Panduan Trading Dasar – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Black Desert Online di set pada sebuah dunia Fantasy dengan campuran era Middle Age dari Eropa dimana di dalamnya terdapat sistem pasar antar negara dan benua. Ini berarti, potensi perdagangan di dunia Black Desert sangatlah besar dan menjanjikan.

Mata uang yang digunakan di Black Desert adalah Silver Coin sedangkan mayoritas produksi yang ditawarkan oleh Black Desert berasal dari hasil memburu monster, menjual berbagai jenis item atau item yang berasal dari Exchange. Perdagangan memainkan peran penting dalam perputaran Silver Coin.

Berikut ini kami akan memaparkan kepada anda lebih detail dan dalam mengenai seluk beluk Trading atau perdagangan di dunia Black Desert Online. Membaca panduan ini sama dengan menginvestasikan waktu anda untuk menjadi seorang pedagang kaya raya dalam waktu singkat.

Apa itu Trading?

Di dunia Black Desert, Trading berarti menukarkan Trade Item kepada Trader NPC yang bertugas. Anda bisa mendapatkan Trade Item dari Hunting, menyelesaikan Quest, membeli dari Trader atau melalui Crafting House. Ikan yang anda tangkap juga diklasifikasikan sebagai Trade Item, jadi anda tidak bisa menjualnya di Shop biasa, melainkan anda harus mendatangi Trade Manager.

Berbeda dengan item lainnya, Trade Item memiliki sumber asal (Origin) dan Distance Bonus (bonus jarak) yang dikalkulasikan berdasarkan jarak antara asal muasal Trade Item dengan Trader NPC. Anda bisa menjual Trade Item tersebut ke Trader yang lokasinya berada lebih jauh dari asal muasal Trade Item untuk mendapatkan harga jual yang tinggi.

Menjualnya di lokasi yang lebih jauh dari sumber Trade Item bukanlah metode yang terbaik. Untuk memaksimalkan pendapatan, anda harus menyambungkan node dari asal muasal Trade Item ke lokasi dimana Trader NPC tempat anda menjual berada.

Berikut ini adalah poin-poin yang harus anda pahami:

  • Node Connection

Node antara lokasi Trade Item berasal dengan lokasi dimana anda menjualnya harus tersambung. Jika tidak, Trade Item bersangkutan hanya dapat dijual dengan harga 30% dari normal.

  • Distance

Distance bonus atau bonus jarak mempengaruhi harga dari Trade Item. Semakin jauh jarak Trade Item berasal ke lokasi tempat menjualnya, semakin tinggi harga yang akan ditawarkan. Namun perlu diperhatikan juga waktu perjalanan yang akan anda tempuh dan jumlah Contrribution Points yang anda butuhkan untuk menyambungkan Node.

  • Market Price

Market Price mengacu pada harga jual dan harga beli dari Trade Item. Jika volume dari Trade Item berada di posisi atas, harga akan naik saat anda membelinya dan akan turun saat anda menjualnya. Sebaliknya, jika volume Trade Item berada di posisi rendah untuk beberapa waktu, maka harga akan turun saat anda membelinya dan akan naik saat anda menjualnya. Jika tren volume dari Trade Item berlanjut dan mencapai poin maksimum atau minimum, maka harga Market akan kembali stabil selang beberapa waktu.

  • Price Guarantee Time

Price Guarantee Time merupakan tanggal kadaluarsa dari Trade Item bersangkutan. Harga akan turun ke maksimum 30% dari harga normal setelah melewati batas waktu 24 jam. Jadi jika anda memiliki Trade Item, disarankan untuk menjualnya secepat yang anda bisa sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Price Guarantee Time hanya berlaku untuk item yang dibeli dari Trader dan Fish.

  • Bargain Game

Bargain Game merupakan mini game dimana anda bisa melakukan tawar menawar dengan Trader. 5 Energy akan dipakai dan jika anda berhasil, harga dari Trade Item yang anda jual akan meningkat. Energy akan pulih seiring berjalannya waktu jadi gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk melakukan Bargain jika anda sempat.

  • Stock

Stock merupakan jumlah maksimum dari Trade Item yang dapat anda beli sekaligus dari Trader. Pada umumnya, Item dengan harga mahal memiliki stok yang sedikit. Stok dari semua item yang ada di Trader akan reset setiap satu jam atau satu jam setengah.

  • Purchase Conditions

Purchase Conditions merupakan persyaratan Trade Level minimum untuk membeli Trade Item tertentu. Trade Item yang tidak menampilkan Purchase Conditions mengartikan kalau anda sudah memenuhi persyaratan Trade Level bersangkutan.

