Panduan Crafting – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Material yang anda dapatkan dari proses Gathering atau Processing bisa digunakan di Workshop atau Workbench sebagai bahan untuk Crafting item baru. Ada banyak variasi item yang dapat anda craft seperti Weapon, Armor, Reform Stone, Decoration, Clothes, Wagon, Ship dan bahkan Trade Item.

Ada dua jenis Crafting, General Crafting dan Large Scale Crafting. General Crafting berarti menyelesaikan sebuah item dalam satu kali proses kerja, sedangkan Large Scale Crafting berarti menyelesaikan beberapa item sekaligus. Item yang biasa di craft melalui General Crafting adalah Gathering Tools, Equipment dan sejenisnya sedangkan item yang biasa di craft melalui Large Scale Crafting adalah Ship Licenses atau Wagon.

▲ Proses Crafting di dunia Black Desert sedikit berbeda dengan game lainnya. Anda perlu mempekerjakan Worker untuk melakukan Crafting.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Crafting Item

Ada 3 hal yang anda butuhkan untuk crafting item:

  • Materials

Material merupakan bahan dasar untuk crafting item. Material dapat diperoleh melalui aktivitas Gathering atau Processing. Jika anda ingin mengetahui material apa yang dibutuhkan untuk craft item tertentu, tekan [F2]. Sebuah jendela baru berisi informasi Crafting Notes (item dan material yang dibutuhkan) akan muncul. Jika ada salah satu item yang tidak terdaftar dalam Crafting Notes, anda bisa mengetahui material apa yang dibutuhkan melalui Workshop/Workbench.

▲ Jendela Crafting Notes [F2], akan memberikan informasi material apa yang dibutuhkan untuk crafting item tertentu

  • Contribution Points

Untuk dapat memulai Crafting, anda perlu Workshop atau Workbench. Untuk mendapatkannya, anda membutuhkan Contribution Points. Anda bisa memperoleh Contribution Points dari reward Quest (baik Daily maupun tipe Quest lainnya).

▲ Contribution Points digunakan sebagai bagian dari persyaratan Crafting

  • Workers

Crafting di dunia Black Desert Online tidak dilakukan oleh karakter anda melainkan melalui Worker atau pekerja di Workshop. Anda bisa mengontrak Worker melalui Work Supervisor yang ada di masing-masing Town atau City.

Cara Crafting Lumbering Axe (General Crafting)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk memulai proses Crafting, anda membutuhkan material. Material bisa didapat dari aktivitas Gathering dan anda membutuhkan Gathering Tools (peralatan Gathering) untuk melakukan aktivitas tersebut. Gathering Tools (Basic) dijual oleh Material Vendor. Namun anda bisa membuatnya sendiri lho! Tools yang dibuat sendiri bisa memiliki Durability yang lebih besar jadi anda bisa melakukan aktivitas Gathering lebih lama!

Mari kita pelajari General Crafting lebih dalam lagi dengan cara crafting salah satu alat Gathering Tool bernama Lumbering Axe:

  • Beli Tool Workshop

Anda perlu Tool Workshop untuk mulai crafting Gathering Tools. Pertama, klik kiri Velia di World Map lalu gunakan kolom search yang ada di pojok kanan atas untuk menemukan Tool Workshop.

▲ Sebuah tanda panah berwarna biru akan muncul menandai rumah dengan kata pencarian tertentu (dalam hal ini Tool Workshop)

Klik kiri rumah yang ditandai oleh tanda panah tersebut untuk menampikan sebuah jendela baru berisi informasi. Pilih Tool Workshop dan klik Purchase: Tool Workshop. Untuk membeli rumah tersebut anda membutuhkan Contribution Points dan Silver. Sekedar informasi, jika anda ingin membeli rumah 3-2, anda perlu membeli 3-1 terlebih dulu. Contribution Points bertindak sebagai deposit, anda bisa mendapatkannya kembali jika rumah bersangkutan dijual.

▲ Jangan ragu untuk menggunakan Contribution Points. Anda bisa mendapatkannya kembali!

  • Menyiapkan Materials

Setelah mengubah pengaturan fungsi rumah menjadi Tool Workshop, klik tombol Manage Crafting untuk menampilkan daftar item yang dapat di craft di sebelah kiri.

