Panduan Lengkap Memasak di Ragnarok M: Eternal Love

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#

Memasak dan menyantap makanan (Gourmet Food) di Ragnarok M: Eternal Love memiliki beberapa keuntungan tersendiri seperti memperoleh Bonus Stat tambahan atau Buff dalam periode waktu yang telah ditentukan. Menyantap makanan akan membantu anda dalam hal farming dan leveling secara efisien.

Yuk langsung kita simak panduan memasak di dunia Ragnarok M: Eternal Love selengkapnya!

Bonus Stat dan Buff

Menyantap makanan yang telah melalui proses memasak (Gourmet Food) bisa memberikan Bonus Stat berupa Atk, HP, Bonus Damage ke Boss, dapat mengabaikan Defense Buff atau tambahan damage melawan pemain lainnya selama beberapa menit atau bahkan jam.

Berikut adalah contoh Stat dan Buff  dari Prontera Royal Salad (masakan bintang 4.5):

  • Max HP +500, Max SP +50
  • MDef +38
  • Cast Delay -2.25%
  • Tidak akan mati saat menerima Death Blow. 1 HP akan tersisa dan tidak akan terlihat dalam kurun waktu 2 detik. Waktu Cooldown 15 detik dan dapat diaktifkan 2 kali

HP/ SP Discharge

Makanan juga dapat memberikan HP/ SP Discharge yang secara otomatis mengisi HP dan SP saat persentasenya menurun ke angka tertentu. Semakin tinggi bintang dari masakan, semakin besar HP/ SP Discharge yang didapatkan.

Bonus Stat Permanen

Memaksimalkan resep Cook & Taste Mastery bisa membuka Bonus Stat Permanen yang bisa anda lihat dalam Adventure Handbook. Bonus tersebut berlaku untuk semua karakter yang ada di dalam satu akun lho!

Adventure EXP

Anda juga akan memperoleh Adventure EXP saat memasak dan membuka resep baru. Ada banyak sekali resep di dalam dunia Ragnarok M jadi memasak merupakan salah satu metode yang paling praktis untuk meningkatkan level Adventure anda!

Cook Level

Memasak makanan akan memberikan anda Cooking Level EXP. Anda bisa melihat Cook Level di bagian Cooking (icon dengan gambar topi Chef) di dalam Adventure Handbook. Ada dua keuntungan saat anda menaikkan level Cooking:

  1. Menaikkan tingkat peluang kesuksesan dalam memasak
  2. Mendapatkan lebih banyak resep dan slot Inventory

Anda bisa melihat bonus tersebut di bagian bawah Cooking Cert.

Cara Upgrade Level Cooking

Untuk dapat meng-upgrade level Cookbook, masaklah banyak resep masakan. Disarankan untuk memasak resep yang belum termasuk Cook Mastery Lv 10  jadi poin Cook Mastery tidak akan mubazir nantinya.

Resep makanan dengan banyak bintang akan memberikan banyak EXP Cook Level lebih banyak namun mereka sulit dimasak karena peluang jadinya kecil. Saat EXP dari Cook Level penuh, bicaralah dengan NPC bernama Tag Hulett di Cooking Center untuk memulai Upgrade. Pastikan anda selalu meng-upgrade Cook Level saat mencapai poin maksimal!

Taste Level

Menyantap makanan akan memberikan EXP Taste Level. Anda bisa melihat Taste Level di dalam Handbook. Menaikkan level Taste akan meningkatkan limit stack dari Food Buff. Anda bisa mengumpulkan (stack) hingga maksimal 6 Food sekaligus saat Taste anda berada di level maksimal.

Cara Upgrade Level Taste

Menyantap makanan dengan bintang yang banyak akan memberikan EXP Taste Level yang lebih banyak juga. Saat Taste Level sudah maksimal, bicaralah dengan NPC bernama Aiya Nord untuk memulai upgrade. Pastikan anda meng-upgrade Taste Level saat sudah mencapai poin maksimal ya!

Cooking & Taste Mastery

Masing-masing makanan memiliki Cook & Taste Mastery Level tersendiri. Anda bisa melihat Cook dan Taste Mastery Level di masing-masing resep dengan cara memilih resep bersangkutan di dalam Handbook.