  • Remaining Quantity

Remaining Quantity merupakan kuantitas maksimum dari Trade Item yang dapat anda pasok ke Delivery NPC. Imperial Delivery reset setiap 3 jam sekali sedangkan Imperial Crafting Delivery dan Imperial Fishing Delivery reset 3 jam sekali secara random.

  • Trade Event

Jika Trade Event sedang berlangsung di Town, harga jual akan meningkat sebesar 200%. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menjual Trade Item anda di Town yang sedang mengadakan Trade Event!

Desert Buff

Desert Buff mengacu kepada bonus yang anda dapatkan saat anda melakukan aktivitas Trading dengan wilayah yang berhubungan dengan area gurun seperti Valencia Capital dan Ibellab Oasis. Secara sederhana, Desert Buff merupakan bonus Trading antara area padang gurun dengan area non padang gurun. Anda akan menerima bonus 100% untuk normal Trade Item dan 50% bonus untuk Trade Item lainnya. Namun perlu diingat, Desert Buff hanya berlaku pada jarak tertentu saja antar Town.

Untuk mendapatkan Desert Buff anda harus menjadi Trade Master (Level 51) dan menyelesaikan Quest (cek detail lebih lengkapnya dibawah) atau berbicara dengan Node Manager dari Pilgrim’s Sanctum yang ada di Valencia (menghabiskan 50 Energy). Metode terbaru adalah anda harus menaikkan Master Trade ke level 2 barulah tombol Conversation akan muncul. Desert Buff berlangsung selama 1 jam. Trade yang memiliki Desert Buff dapat dengan mudah di bedakan karena mereka memiliki icon tertentu.

  • Desert Trade Buff Quest

Pemain dengan karakter diatas level 55 dapat pergi ke Ibellab Oasis di Valencia dan mendapatkan Quest ‘Peaceful Oasis’ dari NPC yang ada disana. Quest tersebut merupakan serial Quest yang melibatkan total 13 Quest dengan Quest terakhir ‘The Truth Does Not Sink’ yang harus diselesaikan. Setelah menyelesaikan Quest tersebut dan level dari Master Trade anda adalah 1, anda bisa pergi menemui NPC di Sand Grain Bazaar untuk kemudian menerima Quest ‘Shelter in the Desolate Wilderness’.

Tipe Trade Berdasarkan Alat Transportasi

  • Trading dengan Jalan Kaki

Trading dengan jalan kaki berarti menggunakan sebuah Backpack atau tas besar yang di gendong. Jika anda membawa Backpack maka kecepatan jalan akan berkurang. Disarankan untuk melakukan Trading dengan jalan kaki jika jaraknya berdekatan. Perlu diketahui, walaupun kecepatan jalan anda akan berkurang drastis, metode jalan kaki memiliki keuntungan tersendiri lho! Anda dapat meningkatkan level Strength dengan cara ini.

  • Trading Menggunakan Mount

Metode Trading ini menggunakan Donkey, Horse, Wagon, Boat atau Camel. Umumnya, Wagon digunakan karena Wagon memiliki daya tampung yang lebih besar. Donkey juga dapat anda gunakan untuk pemain dengan karakter berlevel rendah. Disarankan untuk membeli Wagon jika anda serius mendalami dunia Trading.

  • Trading Menggunakan Transport

Trade Box yang di craft menggunakan Contribution Points di dalam rumah anda dapat di angkut. Semakin jauh jarak lokasi pembuatan Trade Box, semakin besar Silver yang akan anda dapatkan.

Langkah Awal Menjadi Pedagang Kaya Raya

Untuk memulai aktivitas Trading yang lebih efisien, anda wajib mendapatkan Mount. Memang, pada awalnya akan sangat sulit untuk mendapatkan uang. Namun jangan khawatir, anda bisa mendapatkan Mount secara gratis dengan menyelesaikan Quest Velia. Ada tiga tipe Quest dengan reward berupa Mount. Salah satu Quest berkaitan dengan Life Skill Quest, jadi yang dibahas disini hanya dua Quest saja.

  • Donkey Reward Quest

Jika anda menyelesaikan semua Quest dari Black Spirit untuk mengalahkan Goblin, anda akan mendapatkan Quest Big Fish in a Small Pond. Reward dari Quest ini adalah Donkey Emblem. Jika anda mendaftarkannya melalui Stable, anda bisa mendapatkan Mount tersebut. Donkey memiliki 5 Inventory Slot.

