Panduan Formasi & Combat – Arknights

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Arknights#

Hadiah premium bisa diperoleh jika berhasil mencapai rating 3 bintang di misi yang anda jalankan. Ini berarti, anda tidak boleh membiarkan satu musuhpun masuk ke dalam gerbang pertahanan. Semakin jauh anda menjelajahi dunia Arknights maka semakin kompleks strategi yang harus anda implementasikan guna mendapatkan rating bintang 3.

Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membantu meraih rating bintang 3:

Class & Sub-Class

Beberapa hero atau operator di Arknights memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda perlu mempelajari tipe dan skill mereka secara seksama agar bisa menggunakannya dengan maksimal. Sebagai contoh, hero kelas Vanguard memiliki HP yang jauh lebih sedikit ketimbang Defender dan damage yang juga kecil jika dibandingkan dengan Damage Dealer dan hanya bisa memblokir serangan dari 1 hingga 2 musuh sekaligus.

Anda bisa mengganti posisi Vanguard dengan Defender atau Damage Dealer jika memungkinkan tergantung dari musuh yang muncul saat misi berlangsung. Namun perlu diperhatikan juga, Vanguard memiliki biaya deployment yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kelas hero lainnya. Ini berarti, peran Vanguard tidak bisa anda gantikan begitu saja apalagi saat berada di awal pertarungan.

Posisi

Saat memasuki arena pertarungan, anda bisa melihat lantai berbentuk kotak dimana anda bisa menempatkan atau memposisikan hero sesuai dengan strategi yang anda terapkan. Beberapa lantai kotak ini ada di bagian bawah dimana hero anda akan bertarung melawan musuh bertipe Melee dan lantai kotak lainnya yang berada di bagian atas dimana hero yang ditempatkan disini akan aman dari serangan musuh bertipe Melee namun mereka dapat diserang dengan musuh tipe Sniper, Bomber atau Spell Caster.

Tempatkanlah hero atau operator anda ke lokasi dimana mereka bisa menghasilkan damage ke arah musuh di saat yang bersamaan guna mengurangi damage yang dihasilkan oleh musuh. Sebagai contoh, hero tipe Range (Sniper atau Caster) bisa anda posisikan dekat dengan hero tipe Melee (Defender atau Vanguard).

Perlu diketahui, musuh akan berusaha untuk menyerang hero yang anda tempatkan paling akhir (jika berada dalam jangkauan serang). Ini berarti anda perlu menempatkan tipe Range terlebih dulu sebelum memposisikan hero tipe Melee.

Strategi Halang Rintang

Di setiap misi, anda akan menemukan arena pertarungan dengan map yang berbeda-beda, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Arknights. Arena pertarungan yang di desain memiliki halang rintang seperti penempatan beberapa blok (peti) dan jalur tertentu yang bisa anda lakukan. Penempatan blok ini bisa anda gunakan sebagai strategi untuk membuat musuh masuk ke jalur tertentu.

Blok hanya tersedia di misi tertentu saja jadi tidak semua misi memiliki blok yang bisa anda tempatkan dan satu lagi, jika anda menempatkan blok hingga musuh tidak bisa melewati jalur yang tersedia, maka musuh akan berusaha untuk menghancurkan blok bersangkutan.

Special Terrain atau medan unik merupakan fitur lainnya yang muncul di beberapa misi. Anda bisa menempatkan hero atau operator dengan skill tertentu yang bisa berkolaborasi dengan Special Terrain yang ada di dalam arena pertempuran. Dengan menempatkan hero yang tepat, hero tersebut nantinya bisa mendorong atau menarik musuh ke posisi yang diinginkan.

Specialist & Support

Hero specialist dan support merupakan operator yang memiliki skill unik. Mereka dapat mendorong atau menarik musuh tertentu ke dalam Special Terrain dan membunuh mereka secara instan. Specialist tertentu dapat anda posisikan dengan cepat ke lokasi dimana musuh berhasil melewati pertahanan Vanguard dan Defender.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Arknights#