Tips Menambang di Spring & Lake Mine – Story of Seasons: Friends of Mineral Town

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#

Ada dua tambang (Mine) yang bisa anda jelajahi di dalam game Story of Seasons: Friends of Mineral Town. Pertama adalah Spring Mine yang berada di dekat kolam air terjun dimana anda bisa menjumpai Harvest Goddess dan Lake Mine yang ada di tengah danau atas gunung (Mother’s Hill). Spring Mine bisa anda akses setiap musimnya kecuali Winter sedangkan Lake Mine hanya bisa anda akses di musim Winter saja saat danau membeku.

Di dalam Spring Mine, anda bisa menemukan berbagai macam material berupa Ore yang nantinya bisa anda gunakan untuk meng-upgrade Tool, sedangkan di dalam Lake Mine, anda bisa menambang berbagai jenis batuan permata yang bisa dijual dengan harga tinggi lho!

Kedua Mine baik Spring & Lake memiliki kedalaman hingga lantai 255. Di masing-masing lantai anda bisa menemukan bebatuan yang bisa dihancurkan menggunakan Hammer serta tangga untuk mengakses lantai bawah. Tangga bisa anda temukan secara tersembunyi di tanah yang anda garap dengan menggunakan Hoe dan perlu diketahui, Hoe yang telah di upgrade tidak bisa digunakan untuk menggarap beberapa petak sekaligus layaknya di lahan Farm.

Tangga baru tidak akan anda temukan di sekeliling tangga tempat anda turun jadi anda bisa menghemat waktu untuk tidak mencari di area sekitar sana jika tujuan anda mencari tangga. Selain itu, tangga juga bisa ditemukan di bawah bebatuan jadi jangan sungkan untuk menghancurkan batu kemudian menggalinya dengan Hoe. Selama menggali di Spring & Lake Mine, anda bisa menemukan harta karun tersembunyi yang akan kami bahas di panduan selanjutnya.

Lubang Malapetaka

Lubang malapetaka tersembunyi baik di Spring maupun Lake Mine saat anda menggalinya atau sekedar berjalan. Jika anda masuk ke dalam lubang malapetaka, anda anda akan terjatuh 1 hingga 5 lantai ke bawah (random). Semakin jauh lantai tempat anda terjatuh maka semakin besar jumlah Stamina yang terkuras. Jumlah minimal stamina terkuras adalah -20 jika terjatuh 1 lantai dan maksimal -70 jika terjatuh 5 lantai.


PERHATIAN: Jatuh di lubang saat berada di Spring Mine atau Lake Mine akan mengurangi stamina anda secara drastis! Jangan lupa untuk membawa makanan yang dapat menambah stamina di dalam tas untuk berjaga-jaga! Berikut jumlah lantai dan pengurangan stamina jika anda terjatuh ke dalam lubang:

  • Jatuh total 1 lantai: -20 STA
  • Jatuh total 2 lantai: -30 STA
  • Jatuh total 3 lantai: -40 STA
  • Jatuh total 4 lantai: -60 STA
  • Jatuh total 5 lantai: -70 STA

Perlu diperhatikan, lubang malapetaka hanya muncul di tanah yang bisa digali saja dan tidak akan muncul di bawah bebatuan. Untuk mencegah diri anda terjatuh dan terjatuh lagi, gunakanlah trik save dan load. Yang perlu anda lakukan adalah save game saat masuk ke dalam lantai baru, galilah seluruh petak dan perhatikan petak mana saja yang terdapat lubang malapetakanya atau item berharga dan juga tangga. Perlu diketahui juga, lubang malapetaka dapat muncul di area sekitar tangga dan bagian pinggir dekat dinding Mine.

Elevator

Elevator merupakan cara cepat yang bisa anda gunakan untuk mengakses lantai di area pertambangan baik Spring dan Lake Mine. Fitur Elevator bisa anda peroleh setelah memberikan minimal 100 item ke Harvest Goddess. Cek Panduan Bertemu & Memberikan Hadiah untuk Harvest Goddess untuk informasi selengkapnya. Perlu diperhatikan, Harvest Goddess tidak akan memberitahu bahwa ada fitur elevator yang bisa anda gunakan. Jadi anda perlu masuk ke dalam Mine terlebih dulu lalu kemudian keluar lagi untuk mendapatkan event dialog ‘Elevator’ dengan Harvest Goddess!

Lantai pilihan yang disediakan oleh Elevator:

  • Lantai 0 (pintu masuk tambang)
  • Lantai 50
  • Lantai 100
  • Lantai 150
  • Lantai 200
  • Lantai 225

Opsi pilihan lantai pada elevator akan tersedia setelah anda berhasil mencapai lantai bersangkutan dengan mengguankan tangga. Jadi jika lantai tambang terdalam yang berhasil anda capai adalah 89 maka saat elevator hanya bisa membawa anda hingga ke lantai 50 saja.

Efisiensi Pemulihan Stamina 

Stamina yang dibutuhkan untuk menjelajahi Mine seperti Spring dan Lake Mine tidaklah sedikit. Anda perlu membawa persediaan seperti makanan guna memulihkan stamina. Resep masakan paling mudah yang bisa anda buat adalah Curry Udon yang dapat memulihkan +60 Stamina. Bahan masakan yang anda butuhkan hanyalah Wheat Flour (50 G) dan Curry Powder (50 G). Keduanya bisa anda beli melalui General Store.

  • Udon = Wheat Flour + Knife + Pot + Rolling Pin
  • Curry Udon = Udon + Curry Powder + Pot

Kedua resep Udon diatas bisa anda peroleh dari menonton channel Cooking di TV. Makanan dengan pemulihan stamina terbesar adalah Stamina Booster XL yang dapat memulihkan +100 Stamina. Stamina Booster XL bisa anda beli melalui Elly yang ada di Clinic seharga 1,000 G dan hanya tersedia setelah anda menjual minimal 50 Blue Grass. Stamina Booster XL juga bisa anda buat sendiri di dapur dengan mempelajari resep melalui TV.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Stamina Booster XL:

  • Stamina Booster (beli di Elly seharga 500G) atau resep berikut ini
    • Honey
    • Orange Grass
    • Black Grass
    • True Magic Red Flower
  • Blue Grass

Cek juga:


Efisiensi Pemulihan Fatigue

Untuk pemulihan Fatigue, anda bisa membeli Caffeine (1,000 G | -20 FAT) atau Super Caffeine (2,000 G | -50 FAT) dari Elly yang ada di Mineral Clinic atau buat Vegetable Juice (-20 FAT) dan Spicy Vegetable Stir Fry (-20 FAT) di dapur rumah. Relax Tea dan Elly Leaves juga bisa anda gunakan namun resep tersebut terlalu kompleks dan tidak efisien.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#