Panduan Pemula – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Halo! Panduan berikut khusus untuk anda yang baru saja mengarungi dunia Black Desert Online. Sangat penting untuk mengetahui landasan dasar dari game Black Desert Online sebelum anda memulai petualangan bukan? Memulai petualangan tanpa persiapan bisa jadi hal yang menyenangkan namun akan lebih menarik dan nyaman jika anda memahami dasar-dasarnya terlebih dulu.

My Information

Anda bisa melihat informasi dasar dari karakter anda melalui jendela My Information yang dapat anda akses dengan tombol [P]. Selain informasi karakter, anda juga bisa melihat informasi Title, Journal, Task, Accomplishments dan lain sebagainya.

​​​​Potential List

  • Attack Speed: Meningkatkan kecepatan serang Physical (Warrior, Ranger, Musa, Maehwa, Ninja, Kunoichi, Ninja, Fury, Dark Knight, Striker)
  • Casting Speed: Meningkatkan kecepatan mengeluarkan Magic (Sorceress, Valkyrie, Position, Wizard)
  • Movement Speed: Meningkatkan kecepatan lari karakter
  • Critical Hit: Meningkatkan peluang untuk mendapatkan Critical saat serangan berhasil mengenai target
  • Fishing Ability: Mengurangi waktu mendapatkan ikan saat memancing
  • Gathering Ability: Mengurangi waktu untuk mendapatkan bahan-bahan dari aktivitas Gathering
  • Luck: Saat anda mengambil item dari hasil Loot, peluang untuk mendapatkan item bagus jauh lebih baik

Masing-masing Enhancement dapat ditingkatkan melalui efek unik yang ada di masing-masing Equipment atau bisa juga melalui Food atau Elixir

Training List

  • Breath: Dapat meningkatkan jumlah EXP hanya dengan lari (tanpa mengendarai kuda). Saat level anda naik, maksimum stamina juga akan naik
  • Strength: Berjalan dengan Trade Pack yang anda pinggul di pundak akan membantu meningkatkan level Strength. Semakin tinggi level Strength, semakin besar kapasitas Weight yang akan anda dapatkan
  • Health: Dengan makan item berupa Food, anda bisa menaikkan level Health. Semakin tinggi level Health, semakin besar HP yang anda miliki

Skills dan Skill Points

Tekan [K] untuk mengakses jendela Skills dan melihat Skill yang dapat anda pelajari untuk karakter anda. Masing-masing karakter atau kelas memiliki Skill unik tersendiri. Skill utama akan otomatis anda dapatkan saat mencapai level tertentu, sedangkan Skill spesial harus anda pelajari melalui Skill Points yang anda peroleh.

Karakter di bawah level 56 bisa melakukan reset Skill. Reset Skill (All Reset) ini bisa anda coba jika anda tidak menyukai Skill yang telah anda pilih. Mayoritas Skill dapat dieksekusi menggunakan tombol-tombol yang telah diset (Command). Jika anda merasa kesulitan untuk menghafal semua jenis Command, beberapa Skill dapat diletakkan melalui Quick Slot.

Saat anda meletakkan kursor mouse di masing-masing Skill pada jendela Skill, tombol Command yang harus anda tekan untuk mengeksekusi Skill akan muncul. Contoh, menekan SHIFT + E atau SHIFT + klik kiri dan lain sebagainya. Disarankan untuk menggunakan set Command, namun memang jika anda belum terbiasa, anda bisa menempatkan beberapa Skill ke dalam kotak Quick Slot.

Tips untuk Pemula

◆ Bagaimana cara untuk Chatting?

Anda mulai Chatting dengan menekan tombol Enter. Selain itu anda juga bisa mengganti tipe Chat dengan menggantinya dengan tombol berikut ini:

  1. General Chat: Alt+1
  2. Server Chat: Alt+2
  3. Whisper: Alt+3
  4. Party Chat: Alt+4
  5. Guild Chat: Alt+5
  6. World Chat: Alt+6
  7. Battlefield Chat: Alt+7
  • General Chat hanya dapat dibaca oleh pemain yang ada di sekitar anda
  • Server Chat dapat dibaca oleh semua pemain yang ada di dalam satu server yang sama dan membutuhkan 1 Energy untuk 1 kali chatting
  • Whisper dapat dibaca oleh pemain dengan nama karakter yang telah anda masukkan sebelumnya (masukkan nama karakter di kolom bagian kanan)
  • Party Chat hanya dapat dibaca oleh anggota Party
  • Guild Chat hanya dapat dibaca oleh anggota Guild bersangkutan dan anda harus berada di dalam Guild terlebih dulu untuk menggunakan fitur ini
  • World Chat dapat dibaca oleh semua pemain yang ada di Black Desert Online dan hanya tersedia setelah anda membelinya melalui Loyalties Shop
  • Battlefield Chat hanya tersedia untuk pemain yang berada di dalam arena Red Battlefield

◆ Saya ingin melihat chat tertentu saja!

Mayoritas jendela Chat memiliki fitur aktif yang disediakan oleh sistem. Anda bisa mengubah aturan dari sistem tersebut melalui tombol Setting yang ada pada jendela Chat (lihat gambar yang dilingkari merah). Tekan CTRL untuk menampilkan kursor lalu klik icon Setting yang ditunjukkan pada gambar untuk mengubah aturan dari jendela Chat.