  • Flimsy Wagon Reward Quest

Anda bisa mendapatkan Flimsy Wagon dengan menyelesaikan semua Quest yang berkaitan dengan Preparation for Trading. Quest ini bisa diartikan sebagai Tutorial untuk Trading. Memang agak sulit untuk menyelesaikannya dibandingkan dengan Donkey namun Wagon merupakan alat transportasi lebih baik ketimbang Donkey. Flimsy Wagon memiiki 6 Inventory Slot dan dijual di Stable Shop seharga 35,000 Silver.

Nama QuestNPCCatatan
Preparation for TradeBaharLv. 12 ke atas, lebih dari 4 Contribution Points dan 501 Silver. Quest tersedia jika Quest Crop Business dari Ovidio Toscani belum diselesaikan
Trade ActivityBaharInvest Contribution Points di Node Loggia Farm
Secure the Trade RouteSevero LoggiaTemui Tiny Nose, Node Manager dari Imp Cave
Road to the Western Guard CampTiny NoseSambungkan Node ke Western Guard Camp
Trading BeginsCliffJual Velia Wine ke Luke via Trading
How to Make Trade Items?LukeTemui Severo Loggia
Understanding Production NodesSevero LoggiaPelajari Production Nodes dari Severo Loggia
Activating Production NodesSevero LoggiaAktifkan Loggia Farm Potato Production Node
Collecting ResourcesSevero LoggiaTemui Ernill storage keeper di Velia
Meet BaharErnillBerikan Potato ke Bahar

Donkey atau Wagon, Mana Lebih Baik?

Jawaban dari pertanyaan ini sudah tentu Wagon karena dapat menampung lebih banyak Trade Item ketimbang Donkey namun Donkey memiliki nilai plus tersendiri. Trade Item yang anda bawa menggunakan Donkey tidak akan pernah hancur jadi anda bisa melewati jalan pintas yang berbahaya sekalipun dengan menggunakan Donkey!

Donkey juga memiliki kecepatan jalan sedikit lebih kencang ketimbang Wagon. Kelemahan dari Donkey adalah ia membutuhkan makanan untuk memulihkan stamina! Demikian juga dengan Wagon, jika Wagon diserang oleh Bandit, anda harus memperbaikinya.

Jika anda baru saja memulai karir di dunia Trading, ada baiknya untuk memilih Donkey. Trader pertama kalinya hanya memiliki stok 10 Item jadi anda harus berpergian dua kali baik menggunakan Donkey ataupun Wagon. Donkey sangat efisien untuk pemula di bidang Trading.

Jika anda memiliki cukup uang, anda bisa membeli Strong Black Donkey seharga 50,000 Silver (8 Slot) atau Farm Wagon seharga 180,000 Silver (14 Slot) dari Stable Shop.

Crafting Wagons

Saat ini, Wagon terbaik untuk melakukan aktivitas Trading adalah Noble Wagon yang memiliki 20 Inventory Slot. Namun harganya melebihi 2 juta Silver jadi mungkin akan terasa sulit bagi pemula untuk mendapatkannya. Jika anda ingin melakukan crafting Noble Wagon dengan mencari bahan dan material sendiri, pastikan anda memiliki Contribution Points yang cukup.

Wagon Workshop Stage 3 (butuh 14 Contribution Points) dapat melakukan crafting Noble Wagon dan hanya berlokasi di Calpheon. Sangat mudah untuk mengirimkan Worker dan menyuruh mereka mengumpulkan material yang dibutuhkan ketimbang mencarinya sendiri (tentu anda membutuhkan Contribution Points dengan jumlah banyak).

Beberapa material membutuhkan Knowledge Processing-Beginner. Knowledge ini dapat anda peroleh dengan menaikkan level di Processing dan mengambil Promotion Quest. Sebagai contoh, material yang membutuhkan Knowledge ini adalah Brass Ingot, Sturdy Pine Plywood dan Fine Soft Hide (material untuk crafting Noble Wagon).

Durability dari Wagon dapat berkurang jadi lebih baik untuk crafting dengan jumlah yang banyak dan disimpan sebagai persediaan atau anda bisa juga menjualnya di Marketplace.

Wagon yang dapat di craft di masing-masing Wagon Workshop
Stage 1Strong Wagon10 Inventory Slots1 Wagon Horse, 5 Maple Plywood, 5 Iron Ingot,

5 Tough Hide, 15 Black Stone Powder

Stage 2Trade Wagon16 Inventory Slots2 Wagon Horse, 8 Cedar Plywood, 8 Brass Ingot,

10 Soft Hide, 20 Black Stone Powder

Stage 3Noble Wagon20 Inventory Slots4 Wagon Horse, 12 Sturdy Pine Plywood, 12 Brass Ingot,

15 Fine Soft Hide, 30 Black Stone Powder

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#