Panduan Lengkap Upgrade, Refine, Enhance, Enchant – Ragnarok M: Eternal Love

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#

Ada berbagai macam cara untuk menempa Equipment anda agar mereka lebih kuat di Ragnarok M: Eternal Love. Upgrade, Refine, Enhance dan Enchant terdengar memiliki fungsi yang sama dan agak membingungkan bukan? Tenang, kami akan menjelaskan satu persatu dengan lebih detail!

Enhance

  • Yang diperlukan: Zeny
  • Lokasi: Jendela Inventory

Enhance merupakan salah satu dasar menempa yang memberikan efek tertentu pada Equipment. Sebagai contoh, Enhance akan meningkatkan DEF dari Armor atau MAtk dari Weapon Staff.

Anda bisa melakukan Enhance bergantung dari level karakter anda. Misal, level karakter anda saat ini adalah 50, maka Equipment yang bisa anda Enhance hanya bisa hingga 50 saja. Untuk melakukan Enhance, buka Inventory dan klik tab kedua yang ada di bagian kanan (lihat gambar diatas).

Pilih Equipment yang ingin anda Enhance kemudian klik tombol Enhance. Biaya Zenny yang dibutuhkan akan semakin meningkat seiring dengan tingginya level Equipment. Hal yang paling menarik dari Enhance adalah, anda bisa mentransfer level Enhance ke Equipment lainnya. Caranya, pakai Equipment yang berbeda (tipe yang sama, misal Weapon), dan sebuah jendela akan muncul menanyakan apakah anda ingin mentransfer level Enhance dari Equipment sebelumnya ke Equipment yang sekarang.

Refine

  • Yang diperlukan: Oridecon untuk weapon, Elunium untuk armor & Zeny
  • Lokasi: Hollergrehnn di Prontera

Menempa dengan cara Refine akan memberikan label ‘+’ pada Equipment bersangkutan. Equipment yang telah di Refine akan memberikan Refine Stat seperti Refine Atk atau Refine MAtk. Refine Stat berbeda dari Stat normal dan tidak terlihat di jendela Stat.

Refine Atk dan MAtk merupakan Stat murni Offensive sehingga ia mengabaikan Stat Normal dari Def atau MDef target. Satu-satunya yang bisa mengurangi Stat Offensive dari Refine ini adalah Refine Def atau MDef. Anda membutuhkan material seperti Oridecon untuk Weapon dan Elunium untuk Armor agar bisa melakukan Refine.

Disarankan untuk melakukan Enhance terlebih dulu baru kemudian Refine karena biaya melakukan Refine jauh lebih mahal. Untuk melakukan Refine, pergilah ke Equipment Refinement yang ada di Prontera. Waspadalah, ada peluang gagal Refine setelah +4.

Pemain game Ragnarok klasik mungkin tahu bagaimana sakitnya saat ingin menempa (Refine) dari +6 ke +7 namun gagal dan Equipment tersebut hilang begitu saja! Namun santai saja, pemain di Ragnarok M: Eternal Love sangat dimanja. Saat proses Refine gagal, Equipment bersangkutan tidak akan menghilang, namun sebagai gantinya ada 2 kemungkinan yang akan terjadi:

  • Level dari Refine akan berkurang, misal dari +4 menjadi +3 atau +2
  • Level dari Refine akan berkurang dan rusak (ditandai dengan nama Equipment yang berwarna merah dan icon bergambar palu merah muncul)

Eit, tunggu dulu! Tahukah anda kalau anda masih bisa mengenakan Equipment bahkan yang sudah hancur sekalipun? Equipment yang hancur hanya tidak dapat di Refine, itu saja! Selebihnya masih berfungsi dengan normal lho, tidak mempengaruhi Stat atau apapun itu. Banyak pemain membeli item yang hancur dari Exchange karena harganya jauh lebih murah.

Lalu bagaimana cara memperbaiki item yang hancur? Ambil Equipment yang sama persis dengan Equipment yang hancur (tidak peduli berapa level Refine atau apapun itu, yang penting Equipment nya memiliki nama yang sama persis) kemudian bicaralah dengan Hollergrehnn untuk melakukan perbaikan dengan memilih tombol Repair.

Enchant

  • Yang diperlukan: Zeny untuk level 1, Mora Coins untuk level >2
  • Where: Cat NPC, Geffen

Menempa dengan cara Enchant merupakan metode yang cukup mahal namun ia dapat memberikan bonus Buff yang sangat kuat untuk Equipment anda. Ada beberapa tipe Enchant yang bisa anda dapatkan dengan melakukan Quest dari Mora, Cat NPC.

Anda bisa melakukan Enchant dasar seharga 5,000 Zeny namun untuk Enchant level 2 keatas, anda membutuhkan Mora Coins. Anda bisa membeli Mora Coins dari Event NPC (dekat Miu) di Prontera seharga 50,000 Zeny per 1 Mora Coin atau anda juga bisa membelinya dengan menggunakan 10 Friendship Token dari Mora.

