Panduan Storage – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Semua pemain di Black Desert Online memiliki Inventory dan Weight yang terbatas. Sangat penting untuk mengelola item yang anda miliki baik item yang ada di dalam Inventory maupun Storage. Mengelola item dengan baik di kedua tempat tersebut akan mempermudah petualangan anda!

Menemui Storage Keeper NPC

Storage di Black Desert Online ada di masing-masing Town dan penyimpanannya bersifat terpisah. Contoh sederhana, item yang disimpan di Storage Velia tidak bisa anda ambil di Storage yang berada di Heidel demikian sebaliknya. Perlu diketahui juga, tidak semua Town memiliki Storage.

Untuk mengetahui apakah Town memiliki akses ke Storage atau tidak, buka World Map [M] dan klik Town manapun yang anda inginkan. Jika ada sebuah jendela Storage muncul, berarti Town tersebut memiliki akses ke Storage. Anda juga bisa menemui Storage Keeper NPC melalui icon NPC berbentuk kaca pembesar yang ada di sebelah kiri Mini Map.

Berikut adalah nama dari masing-masing Storage Keeper NPC dan lokasinya:

WilayahNama NPC (Nama Town)
BalenosMakuum(Olvia), Ernill(Velia)
SerendiaAmerigo (Heidel), Frenil (Glish),
CalpheonBasquean Ljurik (Calpheon), Pavino Greko (Port Epheria),

Christine Cessory (Keplan), Langus (Trent),

MediahDeve (Altinova), Ignar(Tarif)
ValenciaTaboo (Sand Grain Bazaar), Altunie (Shakatu), Ramanit(Valencia city)

Menggunakan Storage

Jika anda berhasil menemui Storage Keeper NPC dan berbicara dengan mereka, sebuah jendela baru akan muncul. Anda bisa menyimpan item yang berada di dalam Inventory ke Storage. Kapasitas Storage di masing-masing Town tersedia 8 slot.

Jika anda ingin menambah kapasitas slot, beli salah satu rumah yang ada di Town bersangkutan dengan Contribution Points yang anda miliki dan ubah pengaturannya menjadi Storage. Selain Item, anda juga bisa menyimpan Silver Coin di dalam Storage (tidak terbatas) kecuali item yang Bound dengan karakter tertentu maka item bersangkutan tidak dapat disimpan di dalam Storage.

Item yang berada di dalam Storage tidak dapat dicuri atau menghilang, jadi tidak perlu khawatir! Namun perlu diperhatikan item yang memiliki Price Guarantee seperti Fish dan lain sebagainya serta yang memiliki tanggal kadaluarsa (Summon Scroll) waktu kadaluarsanya tetap berjalan.

Untuk menyimpan Silver Coin dari Inventory ke Storage, buka Inventory lalu klik jumlah Silver Coin, sebuah jendela baru akan muncul dimana anda bisa memasukkan nominal yang diinginkan untuk kemudian ditransfer ke dalam Storage. Sebaliknya, jika anda ingin mengeluarkan Silver Coin yang berada di dalam Storage, klik jumlah Silver Coin yang ada di Storage dan masukkan nominal yang diinginkan.

Informasi tambahan, jika anda membuka Storage, total keseluruhan aset dari item yang anda miliki di dalam Storage tersebut akan terlihat di bagian bawah jendela.

▲ Setelah membeli rumah di Town dan mengubah pengaturannya menjadi Storage, anda bisa menambah kapasitas slot yang ada di Storage (jumlah slot bergantung dari level)

Transport

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Storage yang ada di Black Desert terpisah ke dalam beberapa wilayah. Bagaimana caranya untuk memindahkan item yang ada di Storage wilayah A ke Storage yang ada di wilayah B? Anda bisa menggunakan fungsi Transport. Bicara dengan Storage Keeper NPC yang ada disana dan tekan tombol Transport.

Sebuah jendela Transport akan muncul. Pilih item yang ingin anda kirimkan dan tekan tombol Send di jendela Transport Status. Sebuah slot baru dan menu untuk memilih lokasi akan terbuka. Pilih tujuan dan metode transportasi (Wagon/Trade Ship) dan klik kanan item bersangkutan.

Node yang tersambung dengan Town bersangkutan akan memiliki biaya transport yang murah namun jika node tidak tersambung, biaya transport menjadi tiga kali lipat.

Currency Exchange

Silver Coin yang anda bawa memiliki berat jadi ada batasan tertentu berapa banyak Silver Coin yang dapat karakter anda bawa. Misal, jika anda memiliki 100 juta Silver, tentu anda tidak akan bisa menampungnya di dalam Inventory. Untuk mengatasi hal ini, tukarkan Silver Coin tersebut ke dalam bentuk Gold.

1G (Gold) sama dengan 100,000 Silver Coins. Dengan menukarkannya melalui fitur Currency Exchange, anda bisa membawa dan memindahkan Silver Coins ke Storage Town yang berbeda.

Belanja Menggunakan Silver Coin yang Ada di Storage

Jika anda ingin membeli item dengan harga yang mahal, anda bisa membeli item tersebut dengan Silver Coins yang tersimpan di dalam Storage. Centang kotak Held in Storage yang ada di bagian pojok kiri bawah jendela Marketplace untuk menggunakan Silver Coins yang ada di dalam Storage.

Pastikan anda menumpuk Silver Coins di salah satu Storage Town jadi anda bisa membeli item dengan harga yang mahal.

Mendaftarkan Item yang Ada di Storage ke Marketplace

Anda bisa mendaftarkan item yang ada di dalam Storage ke Marketplace langsung. Klik icon Marketplace yang ada di jendela Storage dan pilih item yang hendak anda daftarkan. Fungsi pendaftaran item yang ada di Storage ke Marketplace ini hanya berlaku jika ada Marketplace Director NPC di Town bersangkutan.

Hubungan Antara Worker, Crafting dan Storage

Selain menyimpan item, Storage juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan material yang nantinya bisa digunakan untuk para pekerja (Worker). Sebagai contoh, jika anda membeli salah satu rumah di Velia dan mengubah pengaturannya menjadi Fish Factory dan ingin crafting Packaged Dried Mudskipper, anda membutuhkan material seperti 10 Dried Mudskipper dan 1 Black Stone Powder.

Pastikan anda memiliki material tersebut dan tersimpan di dalam Storage sehingga Worker bisa mulai bekerja.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#