Cara Menempa & Memperbaiki Equipment – Ragnarok M: Eternal Love

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#

Menempa (Refine) Equipment dalam Ragnarok M: Eternal Love merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan seperti damage tambahan atau pengurangan Damage dari serangan monster ke karakter yang anda gunakan baik saat grinding maupun PvP melawan pemain lainnya.

Menempa weapon ke level 4 tergolong hal yang mudah, anda hanya membutuhkan 1 Refinement Material dan beberapa ribu Zeny saja. Untuk level 5 & 6, peluang yang anda dapatkan untuk suskes menempa hanyalah 50% namun tahapan ini masih bisa dilalui dengan cukup baik.

Mulai dari level 7 hingga maksimal, peluang keberhasilannya semakin kecil. Walaupun ada opsi Safe dimana anda bisa menempa weapon tanpa gagal, hal ini membutuhkan jutaan Zeny untuk mengumpulkan item yang diperlukan berikut dengan biayanya.

Material yang Dibutuhkan untuk Menempa

  • Elunium
  • Oridecon

Kedua material ini sangat penting dalam hal menempa. Anda bisa mendapatkan kedua item tersebut dari Pet Adventure atau Pet Labor. Anda juga bisa mendapatkannya dari monster Mini atau MVP. Via Exchange pun tersedia dengan harga sekitar 30,000 Zeny (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Cara Menempa Equipment

Pergi ke Equipment Refine NPC (Blacksmith). Jika NPC bersangkutan tidak menyediakan Refine, anda harus menyelesaikan Quest terlebih dulu untuk membuka Equipment Refine Shop. Quest ini ada di dalam Prontera. Setelah berbicara dengannya pilih Refine kemudian pilih Equipment yang ingin anda tempa.

Anda membutuhkan material tertentu agar dapat menempa Equipment yang diinginkan. Biaya yang diminta merupakan kelipatan 10,000 dari Equipment bersangkutan. Misal jika anda ingin menempa Equipment ke level 7 maka 70,000 Zeny dibutuhkan.

Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yakni Normal dan Safe. Pilih Normal untuk upgrade ke level 1-5. Untuk level 6 keatas, anda bisa memilih pilihan Safe agar peluang sukses menempanya 100% atau anda bisa mencoba pilihan Normal.

Jika proses menempa tidak berhasil, level dari Equipment bersangkutan akan dikurangi 1 level. Jika anda gagal dua kali dalam menempa, anda harus memperbaikinya (Repair) terlebih dulu sebelum bisa melanjutkan untuk ditempa.

Cara Memperbaiki Equipment

Jika weapon yang anda gunakan hancur saat proses menempa berlangsung, anda harus memperbaikinya terlebih dulu sebelum dapat menempanya kembali. Untuk memperbaikinya, anda membutuhkan 1 Equipment yang sama. Cukup gunakan Equipment dengan level terendah, anda bisa membelinya melalui Exchange.

Pergi ke Equipment Refining NPC, pilih Equipment yang ingin anda perbaiki kemudian pilih Repair.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Ragnarok M: Eternal Love#