Panduan Merawat & Melatih Hewan Peliharaan – Story of Seasons: Friends of Mineral Town

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#

Di Story of Seasons: Friends of Mineral Town, anda bisa memelihara berbagai macam hewan mulai dari kucing, anjing, kapibara dan bahkan penguin! Semuanya bisa anda beli melalui toko hewan yang dibuka oleh Van tanggal 15 di setiap musimnya. Cek Panduan Memiliki Hewan Peliharaan (Pet) untuk informasi selengkapnya.

Dari 10 hewan peliharaan yang dapat anda pilih dengan bebas, anda hanya bisa memelihara maksimal 5 hewan saja, tentu anda perlu merogoh kocek yang tidak sedikit untuk bisa mendapatkan mereka. Perawatan hewan peliharaan yang anda miliki cukup mudah, bahkan saat mereka besar nanti (sekitar 60 hari) anda bisa mendaftarkannya ke Festival Fetch Fest yang diadakan setiap tanggal 1 Summer.

Merawat Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan yang telah anda beli dari Van akan tinggal di dalam rumah dan akan keluar secara otomatis saat hari cerah di sekitaran Farm lalu kembali masuk ke dalam saat tiba pukul 08:00 PM. Di hari hujan atau cuaca buruk, hewan peliharaan akan tetap diam di dalam. Berbeda dengan versi Harvest Moon Original, anda tidak bisa membawa (mengangkat) hewan peliharaan di Story of Seasons: Friends of Mineral Town. Anda juga tidak perlu repot untuk memberikan makanan padanya.

Untuk merawat hewan peliharaan, anda cukup melakukan 3 poin berikut ini:

  • Talking
    • Berbicara dengan hewan peliharaan akan menambah 1 poin Affection setiap harinya
  • Whistling
    • Anda bisa memanggil hewan peliharaan dengan cara bersiul guna mendapatkan 1 poin Affection
    • Hewan peliharaan yang berada dekat dan bisa mendengar siulan kan berjalan ke arah anda
  • Pet Treats
    • Anda bisa memberikan Pet Treat setiap harinya untuk mendapatkan +1 Affection Point
    • Pet Treat bisa anda beli dari Van’s Pet Shop seharga 1,000G

Sebenarnya anda juga bisa menyikat hewan peliharaan dengan menggunakan Brush namun tidak akan menambah poin Affection sama sekali. Untuk membeli hewan peliharaan lainnya, anda pelu memiliki minimal 8 hati dengan hewan peliharaan yang ada sekarang.

Melatih Hewan Peliharaan

Selain poin pertemanan, masing-masing hewan peliharaan juga memiliki poin pelatihan. Anda bisa melihat poin pelatihan ini di menu profil > Relationship > cek icon berbentuk Frisbee (piring terbang kecil). Poin pelatihan ini akan terisi setiap kali hewan peliharaan diajak untuk bermain Frisbee atau bermain bola.

Bermain Bola

Huang menjual Pet Ball (bola) di lapaknya seharga 100 G saat memasuki musim Fall tahun pertama. Pet Ball bisa digunakan baik untuk hewan peliharaan yang masih kecil maupun yang telah dewasa. Cara menggunakan Pet Ball sangatlah mudah, anda perlu berdiri di dekat hewan peliharaan kemudian melemparkan Pet Ball ke sembarang tempat agar si hewan peliharaan mengambilkannya untuk anda (cukup lakukan sekali sehari).

Bermain Frisbee

Berbeda dengan bola, Frisbee hanya bisa dimainkan oleh hewan peliharaan yang telah tumbuh dewasa. Huang menjual Pet Frisbee di lapaknya seharga 5,000 G saat memasuki musim Fall tahun pertama. Perlu diketahui, hewan peliharaan hanya bisa bermain Frisbee di semua musim kecuali Winter. Untuk mulai bermain Frisbee dengan hewan peliharaan, lakukanlah hal berikut ini:

  • Masukkan Pet Frisbee ke dalam inventory
  • Pergilah ke Mineral Beach
  • Cek papan di sebelah kursi duduk
  • Tekan tombol yang diminta saat berdiri di sebelah papan untuk memulai bermain Frisbee dengan hewan peliharaan

Untuk memahami lebih lanjut tentang permainan Frisbee di pantai (mineral Beach) cek contoh gambar diatas. Bar yang terletak di sebelah kiri adalah Power. Area berwarna hijau merupakan bagian yang perlu anda tekan saat arah penunjuk bergeser. Frisbee yang dilempar saat arah penunjuk berada di area hijau mengartikan Frisbee terlempar dengan jarak yang bisa diambil oleh hewan peliharaan. Jika arah penunjuk berada di area merah maka Frisbee yang terlempar tidak akan bisa diambil oleh hewan peliharaan.

Berikut hubungan jumlah hati dengan kesediaan hewan peliharaan untuk bermain Frisbee:

  • 0 hati: Tidak dapat bermain Frisbee
  • 1-2 hati: Sekali sehari
  • 3-4 hati: Dua kali sehari
  • 5-7 hati: Tiga kali sehari
  • 8-9 hati: Empat kali sehari
  • 10 hati: Lima kali sehari

Saat jarak Frisbee yang anda lemparkan melebihi 30 meter, hewan peliharaan dapat menemukan sesuatu yang tersembunyi di balik pasir pantai. Ia akan berhenti mengejar Frisbee lalu mulai menggali pasir tersebut. Anda bisa mendapatkan item tersembunyi seperti Agate, Gold Ore, Silver Ore dan sebagainya termasuk sampah atau tidak ada item sama sekali (pastikan anda memiliki slot inventory kosong sebelum memulai permainan Frisbee!).

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#