Panduan Worker – Black Desert Mobile

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Mobile#

Worker merupakan pekerja yang tinggal di Camp anda. Mereka bisa membangun building, membuat item di Alchemy dan Blacksmith, mengumpulkan berbagai macam sumber daya dan lain sebagainya. Anda bisa melihat berapa banyak jumlah Worker yang dimiliki pada tab ketiga yang ada di bagian bawah layar saat berada di Camp.

Mempekerjakan Worker

Untuk mempekerjakan Worker baru, pergilah ke Pub seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini kemudian tekan tombol Enter untuk masuk ke dalamnya. Disini anda bisa memilih Worker yang hendak dipekerjakan dengan membayarkan sejumlah Contribution Points.

Contribution Points bisa anda peroleh dengan cara mengerjakan Main Quest atau Selective (Side) Quest yang tersedia di seluruh kota Black Desert Mobile. Jika anda tidak menemui Worker yang dikehendaki, tekan tombol refresh yang ada di bagian kanan atas layar dengan membayarkan sejumlah Stamina guna memperbaharui Worker.

Level & Rank

Masing-masing Worker memiliki level dan Rank yang berbeda bergantung saat anda mempekerjakan mereka. Selain itu, Worker juga memiliki Vitality, Strength dan Dexterity yang berbeda pula.

  • Vitality – Semakin tinggi Vitality yang dimiliki maka semakin cepat Worker bekerja mengumpulkan sumber daya yang diminta. Konsumsi makanan yang diperlukan pun jauh lebih sedikit
  • Strength – Semakin tinggi Strength maka semakin cepat Worker bekerja membangun building di Camp
  • Dexterity – Semakin tinggi Dexterity maka semakin cepat Worker memproduksi item seperti produk yang ada di Alchemy dan Blacksmith
RankLevel Maksimum
Normal10
Magic20
Rare30
Unique40
Epic50

Mengelola Worker

Anda dapat mendisiplinkan Worker yang malas saat diminta untuk bekerja dengan membayarkan sejumlah Stamina. Selain itu, anda juga bisa meningkatkan Loyalty mereka dengan cara berbicara, memberikan hadiah atau menyemangati mereka di saat lelah. Semakin rendah Loyalty Worker maka semakin malas mereka bekerja.

  • Talking – Mempengaruhi tingkat Loyalty
  • Give Gift – Mempengaruhi tingkat Loyalty, Fatigue dan EXP
  • Encourage – Mempengaruhi Fatigue

Saat Worker merasa kelelahan, anda bisa memberikan mereka hadiah yang disukai dengan cara bertemu dengan Worker bersangkutan (tekan Worker pada map kemudian pilih Meet) lalu pilih opsi Give Gift. Anda juga bisa memilih Encourage untuk menurunkan tingkat kelelahan (Fatigue) mereka.

Gift bisa anda dapatkan dari drop monster, hadiah tersembunyi dari Node dan Camp (tekan icon bergambar tangan yang muncul), atau anda juga bisa membelinya dari NPC yang memiliki icon bergambar seperti kado di setiap kota Black Desert Mobile.

Icon cemberut berwarna ungu menandai kalau Worker tersebut sedang kelelahan dan tidak bisa bekerja selama beberapa waktu ke depan. Sementara icon senyum berwarna hijau menandakan kalau Worker tersebut sedang fit, tidak kelelahan dan siap bekerja.

Mengganti Nama Worker

Anda bisa mengganti nama Worker dengan cara memilih Worker bersangkutan kemudian tekan icon bergambar seperti pensil yang ada di bagian kiri atas. Saat muncul jendela baru, anda bisa menamai Worker sesuai dengan keinginan atau menekan tombol Random agar sistem memilihnya untuk anda.

Menyelesaikan Pekerjaan Secara Instan

Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakan secara instan dengan cara menekan icon waktu disebelah foto worker seperti yang bisa anda lihat pada gambar diatas kemudian membayar sejumlah stamina. Jumlah stamina yang harus dibayarkan bergantung dari banyaknya jumlah waktu.

Memecat Worker

Untuk memecat Worker, tekan nama dari Worker bersangkutan kemudian tekan icon bergambar lingkaran dicoret di bagian kiri atas seperti yang bisa anda lihat pada gambar. Saat muncul jendela baru, tekan tombol Fire untuk memecat Worker bersangkutan.

Contribution Point yang anda gunakan untuk mempekerjakan Worker tadi akan dikembalikan seperti sediakala, namun perlu anda ketahui, Worker yang telah dipecat tidak dapat dipulihkan atau tidak bisa dikembalikan lagi.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Mobile#