Panduan Elemen – Ragnarok M: Eternal Love

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#

Di Ragnarok M: Eternal Love, semua monster memiliki elemennya masing-masing. Mengenal elemen musuh merupakan keuntungan tersendiri bagi anda karena secara langsung anda bisa mengetahui kelemahannya.

Panduan ini akan memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana meningkatkan efisiensi Farming dan Leveling menggunakan tabel elemen, mengubah Attack menjadi elemen dan menggunakan kartu yang akan meningkatkan damage melawan elemen tertentu.

Tabel Elemen

Ada 10 elemen yang ada di dunia Ragnarok M: Eternal Love yakni Wind, Earth, Water, Fire, Neutral, Holy, Shadow, Ghost, Undead, dan Poison. Dalam tabel diatas, baris menandakan elemen penyerang (dalam hal ini karakter anda), sedangkan kolom menandakan elemen dari monster.

Angka yang ditampilkan adalah persen damage yang akan dihasilkan. Contoh, angka 200 berarti damage yang dihasilkan adalah 200%.

Bagaimana cara membacanya?

Misal anda ingin melawan monster yang memiliki elemen Undead, maka cara paling efektif untuk melawannya adalah dengan menggunakan elemen Fire (200%) dan Holy (200%). Elemen yang paling tidak ampuh melawan Undead adalah Shadow, Poison dan Undead itu sendiri (25%).

Cara Memeriksa Elemen Monster

Anda bisa memeriksa elemen monster melalui Adventure Handbook. Buka halaman Monster lalu klik monster bersangkutan agar anda bisa melihat icon elemennya di sebelah kiri tepat di sebelah kanan nama monster.

Perlu diketahui, anda harus mengambil gambarnya terlebih dulu (foto) menggunakan kamera agar bisa melihat detailnya di Adventure Handbook.

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengambil foto monster satu persatu, anda bisa melihat informasi lengkapnya melalui RoGuard.net. Gunakan tabel yang telah ditampilkan sebelumnya untuk mencari elemen mana yang paling tepat melawan monster yang anda incar.

Cara Mengubah Attack Menjadi Element

Kelas Melee

Untuk kelas Melee seperti Knight atau Assassin, Attack anda secara default atau dari sananya memiliki elemen Neutral (netral). Item berikut ini akan mengubah serangan dari Weapon anda ke elemen tertentu dalam kurun waktu 15 menit saat digunakan:

Item (Elemen)Bisa anda Dapatkan dari Monster berikut ini
Flame Heart
(Fire)
Deniro, Deniro★, Metaller, Elder Willow, Horong, Horong★, Marduk, Kobold (Hammer), Eddga (MVP)
Mystic Frozen
(Water)
Vadon, Marina, Obeaune, Obeaune★, Marc, Marc★, Sohee, Sohee★, Anolian, Penomena, Stormy Knight (MVP), Hatii (MVP)
Great Nature
(Earth)
Wormtail, Mandragora, Goblin(Buckler), Goblin(Buckler)★, Andre, Giearth, Muka, Mantis, Ferus, Sting, Stem Worm
Rough Wind
(Wind)
Hornet, Piere, Hunter Fly, Wind Ghost, Brilight, Cruiser, Cruiser★, Mistress (MVP), Gryphon (Mini Boss)

Selain bisa mendapatkan item tersebut dari monster yang telah disebutkan, anda juga bisa mendapatkannya dari Pet Adventure atau membelinya melalui Exchange. Priest juga bisa memberikan Buff berupa Aspersio yang dapat mengubah Attack menjadi Holy. Assassin juga memiliki skill Enchant Poison yang dapat mengubah Attack menjadi Poison.

Kelas Ranged

Untuk kelas Archer/Hunter anda bisa menggunakan berbagai variasi Arrow seperti Fire Arrow, Crystal Arrow (Water), Stone Arrow (Earth), Wind Arrow dan Silver Arrow (Holy).

Anda juga bisa mengubah batu-batu elemen menjadi Arrow melalui NPC yang ada di Payon:

  • Sniper NPC: 10,000 Arrow/ 10 Stone
  • Archer NPC: 1,000 Arrow/ 1 Stone

Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut untuk mendapatkan Silver Arrow. Anda bisa meminta Priest untuk menggunakan Aspersio sehingga Attack anda berubah menjadi Holy untuk saat ini.

Kelas Magic

Untuk kelas Mage/ Wizard, masing-masing skill memiliki elemen yang berbeda bergantung dari warna icon pada Skill yang anda miliki:

  • Hijau – Wind
  • Cokelat – Earth
  • Merah – Fire
  • Biru – Water

Kartu

Cara lain untuk meningkatkan damage anda ke monster yang anda incar adalah dengan menggunakan kartu. Beberapa kartu dapat memberikan bonus damage ke elemen tertentu. Contoh, Menblatt Card dapat memberikan +20% damage ke monster yang memiliki elemen Earth.

Cara Mengubah Armor Menjadi Elemen Tertentu

Anda bisa mengubah elemen dari Armor anda dengan cara memasang kartu tertentu. Hal ini sangat berguna saat digunakan di PvP atau WoE.

Berikut adalah daftar kartu yang akan mengubah Armor anda ke elemen tertentu:

KartuElemen
Angeling CardHoly
Argiope CardPoison
Bathory CardDark
Dokebi CardWind
Evil Druid CardUndead
Ghosting CardGhost
Pasana CardFire
Sandman CardEarth
Swordfish CardWater

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#