  • Cook/Taste Level: per karakter
  • Cook/Taste Mastery: per resep/makanan

Setelah salah satu resep mencapai Level 10 Mastery, resep tersebut akan memberikan Buff permanen ke semua karakter yang ada di dalam akun anda, hampir sama dengan fitur Deposit untuk kartu / Headgear di dalam Handbook.

Buff permanen ini akan memberikan keuntungan yang sangat signifikan untuk karakter anda yang memiliki level rendah. Anda bisa melihat Bonus Buff di bagian [Unlock Mastery] dalam Handbook. Cook Mastery Level 10 dengan Taste Mastery Level 10 memiliki bonus yang berbeda.

Memasak makanan akan memberikan anda Cook Mastery Point sedangkan menyantap makanan akan memberikan anda Taste Mastery Point. Masing-masing Mastery Level akan naik saat mencapai 100 poin.

Cara Membuka Fitur Masak

Saat anda berada di Adventurer Rank F, anda mulai bisa memasak dengan cara berbicara ke NPC bernama Pizza, Cuisine Association di Cooking Center. Selesaikan Quest-nya dan anda akan menerima Cookbook. Cek panduan selengkapnya disini.

Cara Mengumpulkan Bahan Masakan

Mengumpulkan bahan masakan di dunia Ragnarok M: Eternal Love membutuhkan Chef’s Eagle Eyes. Monster yang anda bunuh saat Chef’s Eagle Eyes dalam keadaan aktif memberikan peluang untuk mendapatkan bahan masakan yang anda butuhkan. Chef’s Eagle Eyes bisa dibeli melalui NPC Material Shop NPC di Cooking Hall.

Cara lainnya yang paling mudah untuk mendapatkan bahan-bahan memasak adalah membelinya melalui Material Shop, Primary Ingredients dan Rare Ingredients Shop yang berlokasi di Cooking Hall. Anda bisa membeli bahan masakan di Material Shop dan Primary Ingredients sebanyak yang anda mau kapanpun.

Untuk Rare Ingredients Shop, kuota pembelian bahan memasak dibatasi per harinya. Bahan memasak yang dijual pun berbeda-beda setiap hari (mirip dengan Lucky Shop). Disarankan untuk membeli semua bahan masakan yang dijual melalui Rare Ingredients Shop setiap harinya dengan tujuan menimbun agar anda bisa memasak dengan leluasa di kemudian hari tanpa harus repot-repot mencarinya.

Cara Memasak

Untuk mulai memasak, buka Cookbook yang ada di dalam Inventory. Sebuah jendela baru akan muncul. Dua tombol yang ada di bagian kiri adalah Manual Cooking dan Auto-Cooking.

Manual Cooking

Tombol pertama adalah Manual Cooking dimana anda bisa memilih peralatan masak dan bahan apa saja yang ingin anda gunakan. Pertama-tama, pilih jenis peralatan memasak dengan menekan icon bergambar keranjang. Ada 4 pilihan yang tersedia:

  1. Luxury Worktop – untuk menggoreng, memasak Steak, daging, Salad dan Kebab
  2. BBQ Grill – untuk memasak Kebab dan Barbecue
  3. Pressure Cooker (Steaming/Boiling Pot) – untuk memasak sup dan aneka kuah
  4. Beverage Stall/Dessert Station – untuk membuat makanan pencuci mulut, sashimi dan minuman

Setelah memilih peralatan memasak, tambahkan bahan-bahan yang diperlukan dengan cara menekan tombol icon yang berjejer di bagian bawah. Jenis makanan dan tingkat keberhasilannya akan muncul di jendela sebelah kanan.

Jika resep gagal dibuat menjadi makanan, ia akan dinamai Dark Cuisine. Resep dengan tulisan ‘???’ mengartikan kalau resep tersebut baru dan belum pernah anda masak sebelumnya.

Memasak Instan (Auto-Cooking)

Pilihan kedua adalah memasak resep yang sudah pernah anda buat sebelumnya. Pilih resep yang ingin anda buat dan tentukan jumlahnya. Pastikan anda memiliki bahan-bahan masakan yang cukup di dalam Inventory.

Resep Memasak

Ada banyak sekali resep masakan yang bisa anda temui di dalam dunia Ragnarok M: Eternal Love. Berikut daftar lengkap resep dan bahan-bahan yang diperlukan dalam bentuk Google Docs:

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#