Panduan FAQ versi PC: Instalasi & Gameplay – Genshin Impact

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Genshin Impact#

Kompatabilitas Perangkat

Cek Spesifikasi Minimum & Rekomendasi untuk Bermain Genshin Impact guna melihat informasi spesifikasi minimal dan yang dianjurkan khusus untuk PC selengkapnya.


Tanya Jawab Seputar Proses Instalasi

  • Saat saya membuka launcher atau mencoba membuka aplikasi game, saya mendapatkan pesan bertuliskan ‘The version of this file is not compatible with the version of Windows you’re running.’

Pastikan Operating System (OS) yang anda miliki sudah mengikuti kompatabilitas perangkat yang sesuai seperti yang dijelaskan diatas. Jika spesifikasi OS tidak sesuai, PC anda bisa mengalami kendala dimana layar menjadi hitam atau tidak responsif sama sekali. Sebagai contoh, jika anda menggunakan OS Windows 7, pastikan anda memiliki minimal Windows 7 Service Pack 1 untuk bermain game dengan lancar.

  • Setelah membuka launcher, menu yang ditampilkan tidak berfungsi dengan baik (contoh halaman launcher tidak tampil secara penuh)

Klik kanan icon Genshin Impact yang ada di desktop kemudian pilih Compatibility > Change DPI Setting > centang Replace high DPI scaling behavior > pilih System > Apply > Restart launcher. Jika anda menggunakan OS Windows 10, anda bisa menemukan DPI Setting melalui Properties > pilih tab Compatibility.

  • Saat mencoba untuk download, saya mendapatkan pesan bertuliskan ‘Please check  your network connection.’

Klik tombol yang ada untuk mengulang download, jika error masih berlanjut maka cek koneksi jaringan anda dan pengaturan VPN yang mungkin ada.

  • Setelah beberapa saat membuka aplikasi game, tidak ada respon sama sekali atau game tidak berjalan sebagaimana mestinya

Cek antivirus yang anda miliki dan periksa apakah antivirus tersebut memblokir file yang bersangkutan dengan Genshin Impact. Jika ya, masukkan file bersangkutan ke dalam daftar putih (White List) atau ‘Trusted’ pada antivirus anda. Jika masih mengalami kendala cobalah untuk menutup atau menonaktifkan sementara antivirus yang anda miliki sebelum menjalankan Genshin Impact.

  • Setelah membuka aplikasi game, muncul layar putih saja (tidak ada logo Genshin Impact yang muncul)

Cek folder bernama ‘DXSETUP’ pada folder instalasi Genshin Impact kemudian klik dua kali ‘DXSETUP.exe’ yang ada di dalam folder tersebut. Proses instalasi DirectX 11 akan berjalan, tunggu proses hingga selesai dan restart game. Jika tidak ada folder ‘DXSETUP’ maka download dan install DirectX 11 secara manual.

  • Saat membuka aplikasi game, saya mendapatkan pesan bertuliskan ‘Failed to download resource files or network error. Please try again.  Code: -9908’

Restart game, jika masalah masih muncul maka uninstall launcher kemudian hapus seluruh instalasi Genshin Impact kemudian reinstall.

  • Saat mencoba untuk memperbarui game, saya mendapatkan pesan bertuliskan ‘Insufficient space on disk.’

Pastikan harddisk anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup sekitar 30 GB. Restart launcher kemudian cobalah untuk melakukan pembaruan kembali.

  • Saya masih memiliki file instalasi bekas Beta Test pada PC, apakah saya bisa langsung install versi peluncuran resmi Genshin Impact?

Uninstall terlebih dulu seluruh file Beta Test yang anda miliki pada PC.

  • Saat mencoba untuk membuka aplikasi game, saya mendapatkan pesan bertuliskan:
    • The application cannot start correctly (0xc000007b). Click OK to close  this application.
    • The program can’t start because MSVCP140.dll cannot be found. Try reinstalling the program to fix this problem.

Cek folder instalasi Genshin Impact kemudian cari vcredist2013_x64.exe dan klik dua kali untuk memulai proses instalasi. Cek juga website resmi Microsoft lalu download dan instal VC_redist.x64.exe terbaru kemudian restart game.

  • Saat sedang melakukan instalasi, proses terganggu atau diblokir oleh program antivirus atau sejenisnya

Jika jendela antivirus muncul saat proses instalasi sedang berlangsung, klik Trust, Permit atau semacamnya (masukkan ke dalam daftar putih ‘White List’), jika masih tidak bisa maka nonaktifkan antivirus anda untuk sementara waktu.

  • Launcher tidak respon sama sekali saat saya mencoba untuk membukanya

Download dan install VC_redist.x64.exe terbaru melalui website resmi Microsoft. Jika kendala masih muncul, cek apakah anda menggunakan Graphic Card Discrete sekaligus Integrated pada PC anda. Jika ya, nonaktifkan Graphic Card Integrated yang anda miliki sebelum restart launcher.

Jika ada kendala lainnya yang muncul atau anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, hubungi layanan konsumen Genshin Impact melalui genshin_cs@mihoyo.com


Tanya Jawab Seputar Gameplay

  • Apakah Genshin Impact mendukung sistem operasi Mac?

Untuk saat ini tidak.

  • Apakah Genshin Impact versi PC mendukung kontroler Xbox atau PS4? Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak bisa mengganti sistem pengaturan setelah kontroler terhubung?

Saat ini Genshin Impact versi PC mendukung kontroler PS4 dan Xbox One/Elite. Pihak developer akan terus mengoptimisasi penggunaan kontroler. Jika kontroler terhubung dan anda tidak bisa mengganti pengaturan, cek Setting > Control Panel > Device and Printers > periksa jika ada hal yang janggal pada input kontroler virtual yang anda miliki

  • Apakah versi PC mendukung emulator?

Tidak.

  • Mengapa game yang saya mainkan terasa lag?

Cek apakah perangkat yang anda miliki sudah kompatibel dengan spesifikasi minimal yang dianjurkan. Anda juga bisa klik Setting pada menu Paimon kemudian turunkan kualitas grafik yang ada disana guna membantu mengurangi lag yang terjadi.

  • Saya tidak bisa download atau memperbarui game

Pastikan anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup pada harddisk sebelum memulai proses instalasi Genshin Impact. Pastikan juga anda memiliki koneksi internet yang stabil dengan bandwidth yang memadai untuk mengunduh Genshin Impact.

  • Kenapa game yang saya mainkan suka crash?

Crash dapat terjadi dari berbagai macam sumber masalah. Pihak developer akan terus melakukan investigasi dan memperbarui sistem. Disarankan untuk menggunakan Graphic Card Discrete yang ada pada PC anda. Berikut cara mengganti ke opsi Graphic Card Discrete:

NVIDIA Graphics Card

Klik kanan Desktop anda > pilih NVIDIA Control  Panel > cek 3D Settings yang ada di bagian sebelah kiri >  Manage 3D Settings > Program Settings pilih program yang hendak anda kustomisasi > pilih Genshin Impact > pilih Graphic Card yang ingin anda gunakan

AMD Discrete Graphics Card

Klik kanan Desktop anda > pilih Radeon Settings  > Preferences > Additional Settings > Power > Switchable Graphics Application Settings atau Graphics Card Properties > Graphics Card  Performance > AMD Radeon Dual Graphics > Use AMD Radeon Dual Graphics. Selanjutnya, pilih Genshin Impact pada daftar program yang muncul, jika tidak ada, klik Add Program dan tambahkan Genshin Impact (.exe). Cek kolom Graphic Card Setting kemudian atur ke High Performance atau Highest Performance

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Genshin Impact#