Panduan Berenang & Menyelam – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Menjelajahi area bawah sungai, danau atau bahkan laut sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan penjelajahan yang dilakukan di daratan. Di dalam air, anda bisa menemukan berbagai macam hal menarik termasuk harta karun lho!

Cara Berenang

Anda bisa melaju ke perairan baik itu sungai, danau maupun lautan untuk kemudian berenang layaknya berjalan menggunakan tombol seperti biasa. Jika anda terjebak di tengah perairan, anda bisa menggunakan fitur Escape yang tersedia melalui menu (tekan tombol ESC). Sistem akan membawa anda secara otomatis ke wilayah terdekat.

Namun, jika anda menjelajahi area baru seperti lautan dan kapal yang anda tumpangi mengalami masalah, mau tidak mau anda perlu berenang ke daratan terdekat yang memiliki desa atau kota. Kecepatan berenang karakter anda dipengaruhi oleh Movement Speed.

Jika anda memiliki satu set Talis yang dapat meningkatkan Movement Speed, pasanglah Magic Crystal yang juga menambah efek Movement Speed guna menambah kecepatan saat anda berada di perairan. Memakai kostum atau outfit seperti Splat Fisher’s Clothes dan Da-Dum Da-Dum Diving Suit pun akan sangat membantu.

Perlu diperhatikan juga, stamina akan berkurang saat anda melakukan aktivitas berenang. Jika bar stamina dalam keadaan kosong maka kecepatan berenang akan menurun drastis. Stamina bisa anda pulihkan lebih cepat saat berada di daratan ketimbang di perairan.

Untuk mempercepat pemulihan stamina di perairan, berhentilah berenang dan tekan tombol Q untuk menambah stamina secara perlahan. Perlu diketahui juga, anda tidak bisa mengganti Equipment saat sedang dalam keadaan berenang.

Cara Menyelam

Menyelam di dunia Black Desert Online sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah menekan tombol arah pada keyboard dan spasi. Ada perbedaan yang mencolok antara berenang di permukaan air dengan berenang di dalam air. Jika anda berenang di permukaan air, stamina akan menurun dan kecepatan gerak pun tidak secepat saat anda berada di daratan.

Jika anda berenang di dalam air, sebuah bar baru berwarna biru akan muncul di bagian tengah bawah layar. Bar biru tersebut adalah Breath yang menunjukkan batas menahan nafas milik karakter bersangkutan saat berada di dalam air. Intinya, bar tersebut menunjukkan seberapa lama karakter anda bisa menyelam di kedalaman air.

Breath tidak dapat dipulihkan saat berada di dalam air, ini berarti anda hanya bisa memulihkan Breath saat berada di permukaan air. Kostum atau outfit yang telah disebutkan sebelumnya dapat membantu anda menyelam lebih lama lagi.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#