Panduan Garden (Farming) – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Gardening hampir sama dengan Farming. Anda bisa menyewa Fence dan menempatkannya di area yang telah ditentukan. Area di dalam fence bisa di tanam dengan benih dan anda bisa memanen hasilnya setelah beberapa saat.

Anda juga bisa mendapatkan benih berkualitas melalui Plant Breeding dan menanam ulang atau anda bisa mengumpulkan Haystack untuk beternak sapi dan mendapatkan susu. Berikut ini panduan untuk mempersiapkan segala kebutuhan bertani dan beternak:

Menyewa Fences

Untuk memulai kegiatan Farming, hal yang anda perlukan pertama kali adalah Contribution Points. Fence merupakan salah satu item yang wajib ada. Sayangnya Fence tidak dapat dibeli dan perlu di sewa melalui NPC. Ada beberapa tipe Fence, yang paling kuat adalah Strong Fence yang memakan biaya 10 Contribution Points. Jika anda mengembalikan Fence, anda akan mendapatkan kembali 10 Contribution Points.

Jika item yang ingin dipinjam tidak ada di dalam Inventory, maka proses sewa menyewa bisa terjadi. Jika anda ingin menyewa beberapa Fence sekaligus, disarankan untuk menempatkannya di dalam Storage terlebih dulu baru kemudian meminjam lagi ke NPC bersangkutan.

Nama ItemLahan Kotak MaksimumBiaya Contribution Points & Lokasi NPC
Small Fence4[3 Contribution Points]

Finto Farm: Martina Finto, Costa Farm: Mael Costa,Dias Farm : Enzo, Altinova: Difry Hussey

Plain Fence7[6 Contribution Points]

Toscani Farm: Paola Toscani, Moretti Farm: Mercianne Moretti, Northern Wheat Plantation: Norma Leight, Gianin Farm: Goolie Gianin, Trent: Langus, Altinova : Finlin

Strong Fence10[10 Contribution Points]

Heidel : Flaviano, Calpheon: Geranoa, Altinova: Lashir

Memasang Fences

Setelah menyewa Fences yang dibutuhkan, anda bisa memasangnya di area non-safe Zone. Untuk memasang, klik kanan icon Fence yang ada di dalam Inventory, anda akan masuk ke dalam Place Mode, mulai dari sini anda bisa memasang Fence di lokasi yang diinginkan dengan kursor mouse.

Hindari halangan seperti batu atau pepohonan saat anda memasang Fence. Direkomendasikan untuk memasang Fence di lokasi yang sering anda kunjungi agar waktu untuk mengurus dan memanen lebih mudah dan cepat.

This slideshow requires JavaScript.

▲ Dalam mode Place, anda bisa memasang Fence di area yang berwarna hijau

Setelah berhasil memasang Fence, masuk ke dalam Fence tersebut dan tekan R untuk mulai berinteraksi dengan kebun baru anda!

Menanam Benih

Langkah selanjutnya adalah menanam benih. Anda bisa memperoleh benih dari aktivitas Gathering melalui Bush dan Plant atau anda bisa langsung membelinya melalui NPC. Anda bisa menanam benih seperti Seeds, Seed Sweet Potato (Seed Potato), Hypas dan Haystack.

▲ Proses menanam benih hampir sama saat anda memasang Furniture di dalam rumah. Di bagian bawah layar, anda bisa melihat benih yang tersedia untuk ditanam. Pilih benih yang diinginkan dan tempatkan ke lahan yang telah tersedia

Perlu diperhatikan, jumlah benih memakan atau menghabiskan kotak atau lahan dalam jumlah tertentu. Masing-masing benih memiliki sebuah Tooltip yang akan memberitahu informasi kepada anda berapa kotak atau lahan yang diperlukan sang benih agar tumbuh.

▲ Haystack memakan lahan 4 kotak

Saat anda selesai menanam benih, tanaman bersangkutan akan menampilkan 0% Growth. Seiring berjalannya waktu, nominal persen bersangkutan akan bertambah hingga 100% dan mengartikan siap dipanen.

Mengelola Tanaman

Setelah selesai menanam benih, saatnya mengelola tanaman yang baru saja anda tanam! Tanaman sangat sensitif terhadap kelembapan dan temperatur. Tanaman juga sangat rentan terhadap serangan dari hama atau burung. Anda perlu memangkas rumput liar yang ada di sekitar tanaman dan pastikan mereka diberi cukup air.

Menggunakan Fertilizer atau pupuk juga disarankan untuk mempercepat waktu tumbuh tanaman. Hama dan waktu untuk memangkas tanaman akan muncul setiap kalinya dengan tingkat peluang yang telah ditentukan. Jika permasalahan yang diperoleh tanaman tidak cepat diselesaikan, waktu pertumbuhan tanaman akan melambat, jadi pastikan anda menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat.

Menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh tanaman akan memberikan anda Farming EXP. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan loot random berupa item berharga seperti Black Crystal Shard.

▲ Jika Fence berubah menjadi warna merah di World Map, hal tersebut mengindikasikan ada masalah dengan tanaman yang ditanam disana

▲ Jika Growth Bar berubah dari kuning menjadi merah, hal tersebut mengindikasikan adanya permasalahan pada tanaman bersangkutan (seperti hama dan lain sebagainya)

Jika anda menemukan masalah seperti yang disebutkan diatas, kunjungi tanaman bersangkutan, tekan R untuk memulai proses pangkas dan membunuh hama (memakan biaya 1 Energy). Anda juga bisa memasang beberapa ‘Gadget’ yang akan membantu persoalan tanaman yang dihadapi lho!

Scarecow akan membantu anda mengusir burung yang akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Sedangkan Waterway akan membantu anda untuk menyiram tanaman yang anda tanam secara otomatis (mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyiram kembali). Untuk mendapatkan Scarecrow, beli rumah dan ubah pengaturannya menjadi Carpentry Workshop dimana anda bisa melakukan proses crafting Scarecrow.

This slideshow requires JavaScript.

▲ Tanaman yang ada di sebelah kiri tidak memiliki Gadget Scarecrow dan Waterway. Sedangkan tanaman di sebelah kanan memiliki Scarecrow dan Waterway yang terpasang. Terlihat jauh perbedaanya bukan?

Aktivitas selanjutnya yang dapat membantu tanaman untuk tumbuh adalah menyiram. Jika tanaman membutuhkan air, anda bisa memberikan Distilled Water atau Purified Water yang telah dipersiapkan di dalam Inventory. Klik kanan item bersangkutan dan tanaman akan otomatis tersiram. Anda juga bisa menggunakan Fertilizer untuk mempercepat waktu pertumbuhan tanaman.

Untuk memperoleh Distilled Water, beli Empty Bottle dari Material Vendor dan pergi ke sungai untuk mengisinya dengan air dan mendapatkan Bottle of River Water. Buka menu Processing [L] dan gunakan proses Heating untuk mendapatkan Distilled Water. Sedangkan untuk pupuk, Inorganic Fertilizer adalah yang paling mudah untuk didapat. Anda bisa memperolehnya melalui proses Drying (Grain, Wheat atau Barley) melalui jendela Processing.

Jika anda merasa sibuk mengurus semua tanaman sendirian, anda bisa meminta Worker untuk membantu pekerjaan anda. Mereka dapat membantu memangkas dan membunuh hama. Waspadalah jika anda meninggalkan kebun dalam waktu lama dan tak terawat karena waktu pertumbuhannya akan semakin melambat.

▲ Klik icon Garden yang ada di bagian atas kiri untuk melihat daftar dari kebun yang anda miliki. Klik Worker List untuk mengirim Worker ke kebun yang diinginkan

▲ Pertimbangkan untuk mempekerjakan Worker di kebun anda!

Memanen

Setelah Growth Bar mencapai angka 100%, anda bisa memanen tanaman bersangkutan. Nominal dari angka tersebut bisa mencapai 200%, anda bisa memanen dan mendapatkan item yang diinginkan dengan jumlah normal (tidak ada yang berkurang) di rentang nominal 100%-199%, jika lebih dari 200%, jumlah yang didapat akan berkurang.

Memanen dibagi ke dalam dua bagian, General Harvesting dan Plant Breeding. General Harvesting memungkinkan anda untuk memanen item yang dihasilkan tanaman sedangkan Plant Breeding memungkinkan anda untuk membiakkan benih yang ada ke Grade yang lebih tinggi.

Saat berhasil melakukan Plant Breeding, anda akan mendapatkan beberapa benih dengan kualitas unggul. Tidak ada penalti 200% (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya) saat anda melakukan Plant Breeding. Jadi direkomendasikan untuk memilih Plant Breeding untuk tanaman yang berada pada nominal lebih dari 200%.

▲ Gambar sebelah kiri– General Harvesting, gambar sebelah kanan – Plant Breeding. Ada peluang berhasil atau gagal saat anda melakukan proses Breeding.

Demolishing

Jika Fence yang anda sewa tidak digunakan dalam kurun waktu satu minggu, maka Fence bersangkutan akan dihapus secara otomatis. Semua tanaman yang telah ditanam didalamnya juga ikut menghilang. Fence yang terhapus akan dikirim ke Storage terdekat dengan Town.

Anda bisa memilih opsi untuk menghapus Fence secara manual jika tidak ada tanaman di dalamnya. Fence yang terhapus secara manual akan masuk ke dalam Inventory.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#