Panduan Final Fantasy VII Remake – Bagian 10.1: Boss Fight Abzu

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy VII Remake#

Setelah menyaksikan cutscene yang cukup panjang, pasanglah Fire Materia, Star Pendant dan juga Otherworldly Crystal karena sebentar lagi anda akan menghadapi Boss yang memiliki kelemahan terhadap serangan Fire. Pastikan juga Ifrit telah anda pasang dan juga Healing Materia yang terhubung dengan Magnify Materia agar anda bisa memulihkan seluruh anggota tim dengan Curaga. Setelah semuanya siap, hadapilah boss selanjutnya, Abzu!

Boss: Abzu

  • Weakness / Status Ailments: Fire
  • Lesser Resistance: Ice
  • Immunitiy: Poison, Silence, Slow, Proportional Damage
  • Ability: Bash and Smash (Physical), Charge (Physical), Ground Pound (Physical), Backwash (Magical: Poison), Backwash Spout (Magical: Poison), Provoke (Magical: Fury)
  • Item Drop: Phoenix Down
  • Item yang bisa dicuri: Turbo Ether

Mulailah pertarungan dengan mengeluarkan serangan berbasis Fire seperti Firaga ke arah tanduk Abzu. Jika damage yang dihasilkan cukup tinggi, Abzu akan masuk ke dalam kondisi Pressured sehingga ia akan berputar tanpa arah selama beberapa waktu. Gunakan kesempatan ini untuk menghajarnya lebih keras!

Berhati-hatilah saat Abzu mulai melangkahkan kakinya ke arah dinding karena ia tengah bersiap-siap untuk mengeluarkan serangan Pounce yang tidak bisa diblokir sama sekali. Hindarilah serangan tersebut dengan cara berlari secara diagonal. Jika salah satu karakter anda terkena serangan tersebut (efek Bound), segera gunakan Curaga atau Mega Potion!

Jangan lupa untuk memanggil (summon) Ifrit ke dalam pertarungan lalu fokuskan serangan anda ke arah tanduk Abzu dengan Crimson Dive atau Radiant Plume. Pastikan juga darah masing-masing karakter tetap berada di ambang batas aman.

Waspadalah dengan ability Backwash milik Abzu yang akan membentuk pusaran air beracun seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas. Jika salah satu karakter terkena efek Poison, segeralah gunakan Poisona atau Antidote tanpa pikir panjang!

Abzu juga bisa mengeluarkan Provoke yang akan memberikan efek Fury pada karakter yang dijadikan target. Efek Fury akan menambah damage yang karakter anda terima namun juga mempercepat pengisian limit Break. Jika anda kesulitan dengan efek Fury ini, segeralah gunakan item Antidote.

Fase 2

Saat darah Abzu tersisa 50%, ia akan mengeluarkan Enrage dan memiliki ability baru berupa Triple Charge. Aktifkanlah Punisher Mode untuk meng-counter serangan melee yang dilancarkan Abzu, teruskan serangan berbasis Fire dan pastikan seluruh karakter memiliki darah yang berada dalam batas aman.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy VII Remake#