▲ Jika item ditampilkan dengan latar berwarna abu, berarti anda tidak memiliki material yang cukup di dalam Storage

Untuk membuat Lumbering Axe, anda memerlukan 1 Ash Timber dan 3 Copper Ingot. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anda membutuhkan Worker untuk melakukkan Crafting, jadi tempatkan material tersebut di dalam Storage yang ada di Town atau City dimana Workshop berada (bukan di dalam Inventory).

Cara memperoleh beberapa material yang dibutuhkan:

  • Ash Timber : Menebang pohon Ash disekitar Velia menggunakan Lumbering Axe
  • Copper Ore : Menambang Copper di Coastal Cave menggunakan Pickaxe
  • Melted Copper Shard : Lakukan proses Heating 5 Copper Ore untuk mendapatkan 1 Melted Copper Shard
  • Copper Ingot : Lakukan proses Heating 10 Melted Copper Shards untuk mendapatkan 1 Copper Ingot

Material Crafting dapat diperoleh baik melalui Gathering atau Crafting, jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa mendapatkannya melalui Marketplace. Setelah menyediakan semua keperluan material yang dibutuhkan, kunjungi Storage Keeper Ernill di Velia dan tempatkan seluruh material yang dibutuhkan disana.

Panduan ini menggunaakn Worker yang ada di Velia, jadi anda perlu menempatkan material bersangkutan di dalam Velia Storage. Jika anda ingin menggunakan Worker dari Town lain, anda harus menempatkan material yang dibutuhkan di Storage yang ada di Town dimana para Worker berasal.

  • Worker Contracts

Setelah membeli Workshop dan menyiapkan material yang dibutuhkan, kini anda membutuhkan Worker untuk membuat Lumbering Axe. Kunjungi Santo Manzi (Work Supervisor) yang ada di Velia untuk membeli Worker Contract. Anda butuh 5 Energy untuk mencari Worker dalam daftar dan beberapa Silver untuk membeli kontrak.

Jika anda tidak memiliki cukup tempat untuk para Worker, anda bisa membeli Worker Lodging. Cara membelinya sama dengan cara membeli Workshop yang telah dijelaskan sebelumnya.

▲ Anda bisa membeli kontrak Worker melalui Work Supervisor NPC

  • Mulai Crafting!

Setelah Workshop, Material dan Worker telah dipersiapkan, anda bisa memilih item yang ingin di Craft melalui tombol Manage Crafting.

▲ Setelah semua persyaratan dilengkapi, kini anda bisa mulai crafting Lumbering Axe!

Crafting dapat dimulai setelah anda mengatur berapa kali proses crafting yang anda inginkan melalui kolom bagian Estimated Work Time. Tekan tombol Change dan atur waktu yang anda inginkan dan klik Confirm. Nominal maksimal adalah 50,000. Worker secara otomatis berhenti bekerja saat waktu yang ditetapkan selesai atau material yang dibutuhkan sudah tidak memadai.

Material untuk Crafting yang ada di Storage akan menghilang saat pekerjaan dimulai. Jadi berhati-hatilah saat memutuskan untuk memulai pekerjaan Crafting karena jika anda membatalkan pekerjaan, material yang telah disimpan dan digunakan untuk proses Crafting tidak dapat diambil kembali. Setelah proses Crafting selesai, anda bisa mendapatkan item bersangkutan (Lumbering Axe) di dalam Storage pada Town bersangkutan.

▲ Lumbering Axe yang telah berhasil anda craft disimpan di dalam Storage Town bersangkutan

Cara Crafting Ship License: Raft (Large Scale Crafting)

Mari kita pelajari Large Scale Crafting lebih dalam lagi dengan cara crafting salah satu alat bernama Ship License Raft:

  • Beli Shipyard

Untuk mulai crafting Ship License, anda membutuhkan Shipyard. Sama seperti Tool Workshop, klik Velia di World Map dan gunakan kolom search yang ada di pojok kanan atas untuk menemukan Shipyard.

