Cara Tepat Menggendong Bayi Untuk Menghindari Ruam Popok


Ruam popok merupakan masalah kulit yang paling sering dialami bayi. Tidak jarang, kulit kemerahan di selangkangan dan bokong si kecil membuatnya tidak nyaman. Ruam sering membuat kulit gatal sehingga bayi sering menggaruknya sampai luka. Berikut penjelasan lengkap seputar ruam popok, mulai dari penyebab, gejala, sampai cara mengobati.


Penyebab Ruam Kulit

Terdapat banyak penyebab ruam kulit. Beberapa penyebab tersering dari ruam kulit antara lain:

  • Alergi, bisa berupa alergi makanan, obat, kontak dengan benda tertentu (misalnya alergi logam)
  • Iritasi kulit akibat zat kimia tertentu, misalnya deterjen
  • Gigitan serangga
  • Infeksi, dapat berupa infeksi jamur, bakteri, parasit, atau virus

Gejala Ruam Kulit

Ruam kulit ditandai dengan adanya bercak kemerahan di kulit. Gejala lain yang menyertai tergantung pada penyebab ruamnya. Pada ruam kulit yang disebabkan karena alergi, ruam dapat disertai dengan bintik-bintik di kulit dan umumnya terasa gatal. Kulit dapat terlihat lebih kering dari kulit di sekitarnya. Pada ruam kulit akibat gigitan serangga, muncul pula bentol-bentol di kulit yang terasa panas dan gatal.

Bila ruam disebabkan karena infeksi jamur, biasanya terdapat bintik-bintik kemerahan yang melingkar di kulit, dan terdapat sisik halus di atasnya. Ruam akibat infeksi jamur biasanya akan terasa gatal bila kulit berkeringat. Jika ruam disebabkan karena infeksi bakteri, bisa disertai dengan bintik bernanah, rasa nyeri dan bengkak di kulit yang terkena. Bila ruam disebabkan karena infeksi virus, umumnya terjadi demam terlebih dahulu sebelum ruamnya muncul. Ruam akibat infeksi virus biasanya muncul dari wajah atau dari dada, yang lama kelamaan menyebar ke seluruh tubuh.


Apalagi jika Menggendong Bayi yang tidak sesuai, inilah pentingnya Cara Tepat Menggendong Bayi dan juga tentunya pemilihan popok yang tepat karena jika tidak, maka bisa menyebabkan Ruam Pada Dubur Bayi yang tentunya hal ini tidak diinginkan oleh para Bunda. Bayi akan menjadi rewel karena tidak nyaman akibat kulitnya iritasi. Untuk itu dalam memilih popok merupakan hal yang sangat penting, pastikan Bunda menggunakan popok yang sesuai dengan kebutuhan dan terutama cocok untuk kulit sensitif seperti Popok Merries.