Cara Mengalahkan World Boss: Ancient Kutum! – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Menurut sebuah catatan kuno, terdapat sebuah ruang berpasir merah (Scarlet Sand Chamber) yang ditinggali oleh Kutum. Saat tidak ada pergerakan lagi dari Kutum, ruangan tersebut tertutup rapat dan lokasinya sudah lama terlupakan. Namun beberapa tahun kemudian, keberadaan akan kehidupan Kutum lama kelamaan menguak kembali lokasi dimana ia tinggal.

‘Suara detak jantung Kutum kembali menggema di ruang berpasir merah’

Kutum muncul di Scarlet Sand Chamber yang berlokasi di sebelah utara Barhan Gateway tepat di pintu masuk menuju Valencia. Saat anda memasuki Scarlet Sand Chamber, jalur akan terbagi menjadi dua. Dua jalur ini akan membawa anda ke lokasi dimana Kutum berada.

Knowledge dari Ancient Kutum

Anda bisa mendapatkan Knowledge dari Ancient Kutum melalui sebuah Quest. Bicara dengan Desalam, seorang Node Manager yang ada di Scarlet Sand Chamber lalu ambil Quest dengan nama yang sama ‘Scarlet Sand Chamber’. Selesaikan 3 Quest yang berhubungan setelahnya untuk mendapatkan knowledge dari Kutum.

Strategi Mengalahkan Kutum

Kutum berbentuk seperti cacing dan dapat bergerak berkat sebuah Ancient Fragment yang berfungsi sebagai ‘jantungnya’.

Sebagian besar tubuh Kutum tertanam di bawah tanah dan Kutum memiliki berbagai macam serangan dengan menggunakan tubuhnya yang panjang untuk menghempas atau bahkan menyapu bersih apa-apa yang ada di hadapannya. Pola serangan Kutum berubah sesuai dengan tingkatan dari Health yang dimilikinya, jadi waspadalah!

Salah satu serangan Kutum adalah masuk ke dalam tanah dan muncul tiba-tiba untuk kemudian menyerang salah satu pemain. Perhatikan bagian tanah yang berdebu karena di daerah tersebutlah Kutum akan muncul. Jadi pastikan anda menghindari area tersebut!

Serangan selanjutnya, Kutum dapat menghisap beberapa pemain sekaligus ke area tertentu. Saat anda terhisap, anda akan menerima damage secara terus menerus. Waspadalah dengan area yang ditandai dengan warna merah.

Pola serangan berikutnya, Kutum akan masuk ke dalam tanah. Kepalanya akan terlihat lalu ia akan melancarkan serangan listrik di segala penjuru arah. Direkomendasikan untuk menghindari area bertanda merah saat Kutum masuk ke dalam tanah.

Kutum Sealed Sub-weapon Box

Setiap pemain yang berhasil mengalahkan Ancient Kutum bekesempatan untuk mendapatkan ‘Kutum Sealed Sub-weapon Box’. Anda akan mendapatkan Kutum Sub-weapon saat anda membukanya. Kutum Sub-weapon merupakan senjata Sub dengan Grade yang paling tinggi. Senjata Sub tersebut dapat meningkatkan AP dan DP sekaligus memberikan anda 2 slot kosong untuk Crystal.

Selain itu, Kutum Sub-weapon memiliki efek untuk mengabaikan semua Resistance sebesar 10% dan terdapat ekstra tambahan AP saat melawan monster dimana sangat berguna dalam situasi PvE.

Kutum Sub-weapon

AP: 4 ~ 6

Accuracy: 1

DP: 4

Evasion: 2

Damage Reduction: 2

Empty Slots x 2

Item Effect

Ignores All Resistance + 10%

Enhancement Effect

Extra AP against monsters

All AP Up

All DP Up

All Accuracy Up

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#