Tips & Trik Bermain Story of Seasons: Friends of Mineral Town

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#


Diperbarui 19 Juli 2020


Story of Seasons merupakan gim populer bernuansa simulasi pertanian dan peternakan dimana anda bisa menanam berbagai macam tumbuhan, memelihara hewan ternak dan bahkan memiliki hewan peliharaan sendiri. Berikut beberapa tips & trik bermain Story of Seasons: Friends of Mineral Town yang kami rangkum untuk anda:

Karakter Spesial

Ada beberapa karakter spesial yang wajib anda ketahui, berusahalah untuk berteman dengan mereka karena karakter spesial ini akan memberikan banyak sekali bonus keren di dalam game!

  • Harvest Sprite
    • Membantu di Farm
  • Huang
    • Jual beli item langka & Apple Game
  • Duke & Mana
    • Akses ke pekerjaan Part Time + membuat Cliff tetap tinggal di Mineral Town
  • Carter
    • Membuka bagian belakang Church dimana nantinya anda bisa mengambil berbagai macam tanaman seperti Mushroom, Truffle dan sebagainya
  • Anna
    • Untuk mengakses Cooking Class
  • Ellen
    • Untuk mengakses event Christmas Sock
  • Mayor
    • Menerima hadiah dari Christmas Sock
  • Dan lainnya (panduan terpisah akan kami buat)

Hot Spring

Bekerja di ladang dan mengurus hewan ternak bukanlah hal yang mudah. Stamina yang anda gunakan bisa saja terkuras dengan begitu cepatnya. Icon berbentuk buah beri yang ada di bagian pojok kiri atas menentukan jumlah Stamina yang anda miliki, jika habis maka karakter anda akan merasa kelelahan dan bahkan bisa pingsan.

Salah satu cara terbaik untuk memulihkan Stamina adalah dengan berendam di pemandian air panas dekat dengan Farm (Hot Spring). Cara ini adalah cara yang paling mudah dan gratis jika dibandingkan dengan memakan makanan atau bahkan membeli obat khusus Stamina yang harganya terlampau mahal!

Power Berries

Di dalam permainan, anda bisa menemukan 10 Power Berry tersembunyi yang dapat membantu menambah icon Power Berry yang ada di bagian pojok kiri atas layar. Salah satu cara untuk mendapatkan Power Berry tersembunyi adalah dengan mencangkul tanah yang ada di Farm lho!

Menjual Grass

Di alam liar, anda bisa mengambil rerumputan yang tumbuh dan menjualnya ke dalam Shipping Bin. Ambil rerumputan hijau atau biru yang anda temui, setelah berhasil menjual lebih dari 50 dari masing-masing jenis rumput, anda bisa membeli Medicine yang jauh lebih baik di Clinic lho!

Nature Sprite

Mengerjakan lahan pertanian sekaligus peternakan merupakan pekerjaan yang tidaklah mudah, apalagi jika lahan pertanian dan peternakan anda telah berkembang pesat. Tenang, ada Nature Sprite yang siap membantu! Kurcaci kecil ini dapat anda temui di bagian belakang Church, berikanlah hadiah setiap harinya dan bertemanlah dengan mereka hingga memiliki 3 hati agar mereka bisa bekerja di Farm milik anda.

Trik untuk memberikan para kurcaci hadiah dengan mudah dan cepat adalah dengan cara menyamakan item hadiah yang ingin diberikan dengan warna kurcaci. Sebagai contoh, kurcaci kuning (Sunny) bisa anda beri Honey sedangkan kurcaci berwarna biru (Staid) bisa anda berikan rerumputan berwarna biru. Hadiah yang mereka sukai adalah Flour. Satu lagi, jika seluruh kurcaci memiliki 3 hati dengan anda maka mereka akan mengundang anda ke Pesta Minum Teh antara jam 10:00 AM – 05:00 PM.

Bertani

Untuk membersihkan seluruh lahan pertanian dari bebatuan atau kayu, anda membutuhkan peralatan (Tool) yang telah di upgrade. Hammer biasa yang anda dapatkan pertama kalinya hanya bisa membersihkan beberapa batuan kecil sedangkan Axe biasa hanya bisa membersihkan beberapa ranting kayu kecil.

Anda bisa melakukan upgrade Tool melalui Forge yang buka tiap jam 10:00 AM – 04:00 PM (tutup hari Thursday). Jika anda salah menggali lahan, anda bisa mengembalikan lahan tersebut menjadi lahan yang belum digarap dengan cara menaruh ranting kayu tepat diatasnya. Selain tetumbuhan, anda juga bisa menanam pohon buah yang bisa dibeli melalui Workshop (langsung jadi).

Beternak

Coop (tempat ayam) dan Barn (tempat hewan ternak) dapat memuat masing-masing 4 ekor di awal permainan. Untuk membeli hewan ternak seperti sapi, domba dan sebagainya, anda bisa mengunjungi Yodel Ranch yang buka tiap pukul 10:00 AM – 03:00 PM (tutup Monday) sedangkan untuk membeli ayam anda bisa mengunjungi PoPoultry yang buka tiap pukul 11:00 AM – 04:00 PM (tutup Sunday).

Selain itu, anda juga bisa membeli berbagai macam peralatan ternak seperti Brush untuk menyikat, Milker untuk memeras susu sapi atau Clipper untuk memangkas bulu domba. Rajinlah menyikat hewan ternak yang anda miliki agar hati mereka bertambah. Semakin banyak hati mereka maka semakin baik produksi yang akan mereka berikan.

Anda juga bisa membeli Bell untuk memanggil hewan ternak yang anda biarkan diluar Farm, namun perlu anda ketahui, seluruh hewan ternak akan masuk secara otomatis ke dalam kandang pukul 08:00 PM lho! Jangan pernah mengeluarkan hewan ternak saat hari hujan atau hati mereka akan berkurang atau bahkan jatuh sakit!

Menambang

Ada dua jenis Mine (tambang) di dalam game Story of Seasons: Friends of Mineral Town yakni Spring Mine yang bisa anda akses selama musim selain Winter dan Lake Mine yang bisa anda akses saat musim Winter saja. Masing-masing Mine memiliki total 255 lantai sehingga memang sangat sulit untuk mencapai lantai tersebut di awal permainan. Setelah anda mencapai lantai 13 atau lebih dalam dari itu, anda bisa mendapatkan Orichalcum yang dibutuhkan untuk membuat Brooch di Forge atau anda bisa menjualnya seharga 800G!

Trik Menambang

Lantas adakah trik agar bisa mencapai lantai paling bawah dengan efisien tanpa membuang stamina secara percuma? Tentu saja! Anda bisa menggunakan trik Save dan Load. Yang perlu anda lakukan adalah save game saat masuk ke dalam lantai baru, galilah seluruh petak yang ada lalu ingat dengan baik petak mana saja yang tidak menghasilkan zonk. Setelah itu, load game dan galilah di petak yang bukan zonk!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Story of Seasons: Friends of Mineral Town#