Panduan Mengelola Stamina & Fatigue – Story of Seasons: Friends of Mineral Town

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#


Cek juga Cara Memulihkan Stamina & Fatigue


Sama seperti di dunia nyata, semakin banyak anda melakukan aktivitas di  Story of Seasons: Friends of Mineral Town maka semakin lelah tubuh anda. Ada dua komponen penting yang berkaitan dengan energi atau tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas seperti bertani, beternak, menambang di Mine dan sebagainya yakni:

  • Stamina (STA)
    • Stamina memiliki icon berbentuk seperti buah Power Berry dan anda bisa melihat seberapa banyak sisa stamina yang dimiliki dari angka yang ditampilkan di bagian atas
    • Masing-masing Power Berry mewakili 15 poin stamina
    • Saat anda melakukan aktivitas bertani seperti mencangkul, menebang dan lain sebagainya, stamina anda akan berkurang
  • Fatigue (FAT)
    • Fatigue berhubungan dengan mood dan tingkat kelelahan dari karakter anda
    • Icon Fatigue yang memiliki bentuk seperti wajah akan berubah bergantung dari mood dan tingkat kelelahan karakter

Di awal permainan, karakter anda memiliki total 150 poin Stamina dengan 10 icon Power Berry. Perlu diketahui, stamina akan terus berkurang dari angka tertinggi ke angka terendah yakni nol (0) sementara Fatigue akan terus meningkat dari 0 ke 100. Jika Fatigue mencapai angka 100 maka karakter akan jatuh pingsan (walaupun Stamina masih tersisa banyak) dan dibawa ke Mineral Clinic.

Mengelola Stamina

Saat karakter anda menggunakan Tool, poin stamina akan berkurang dalam jumlah tertentu. Perlu diketahui, Cursed Tool akan menguras stamina lebih banyak ketimbang Tool biasa. Agar pemakaian Tool tidak menghabiskan stamina yang begitu banyak, anda perlu melakukan upgrade Tool ke NPC Saibara yang ada di Forge. Memang penggunaan stamina akan jauh lebih banyak namun jika dihitung, pemakaian Tool yang telah di upgrade jauh lebih efisien.

ToolLevel 1
Old
Level 2
Copper
Level 3
Silver
Level 4
Gold
Level 5
Mithril
Level 6
Cursed/Blessed
Level 7
Mythic
Axe2 STA4 STA5 STA8 STA10 STA20 STA10 STA
Fishing Pole2 STA2 STA2 STA2 STA2 STA2 STA2 STA
Hammer2 STA4 STA5 STA8 STA10 STA15 STA20 STA
Hoe2 STA3 STA4 STA5 STA7 STA15 STA40 STA
Sickle2 STA3 STA5 STA7 STA10 STA15 STA20 STA
Watering Can2 STA4 STA6 STA8 STA10 STA15 STA20 STA

PERHATIAN: Jatuh di lubang saat berada di Spring Mine atau Lake Mine akan mengurangi stamina anda secara drastis! Jangan lupa untuk membawa makanan yang dapat menambah stamina di dalam tas untuk berjaga-jaga! Berikut jumlah lantai dan pengurangan stamina jika anda terjatuh ke dalam lubang:

  • Jatuh total 1 lantai: -20 STA
  • Jatuh total 2 lantai: -30 STA
  • Jatuh total 3 lantai: -40 STA
  • Jatuh total 4 lantai: -60 STA
  • Jatuh total 5 lantai: -70 STA

Mengelola Fatigue

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Fatigue akan terus bertambah hingga mencapai angka 100 (maksimal), berbeda dengan Stamina yang terus berkurang hingga angka 0. Saat Fatigue menyentuh angka 100 maka karakter akan jatuh pingsan (walaupun Stamina masih tersisa banyak) dan dibawa ke Mineral Clinic.

Cek icon berikut ini untuk mengetahui level mood dan tingkat kelelahan karakter anda:

Icon Merah (Tersenyum Riang) = 0 poin

Icon Kuning (Tersenyum Biasa) = 1 – 49 poin

Icon Hijau (Lesu) = 50 – 79 poin

Icon Biru (Pening, Berkunang-kunang) = 80 – 100 poin

Level Fatigue akan terus meningkat jika anda menggunakan Tool atau tidur terlalu larut. Sebagai contoh, anda akan menerima +1 FAT jika menggunakan Tool diluar rumah (hujan atau bersalju) atau menggunakan Tool setelah lewat pukul 10:00 PM. Jika lebih dari pukul 00:00 AM maka level Fatigue akan meningkat menjadi +2 FAT. Penggunaan Tool saat Stamina anda mencapai 0 juga akan menambah +2 FAT.

Jika anda tidur terlalu larut, Fatigue dapat bertambah +3 FAT hingga +4 FAT bergantung dari seberapa larut anda baru pergi tidur dan dapat bertambah +10 FAT jika anda tidak tidur sama sekali. Penggunaan Cursed Tool juga akan menambah +10 FAT.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#