▲ Shipyard berlokasi di lantai dua 3-2, bangunan yang sama dengan Tool Workshop

  • Menyiapkan Materials

Large Scale Crafting membutuhkan banyak sekali material ketimbang General Crafting. Saat menekan tombol Manage Crafting untuk melihat material yang dibutuhkan, anda akan melihat perbedaan yang sangat jelas. Di Tool Workshop, jendela Manage Crafting akan menampilkan item yang dapat di craft melalui Workshop bersangkutan.

Sedangkan di Large Scale Crafting, hanya satu produk dalam satu waktu yang ditampilkan dalam daftar. Jadi, pada saat anda membuka daftar untuk pertama kalinya, mungkin anda tidak dapat menemukan produk yang diinginkan. Klik tanda panah yang ada di bagian kanan menu untuk melihat daftar tampilan produk lainnya.

▲ Tidak ingin crafting Ship License: Rowboat? Klik tanda panah yang ada di bagian pojok kanan atas untuk menggantinya ke Ship License: Raft

▲ Nah, kini anda bisa melihat daftar item yang dibutuhkan untuk crafting Ship License: Raft.

Material yang dibutuhkan untuk crafting Ship License: Raft adalah Logs dan Black Stone Powders. Nominal angka yang ada di bagian kanan material menunjukkan jumlah pekerjaan yang harus dilakukan Worker. Sedangkan pada kolom Detailed Work Information terdapat nominal 0/1 yang berarti anda membutuhkan material bersangkutan.

Jadi secara lebih detailnya, untuk dapat membuat Ship License: Raft, anda membutuhkan 25 Logs dan 3 Black Stone Powder dengan total pekerjaan yang dilakukkan adalah sebanyak 28 kali.

Cara memperoleh beberapa material yang dibutuhkan:

  1. Log: Menebang pohon jenis apapun menggunakan Lumbering Axe
  2. Black Stone Powder: Buat melalui Refinery di Velia 3-1 atau Grinding Gems (Contoh: Magic Crystal of Crimson Flame – Precision)

Simpan material yang telah disiapkan untuk Crafting ke dalam Storage yang ada di dalam Town tempat dimana Worker anda berada.

  • Worker Contracts

Anda hanya bisa menggunakan satu Worker untuk General Crafting, namun untuk Large Scale Crafting, anda bisa mempekerjakan lebih banyak Worker sekaligus! Kunjungi Work Supervisor di Town dan pekerjakan lebih banyak Worker untuk menyelesaikan proses Crafting lebih cepat!

Jika Worker bersangkutan memiliki Skill yang berhubungan dengan Large Scale Crafting atau telah mempelajari Skill yang berhubungan dengan Shipbuilding/Carriage, mereka akan bekerja lebih cepat!

  • Mulai Crafting!

Setelah mendapatkan Shipyard, Material dan Worker, kini anda bisa mulai Crafting Ship License: Raft. Perlu diketahui saat melakukan proses crafting di Large Scale Craft (Ship License: Raft), anda tidak dapat melakukan crafting apapun lagi sampai proses pembuatan produk bersangkutan selesai.

▲ Ingat! Anda tidak dapat crafting item lainnya saat anda sedang mengerjakan proses crafting di Large Scale Craft

Sama seperti General Crafting, anda memerlukan material yang dibutuhkan di dalam Storage Town bersangkutan. Namun ada perbedaan yang cukup signifikan, pada General Crafting, anda memerlukan semua material yang dibutuhkan untuk memulai proses Crafting. Sedangkan di Large Scale Crafting, hanya satu material yang dibutuhkan untuk mulai proses Crafting.

Contoh, anda membutuhkan total 25 Log untuk menyelesaikan Ship License: Raft, satu Worker membutuhkan 1 Log untuk menyelesaikan 1 pekerjaan. Jadi, Worker dapat mulai bekerja walaupun anda memiliki 1 Log di dalam Storage.

Jika anda membatalkan pekerjaan Large Scale Crafting, anda tidak dapat mengambil kembali material yang telah digunakan. Setelah menyelesaikan 28 pekerjaan, anda akan mendapatkan Ship License: Raft di dalam Storage sama seperti Lumbering Axe.

Selain Carfting produk diatas tadi, anda bisa melakukan Crafting berbagai macam Equipment, Clothing atau Trade Item lainnya dengan cara sama seperti yang dijelaskan diatas. Yuk, mulai crafting item sendiri!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#