ditambah dengan 7 poin untuk setiap jamnya sementara Fatigue yang dipulihkan sebanyak 5 poin ditambah dengan 2 poin untuk setiap jamnya. Karakter akan selalu bangun pada pukul 06:00 AM setiap paginya.

Saat bangun pagi, karakter anda akan menyantap sarapan berupa Bread atau Onigiri secara otomatis. Makanan ini anda dapatkan gratis setiap harinya jadi tidak perlu repot untuk memasak dan menyimpannya ke dalam tas. Setelah rumah di upgrade dan anda memiliki dapur sendiri, menu sarapan pagi akan berubah secara acak (random) bergantung dari resep masakan yang telah berhasil anda peroleh dan masak sebelumnya.

Hot Spring

Berendam di dalam kolam pemandian air panas atau Hot Spring akan turut membantu memulihkan Stamina dan Fatigue sebanyak 1 poin tiap 1 menit (dalam game). Hot Spring bisa anda temukan di bagian selatan Farm, dekat dengan kolam Goddess.

Gem

Saat menjelajahi dunia Story of Seasons: Friends of Mineral Town, anda bisa menemukan Goddess Jewel & Kappa Jewel yang tersembunyi (ada total 9 Jewel untuk masing-masing tipe). Setelah mendapatkan seluruh Jewel, anda akan memperoleh Gem yang nantinya bisa dipasang ke dalam inventory equipment guna memulihkan Stamina atau Fatigue.


Cek Panduan Mencari Goddess, Kappa & Truth Jewel Tersembunyi


Flower Vase

Di tanggal 3 Spring tahun pertama, anda akan bertemu dengan pedagang bernama Huang. Ia akan memberitahu anda kalau dirinya mendirikan lapak di dalam rumah Zack dekat Mineral Beach. Di tanggal 11 Spring, Huang akan datang mengunjungi Farm dan menawarkan Flower Vase untuk dibeli (jika anda memiliki lebih dari 5,000 G). Jika anda memutuskan untuk membeli Flower Vase tersebut, maka Flower Vase akan otomatis ada di dalam rumah dekat dengan kalender.

Jika anda menempatkan bunga apapun ke dalam Flower Vase maka Flower Vase tersebut akan turut membantu memulihkan Stamina atau Fatigue. Bunga yang disimpan di dalam Flower Vase dapat layu dan mati jadi anda perlu memperhatikannya dengan seksama dan membawa bunga baru untuk menggantinya. Perlu diperhatikan, terkadang bunga dapat layu kurang dari kurun waktu yang seharusnya.

Berikut jenis bunga, jumlah poin Stamina / Fatigue yang dipulihkan dan waktu sebelum layu atau mati:

  • Moondrop Flower: +10 stamina | 7 hari
  • Toy Flower: -7 fatigue | 5 hari
  • Pinkcat flower: -5 fatigue | 5 hari
  • Blue Magic Flower: +3 stamina | 10 hari
  • Red Magic Flower: -10 fatigue | 5 hari
  • Sunsweet Flower: -20 fatigue | 2 hari

PERHATIAN: Jika anda menolak tawaran Huang untuk membeli Flower Vase pertama kalinya, maka ia akan datang di tanggal 11 musim berikutnya selama 4 kali berturut-turut. Jika anda tetap menolak untuk membelinya maka Huang tidak akan pernah menawarkan Flower Vase selamanya. Flower Vase tidak dijual di lapak Huang (Huang’s Store).


#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#