Panduan Hunting – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Pernahkah melihat pengumuman di dalam game yang berbunyi ‘Blue Whale has appeared’? Mungkin ya dan mungkin tidak. Pengumuman tersebut memberitahu seluruh pemain di dunia Black Desert Online kalau Blue Whale telah muncul di suatu tempat di laut.

Blue Whale termasuk ke dalam kategori monster yang besar jadi anda tidak dapat memburunya sendirian. Anda perlu mencari Party atau berada dalam satu grup dan memburunya bersama-sama menggunakan senjata. Akan terlihat sangat menakutkan bagi pemula lho!

Hunting, Ku Memilihmu!

▲ Anda bisa melihat level Hunting di bagian Life Section (Profession) pada jendela karakter (My Information)

Seperti yang dapat anda lihat, ada satu profesi bernama Hunting di bagian Life Section. Jika anda tidak pernah mencobanya sama sekali, level anda mungkin berada di Beginner 1. Jika anda berhasil memburu Blue Whales atau Fugitive Khalk, level Hunting anda akan naik dalam sekejap!

Cek bagian pojok kanan atas layar, terkadang ada icon + di dekat icon bergambar Handgun (pistol). Ini berarti, Raid Hunt Monster seperti Blue Whale atau Fugitive Khalk telah muncul. Mereka dapat muncul di Channel yang berbeda jadi disarankan untuk saling berbagi informasi dengan pemain lainnya dan pergi ke Channel bersangkutan dimana Raid Hunt Monster ada!

▲ Sebuah pengumuman yang memberitahu kalau Blue Whale muncul!

Persiapan Hunting

Sama seperti saat anda bersiap mengumpulkan stok Potion saat grinding melawan monster, anda juga perlu persiapan saat ingin melakukan aktivitas Hunting. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda persiapkan:

  • Hunting Musket

Anda tidak dapat menghasilkan damage ke monster khusus Hunting dengan serangan normal. Anda perlu Hunting Musket untuk melakukannya! Hunting Musket hanya dapat dibuat dengan cara Crafting dan anda tidak dapat membelinya melalui Shop.

Anda bisa crafting Hunting Musket di Tool Workshop pada rumah kediaman anda. Level dari Hunting Musket bergantung pada level dari Workshop bersangkutan. Jika anda terlalu malas untuk membuat Hunting Musket, anda bisa membelinya lewat Marketplace. Hunting Musket ada di bagian Main Weapon pada Marketplace.

TipePersyaratanTool WorkshopMaterials
Beginner Hunting MusketLevel 30, Hunting Level Beginner 1Level 1Fir Timber X 1, Steel X 4Bronze Ingot X 1, Blackstone Powder X1
Apprentice Hunting MusketLevel 30, Hunting Level Beginner 1Level 2Fir Timber X 1, Steel X 4Brass Ingot X 1, Blackstone Powder X3
Skilled Hunting MusketLevel 30, Hunting Level Apprentice 10Level 2Fir Timber X 1, Steel X 5Silver Ingot X1, Blackstone Powder X5
Professional Hunting MusketLevel 30, Hunting Level Skillful 10Level 3Fir Timber X 1, Steel X 5Gold Ingot X1, Blackstone Powder X5
Artisan Hunting MusketLevel 30, Hunting Level Professional 10Level 3Fir Timber X 1, Steel X 5Platinum Ingot X1, Blackstone Powder X10

Hunting Musket dapat anda Enhance menggunakan Black Stone. Perlu diketahui, proses Enhancement dapat gagal jika Hunting Musket telah mencapai level Enhancement +7 dan level nya dapat turun ke bawah jika anda gagal.

  • Mount

Anda memerlukan Mount untuk Hunting dan anda memerlukan Boat (kapal) untuk berburu Blue Whale di lautan. Banyak orang dapat masuk ke dalam Boat yang anda miliki, namun jika anda adalah kapten kapal, anda bisa menentukan arah tujuan dan langsung melakukan aktifitas Hunting!

Fugitive Khalk muncul di daratan jadi anda memerlukan kuda untuk memburunya.

  • Butcher Knife

Anda memerlukan Butcher Knife! Semua perburuan yang anda lakukan akan menjadi sia-sia tanpa Butcher Knife. Anda memerlukannya untuk melakukan Looting saat perburuan berhasil dilakukan. Jangan lupakan barang satu ini karena anda tidak dapat mengakses Loyalty Shop saat anda berada di atas Boat.

Ada berbagai macam variasi Butcher Knife bergantung dari Hunting Level anda, namun variasi Butcher Knife tidaklah penting. Yang terpenting adalah Durability dari Butcher Knife bersangkutan.

▲ Jangan lupa bawa Butcher Knife!

Basic Hunting (Solo Hunting)

Sebelum anda berburu Blue Whale atau Fugitive Khalk, anda bisa mencoba berburu monster lainnya terlebih dulu sendirian. Monster yang bisa anda buru sendiri adalah Humpback Whale yang ada di laut atau Freshwater Crocodile di danau. Direkomendasikan untuk berburu Freshwater Crocodile yang ada di Lake Kaia karena butuh waktu yang cukup lama untuk menemukan Humpback Whale di lautan luas.

▲ Lake Kaia merupakan rumah dari Freshwater Crocodiles

Jangan Equip Hunting Masket terlebih dulu saat anda sampai di Lake Kaia. Mengenakan Hunting Masket akan memperlambat kecepatan gerak dan monster Catfishmen dapat mencederai anda. Keliling kitari danau, hindari atau lawan Catfishmen yang menghalangi jalan anda sampai menemukan Freshwater Crocodile. Perhatikan rute atau jalur yang dilewati si Crocodile ini, ambil posisi yang nyaman, Equip Hunting Musket dan mulailah perburuan!

