Jaga Performa Mobil dengan Tips Merawat Mobil Selama Musim Hujan


Musim hujan di akhir tahun sekilas dapat memberikan servis bersih-bersih gratis untuk mobil Avanza. Tapi ternyata, cat mobil malah berpotensi rusak karena itu. Hal ini dikarenakan hujan di daerah dengan polusi udara tinggi mengandung asam yang dapat menyebabkan korosi.


Cara Merawat Mobil Avanza di Musim Hujan

Air hujan yang bersifat korosif akan memberikan kerugian bagi pemiliknya. Kerusakan pada cat mobil dapat menciptakan kesan pudar sampai berkerak. Bagi pemilik mobil yang tinggal di daerah dengan kelembapan udara tinggi, simak tips merawat kendaraan roda empat berikut ini.

1. Langsung Bilas dan Keringkan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah lekas membilas mobil dengan air bersih, kemudian keringkan dengan lap. Pencucian mobil juga bisa memakai sabun khusus. Ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jamur yang berpotensi berkembang biak dengan cepat.

2. Membersihkan Badan dan Kaca

Masalah utama yang timbul karena hujan adalah embun pada kaca mobil Avanza yang berpotensi menumbuhkan jamur. Kondisi ini akan menghalangi pandang saat berkendara. Perawatan bisa dilakukan dengan membersihkan kaca agar tidak berembun dan ditumbuhi jamur.

Bagaimana mengatasi embun di kaca mobil? Saat kaca dibersihkan, nyalakan AC di bagian dalam dengan temperatur yang tidak terlalu rendah. Usahakan agar suhu di kabin sama dengan suhu di luar mobil. Gunakan sabun khusus dan kanebo lembap untuk hasil maksimal.

3. Periksa Mesin Mobil

Bukan cuma saat cuaca normal saja, pengecekan mesin juga penting dilakukan saat musim hujan. Sebab, air hujan mudah memasuki komponen mesin yang akan mengganggu kerjanya. Jika sudah masuk, mobil bisa jadi mogok di tengah jalan.

Beberapa komponen penting dari Avanza yang wajib dicek adalah karburator, busi, komponen kelistrikan, saringan udara, serta alternator. Lekas keringkan komponen itu apabila terkena air. Gunakan hair dryer, kemudian periksa kondisinya di bengkel terdekat.

4. Rutin Memanaskan Mesin

Dengan biaya yang dikeluarkan sebesar harga mobil Avanza yang telah dibeli sebelumnya, tentu sayang sekali jika mobil harus rusak terlalu cepat. Karena itu, panaskan mesin secara rutin di mesin hujan agar suhu rendah di musim hujan tidak ikut ‘mendinginkan’ mesin.

5. Rutin Mengganti Oli

Saat musim hujan, penggantian oli juga tidak lantas dilupakan. Supaya tidak cepat rusak, oli juga harus diganti berkala agar mesin tetap bekerja dengan optimal, meskipun di tengah terjangan hujan dan dipakai setiap hari selama musim hujan.

Penggantian oli mesin Avanza akan lebih baik jika menggunakan oli yang telah direkomendasikan dan dipercaya oleh masyarakat. Ini bertujuan untuk menghindari risiko kerusakan, supaya mesin selalu berfungsi maksimal.

6. Periksa Karet Wiper

Wiper menjadi komponen penting bagi mobil saat hujan. Kalau karet wiper terlampu kesat, air hujan tidak bisa dibersihkan dengan benar. Kondisi ini mewajibkan pemilik mobil untuk menukarnya dengan unit baru untuk mencegah marabahaya yang terjadi ketika berkendara di tengah hujan.

7. Periksa Rem dan Ban

Musim hujan memaksa rem dan ban digunakan dengan lebih ekstra untuk berhadapan dengan genangan air. Jika jalanan licin, cengkeraman ban pada jalan harus bekerja secara total. Karena itu, rutin perhatikan kondisi rem dan keempat ban Avanza; pastikan tidak ada gangguan di komponen itu.

SEVA hadir dengan unit mobil yang dilengkapi komponen berkualitas unggul. Jadikan perjalanan dengan mobil di tengah hujan tetap lancar. Namun, pastikan pula perawatan mobil terus berjalan agar seluruh komponen mampu berfungsi dengan optimal.