Friendship Token bisa anda peroleh dari Quest dan Time Rift saat anda melakukan keduanya dengan teman-teman. Jadi pastikan anda mengajak teman-teman saat melakukan Quest atau Time Rift ya!

This slideshow requires JavaScript.

Bagaimana cara kerja Enchant? Anda bisa mendapatkan Bonus tambahan saat melakukan Enchant pada Equipment yang anda pilih. Anda bisa melakukan proses Enchant lagi dan lagi sampai anda puas dengan bonus yang diperoleh.

Terkadang pada jendela Stat anda bisa melihat icon bergambar Poring, ini berarti Bonus Stat yang anda dapatkan adalah di atas rata-rata, selamat!

Setelah puas dengan hasil Enchant, anda bisa melihat atribut Enchat pada jendela Stat Equipment anda. Berbeda dengan Enhance, Enchant tidak dapat mentransfer atribut Stat ke Equipment lainnya.

Upgrade

  • Yang diperlukan: Material tertentu bergantung dari jenis Equipment
  • Lokasi: Jendela Inventory

Jenis menempa yang terakhir adalah Upgrade. Upgrade merupakan salah satu metode menempa yang mungkin paling sulit. Tidak semua Equipment bisa anda Upgrade. Anda bisa melihatnya dengan cara memilih Equipment bersangkutan. Jika anda melihat ada icon panah berwarna merah di samping gambar Equipment, itu berarti Equipment tersebut dapat di Upgrade.

Anda bisa melihat Equipment lainnya melalui Adventure Handbook (tab terakhir yang ada di bagian bawah).

Anda bisa meng-upgrade Equipment ke dalam 4 tingkatan yakni I, II, III dan End Form. Anda bisa melihat bonus yang ditawarkan dari masing-masing level Upgrade dan juga material yang dibutuhkan di jendela Equipment. Saat melakukan Upgrade ke tingkatan terakhir, ini yang akan terjadi:

  • Equipment berubah bentuk menjadi Equipment yang jauh lebih kuat
  • Level Refine berkurang 2 poin (misal dari +4 menjadi +2)
  • Slot kartu tambahan menghilang (jika ada 2 slot, jika 1 slot maka tidak akan menghilang)
  • Stat yang didapat dari Enchant tidak akan hilang

Untuk meng-upgrade Equipment, tekan icon panah berwarna merah. Sebuah jendela baru berisi informasi material yang dibutuhkan akan muncul. Anda bisa membeli material yang dibutuhkan dari Exchange atau farming monster.

Contoh, Mage Coat dibawah ini berada di Upgrade tingkat III dan akan berubah menjadi Robe of Cast saat proses Upgrade selanjutnya. Perlu diketahui, terkadang Equipment yang memiliki kartu dan telah di Refine jauh lebih baik ketimbang Equipment yang telah di Upgrade ke tingkat End Form.

Mana yang lebih baik dilakukan pertama kali? Enhance, Refine, Enchant atau Upgrade?

Enhance dan Enchant sesuka yang anda inginkan namun jangan lakukan Refine dan menambahkan kartu di slot kedua sebelum Upgrade ke End Form. Berikut alurnya untuk mempermudah:

Enhance/Enchant > Upgrade ke End Form > Refine dan isi kartu


Catatan Penting

  • Menambah Slot Kartu
    • Enhance, Refine, Enchant dan Upgrade tidak akan berpengaruh saat menambah slot kartu
    • Material yang dibutuhkan untuk menambah slot harus dalam kondisi Refine +0
  • Equipment yang Hancur
    • Anda masih bisa melakukan Enhance dan Enchant pada Equipment yang telah hancur
    • Anda tidak bisa menggunakan Equipment yang telah hancur untuk memperbaiki Equipment hancur lainnya
    • Anda tidak bisa menggunakan Equipment yang telah hancur untuk menambah Slot
  • Shared Storage
    • Anda tidak bisa menyimpan Equipment yang telah di Enhance ke dalam Shared Storage. Anda perlu mentransfer level Enhance ke Equipment lain terlebih dulu
    • Anda bisa menyimpan Equipment yang telah di Refine, Upgrade atau Enhanct ke Shared Storage
  • Menjual di Exchange
    • Saat mencoba untuk menjual Equipment yang telah di Upgrade melalui Exchange, anda diminta untuk melepaskan semua tingkatan Upgrade terlebih dulu, sejumlah Zeny akan dikembalikan
    • Saat menjual Equipment Enhanced, level Enhance akan ditiadakan
    • Anda bisa menjual Equipment yang telah di Enhance
    • Anda bisa menjual Equipment yang hancur
  • Anda bisa membeli material yang dibutuhkan melalui Lucky Shop juga lho!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#