▲Wih, besar juga tubuh sang buaya!

Jika anda berhasil membunuh Freshwater Crocodile, tubuhnya akan mengambang di atas air. Anda bisa mengambil Loot dengan menggunakan Butcher Knife yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jika anda berhasil melakukan aktifitas Butchering anda akan mendapatkan Hunting EXP. Oh ya, jika anda menekan tombol spasi saat berburu, anda bisa jongkok dan menembak dengan fokus!

Cooperative Hunting I – Blue Whale

Hunting Blue Whale akan memberikan anda Rewards yang lebih besar! Item yang bisa didapatkan dari memburu Blue Whale adalah Blue Whale Molar dan Khalk’s Shiny Claw yang merupakan material untuk membuat salah satu Earring terbaik seperti Blue Whale Molar Earrings dan Fugitive Khalk’s Earrings. Keduanya juga dapat dijual dengan harga yang tinggi lho!

Blue Whale muncul tiga kali sehari di setiap Channel (Server). Waktunya bersifat random. Blue Whale berjalan dengan sangat cepat di lautan, jadi pastikan salah satu anggota Party Hunting memiliki Boat yang cukup cepat (Fishing Boat) untuk mengejar Blue Whale sedangkan yang lainnya bertugas untuk menembak. Perlu diketahui, Ble Whale memiliki jumlah HP yang sangat tinggi!

▲ Rute yang dilalui oleh Blue Whales

Gambar diatas menunjukkan rute yang dilalui oleh Blue Whale. Garis berwarna merah adalah Blue Whale yang berada di Calpheon, garis berwarna kuning adalah Blue Whale yang berada di Balenos dan garis berwarna biru adalah Blue Whale yang berada di Mediah.

Jika kali ini adalah kali pertama anda berburu Blue Whale, anda perlu rajin mengintip World Chat untuk mengetahui informasi dimana keberadaan Blue Whale. Ada banyak juga pemburu yang memang ahli berburu Blue Whale jadi jangan ragu untuk bergabung dengan mereka dan mempelajari dunia perburuan Blue Whale lebih lanjut. Setelah berhasil membunuh Blue Whale, 5 Top Party yang berkontribusi paling banyak bisa melakukan Looting (dengan Butcher Knife) sekali.

▲ Bentuk tim saat berburu Blue Whale dan ingat Looting yang berlaku bersifat Party!

Daftar Rewards yang bisa anda dapat dari hasil berburu Blue Whale:

NamePurposeDescription
Blue Whale MolarEarring materialDigunakan untuk membuat salah satu Earring terbaik, Blue Whale Molar Earring
Blue Whale TendonAlchemy materialDigunakan untuk Synthesize Whale Tendon Elixir dengan Whale Tendon Potion
Blue Whale OilAlchemy materialDigunakan untuk Synthesize Perfume of Courage dan Perfume of Swiftness
Blue Whale MeatCooking ingredientDigunakan untuk membuat masakan Steamed Whale Meat dan Whale Meat Salad.
Magic Crystal of Infinity (Experience)TransfusionSalah satu Crystal populer
Gold Ingot 1G~1000GAllowanceJika anda beruntung, anda bisa mendapatkan hingga 1,000 Gold!

Cooperative Hunting II – Fugitive Khalk

Fugitive Khalk muncul di bagian barat daya dari Calpheon sekitar Longleaf Forest atau Tungrad Forest dan Hasrah Cliff di Mediah. Pastikan anda mengendarai kuda saat memburu Fugitive Khalk karena Fugitive Khalk adalah monster yang dapat terbang dengan cepat.

Fugitive Khalk hanya muncul 2 kali dalam sehari per Channel (Server) dan mereka muncul di waktu yang bersifat random. Equip persenjataan anda terlebih dulu sebelum mengendarai kuda agar bisa melakukan aktivitas Hunting (menembak) dari kuda yang sedang berlari.

▲ Equip persenjataan anda barulah naik kuda!

Gambar dibawah ini menunjukkan rute yang dilalui oleh Fugitive Khalk. Lebih mudah untuk dilacak ketimbang Blue Whale karena rutenya yang lebih pendek. Waspadalah saat anda berburu sambil mengendarai kuda, karena selain anda harus fokus dengan jalan yang dilalui kuda, anda juga perlu menembak target yang ada di udara.

Sama seperti Blue Whale, 5 Top Party yang berkontribusi paling banyak bisa melakukan Looting (dengan Butcher Knife) sekali.

This slideshow requires JavaScript.

▲ Rute yang dilalui oleh Fugitive Khalk di Calpheon dan Mediah

Daftar Rewards yang bisa anda dapat dari hasil berburu Fugitive Khalk:

NameUsageDescription
Fugitive Khalk’s Shiny ClawCrafting MaterialDigunakan untuk membuat salah satu Earring terbaik, Fugitive Khalk’s Earring
Fugitive Khalk’s SkinAlchemy IngredientDigunakan untuk Synthesize Khalk’s Elixir
Fugitive Khalk’s HornCooking IngredientDigunakan untuk membuat masakan Khalk’s Fermented Wine
Magic Crystal of Infinity – ExperienceTransfusionSalah satu Crystal populer
Gold Bar 1G – 1000GAllowanceJika anda beruntung, anda bisa mendapatkan hingga 1,000 Gold!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#