Panduan Navigation – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Dunia Black Desert Online sangatlah luas. Sebuah sistem navigasi dibuat khusus untuk membantu anda bertualang di game ini. Jika anda menentukan lokasi yang diinginkan pada World Map, sebuah navigasi khusus akan muncul. Tekan [T] dan secara otomatis karakter anda akan dipandu berjalan secara otomatis ke lokasi bersangkutan. Jadi, tidak perlu khawatir tersesat bukan?

Cara Mengaktifkan Navigasi di World Map

Sangatlah mudah untuk mengaktifkan sistem Navigation. Buka World Map [M] lalu klik kanan lokasi atau area yang anda inginkan. Sebuah cahaya putih berbentuk pilar tegak berdiri akan muncul bersamaan dengan garis berwarna biru.

Saat menutup jendela World Map, sebuah navigasi berbentuk garis berwarna biru akan muncul dan berkedip di sekitar area karakter anda. Anda bisa mengikuti jalur garis berwarna biru tersebut untuk mencapai tujuan atau menekan tombol [T] untuk berjalan ke lokasi secara otomatis.

Untuk membatalkan navigasi otomatis ini, buka World Map dan klik kanan di sembarang tempat. Navigasi otomatis akan nonaktif. Anda juga bisa menonaktifkannya melalui Mini Map yang ada di bagian pojok kanan atas (klik kanan di sembarang tempat).

Navigasi Quest

Saat anda mendapatkan Quest, detail dari Quest bersangkutan akan muncul di bagian kanan layar. Klik kanan Quest tersebut untuk mengaktifkan sistem navigasi. Di samping kanan atas nama Quest ada 3 buah icon:

  • Icon berbentuk bendera digunakan untuk membatalkan Quest
  • Icon berbentuk panah digunakan untuk mengetahui lokasi Quest
  • Icon berbentuk orang yang sedang berjalan akan memandu anda bergerak secara otomatis ke lokasi Quest bersangkutan

▲ Jika anda mengklik kanan icon Quest yang ada di World Map, sebuah navigasi otomatis akan aktif

Navigasi World Map Icon

Jika anda membuka World Map dan melihat ke area Town atau City, anda bisa melihat berbagai macam icon pada layar. Icon ini menunjukkan lokasi NPC, tempat atau bahkan monster yang ada di sekitar area tersebut. Klik kanan icon yang anda inginkan untuk mengaktifkan navigasi otomatis ke lokasi bersangkutan.

Navigasi Item

Beberapa item yang ada di Black Desert Online menawarkan sistem navigasi seperti contoh Summon Scroll dimana anda diminta untuk melakukan Summon monster tertentu di lokasi yang telah ditetapkan atau item Exchange dimana anda bisa menukarkan item tertentu ke NPC.

Untuk mengaktifkan sistem navigasi pada Item, klik kanan item bersangkutan (sekali lagi, hanya item tertentu saja yang memiliki fungsi navigasi).

Navigasi NPC

Ada banyak sekali NPC yang ada di dunia Black Desert Online. Untuk mencari NPC tertentu, anda bisa membuka icon berbentuk kaca pembesar (bertuliskan NPC) yang ada di sebelah kiri Mini Map. Misal, anda ingin mencari NPC Storage, klik icon kaca pembesar tersebut dan pilih Storage. Anda akan dipandu secara otomatis ke lokasi NPC bersangkutan.

Jika anda menerima Quest dari NPC yang anda ajak bicara, sebuah panduan navigasi juga akan muncul secara otomatis.

Navigasi Node

Di masing-masing area yang ada di dunia Black Desert, terdapat Node. Klik kanan pada Node yang anda inginkan untuk pergi ke Node Manager NPC. Terkadang, mencari Node NPC Manager sangatlah sulit, anda bisa menggunakan fungsi ini untuk mencarinya dengan mudah.

Setelah menemukan Node Manager NPC dan menekan tombol Node Management, sebuah pesan ‘Connection to the previous node is required’ akan muncul. Hal ini menandakan tidak ada node yang tersambung ke node yang sedang anda duduki saat ini. Anda akan dipandu ke node terdekat untuk kemudian menyambungkannya jika mau.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#