Mengenal Fungsi & Fitur Opera GX, Browser Gaming Pertama di Dunia

#Halaman ini merupakan bagian dari Panduan & Tutorial Opera GX Gaming Browser#

11 Juni 2019 menjadi tanggal dimana Opera GX lahir dalam bentuk Early Access (diumumkan saat ajang E3 berlangsung). Opera GX mengklaim dirinya sebagai peramban atau browser gaming pertama di dunia, dimana anda bisa bermain sambil menggunakan berselancar di internet tanpa harus mengorbankan kinerja CPU, RAM dan bandwidth yang terlalu banyak.

Sama halnya seperti Opera versi standar, Opera GX pun berbasis Chromium, proyek open-source yang juga dipakai untuk peramban Google Chrome dan Microsoft Edge. Peramban Opera GX memiliki tampilan yang sama dengan Chrome dan anda bisa meng-install extension dari Chrome di Opera dan sebaliknya.

Fungsi & Fitur Opera GX

GX Corner

Julukan browser gaming sangat lekat dengan Opera GX namun jangan kira browser ini dapat meningkatkan kinerja game anda secara drastis! Browser ini hanya menawarkan banyak fitur yang memudahkan gamers melihat hal yang berhubungan dengan hobinya seperti berita terkini terkait dengan dunia game, jadwal peluncuran game baru, panel Twitch dan juga efek suara yang dibuat oleh desainer yang ahli dalam soundtrack game.

GX Control

Selain itu, ada juga fitur GX Control dimana anda bisa membatasi penggunaan RAM, CPU dan bahkan bandwidth dari koneksi internet. Semuanya ini bisa anda nikmati dengan cukup mengunjungi panel GX Control yang memiliki bentuk seperti Speedometer.

  • Network Limiter
    • Fitur ini memungkinkan anda untuk membatasi penggunaan bandwidth baik upload (unggah) dan download (unduh) yang digunakan oleh Opera GX
    • Fitur ini sangat berguna jika anda ingin mengunduh file tertentu melalui browser sambil bermain tanpa perlu khawatir terjadi lag. Streaming yang anda lakukan pun menjadi lancar tanpa harus khawatir bandwidth anda terkuras banyak oleh browser
  • RAM Limiter
    • RAM Limiter memungkinkan anda untuk membatasi memori yang dipakai oleh Opera GX. Pengaturan ini akan membatasi pemakaian memori sehingga tidak keluar dari batasan yang telah ditentukan
  • CPU Limiter
    • CPU Limiter bisa membatasi penggunaan processing dari browser sehingga kemampuan dari processing tidak sepenuhnya termakan oleh Opera GX
    • Anda juga bisa bermain atau membuka aplikasi berat dengan leluasa tanpa perlu khawatir browser anda memakan terlalu banyak processor

Integrasi Twitch

Bagi anda yang gemar melakukan streaming game melalui Twitch, Opera GX menyediakan panel khusus untuk Twitch yang bisa anda akses melalui sidebar. Anda bisa menghubungkan akun Twitch dan melihat channel yang anda ikuti, siapa saja yang online dan pilihan untuk menerima notifikasi mana saja yang berhak muncul pada panel Twitch tersebut.

GX Design

Anda bisa melakukan kustomisasi browser Opera GX semau yang anda inginkan mulai dari mengubah warna, memasang wallpaper dan theme atau efek spesial tertentu.

Integrasi Messenger

Dengan dukungan integrasi Messenger, anda tidak perlu lagi repot membuka pesan yang ada di dalam perangkat mobile. Integrasi Messenger di Opera GX sudah mendukung aplikasi populer seperti Whatsapp dan Telegram.

Built-in VPN

Virtual Private Network akan menjaga privasi dan keamanan data anda selama berselancar di dunia internet. VPN yang disediakan Opera GX ini bersifat GRATIS dan tidak ada batasan penggunaan bandwidth alias unlimited!

#Halaman ini merupakan bagian dari Panduan & Tutorial Opera GX Gaming Browser#