◆ Saya ingin megubah tampilan UI sesukanya!

Interface dari Black Desert dapat anda kustomisasi dan ubah sesuka hati melalui jendela Edit UI yang dapat anda akses melalui Menu [ESC].

◆ Quest

Berbagai jenis Quest yang anda terima melalui Black Spirit atau NPC akan tampil pada Widget yang ada di sebelah kanan layar. Anda bisa mengubahnya juga jika ingin menampilkan beberapa Quest saja. Quest juga dapat anda sortir berdasarkan tipe dan jarak.

◆ Berjalan otomatis ke lokasi tujuan!

Fitur navigasi otomatis akan memandu anda menjalankan Quest yang diminta. Arahkan kursor ke Quest Widget yang ada di sebelah kanan, klik kanan nama Quest atau klik kiri icon panah berwarna merah untuk mengaktifkan fitur navigasi otomatis ini lalu tekan [T] untuk berjalan secara otomatis ke lokasi tujuan!

◆ Dimana NPC berada?

Ada begitu banyak NPC yang ada di Black Desert Online. Bagi pemula mungkin sulit untuk menemukan mereka satu persatu. Jangan berkecil hati, fitur NPC akan membantu anda! Fitur ini dapat anda temukan di bagian atas kanan layar (lihat gambar atas yang dilingkari) sebelah Mini Map.

Sebuah jendela NPC akan muncul, klik kanan NPC yang ingin anda kunjungi dan fitur navigasi akan memandu anda ke NPC terdekat secara otomatis! Anda juga bisa mencari nama NPC bersangkutan dengan mengetikkan nama pada kolom Search yang ada di bagian bawah.

◆ Posisi Combat dan non-combat

Anda bisa mengubah Posisi ‘Combat’ atau ‘Non-Combat’ dengan cara menekan tombol [Tab]

  • Posisi Non-combat
    • Kecepatan gerak lebih cepat dan mengkonsumsi stamina rendah
    • Dapat berinteraksi dengan Kuda, objek atau NPC namun tidak dapat menggunakan Combat Skill
  • Posisi Combat
    • Kecepatan gerak lebih lambat dan mengkonsumsi stamina tinggi
    • Combat Skill dapat digunakan namun tidak dapat berinteraksi dengan apapun (seperti kuda atau NPC)

◆ Dapatkan saya menggunakan Skill Points ke jenis Skill yang saya inginkan?

Tentu saja bung! Pilih Skill sesuka yang anda mau, Combat Skill bisa anda reset setiap saat jika karakter anda berada di bawah level 56. Coba semua skill yang anda inginkan dan ganti dengan menggunakan fitur All Reset jika anda tidak menyukainya!

◆ Layar terlalu bergoyang saat saya berada dalam combat!

Efek kamera di Black Desert Online sengaja menciptakan sebuah scene yang dinamis agar anda bisa merasakan efeknya secara langsung. Jika anda tidak menyukainya atau kondisi penglihatan anda tidak dapat menyesuaikannya, anda bisa mengaturnya melalui ESC > Settings > Display Settings > All Camera Effect Settings.

◆ Ada banyak sekali Quest! Apa saya wajib mengerjakannya satu persatu?

Quest dalam dunia Black Desert memiliki jumlah yang sangat banyak dan beragam. Mayoritas pemain memiliki pertanyaan yang sama, apakah mereka harus menyelesaikan semua Quest yang ada?

Pertama, Quest yang diberikan oleh Black Spirit mayoritas berkaitan dengan Combat. Disarankan untuk mengikuti Quest yang diberikan oleh Black Spirit hingga level 50 jika anda pemula di dunia Black Desert Online. Anda bisa mendapatkan banyak informasi hanya dengan menyelesaikan Quest yang diberikan oleh Black Spirit.

Anda bisa menerima berbagai variasi Weapon dan Armor serta Black Stone yang anda butuhkan untuk melakukan Enhance dari Black Spirit. Sebagai tambahan, Quest yang diberikan oleh NPC diklasifikasikan ke dalam 5 tipe yakni Story (General), Combat, Life, Fishing dan Others.

Anda bisa mendapatkan Contribution Points sebagai Reward dari mayoritas Quest NPC yang disebutkan sebelumnya. Contribution merupakan ‘alat tukar’ selain Silver yang berguna untuk berbagai aktivitas seperti menyambungkan Node dan lainnya.

Jangan takut untuk menjelajah dunia Black Desert melalui Quest yang tersedia. Anda bisa memilih untuk mengambil atau tidak mengambil Quest sesuka yang anda inginkan!

◆ Bagaimana cara membeli item?

Di Marketplace, anda bisa membeli berbagai macam item seperti Equipment (Weapon, Armor, Accessories), Consumable Item dan lain sebagainya. Equipment dan item dasar bisa anda beli melalui NPC, namun untuk mendapatkan item atau Equipment yang lebih baik, anda bisa mencarinya melalui Marketplace.

Untuk menggunakan fasilitas Marketplace, kunjungi NPC dengan title Marketplace Director atau tekan tombol Marketplace melalui jendela NPC untuk dipandu ke Marketplace terdekat. NPC yang bertugas di Marketplace hanya tersedia di Town seperti Velia, Heidel, Calpheon, Altinova dan Valencia.

◆ Fishing dan gathering

Jika anda berfokus di konten Life Skill atau mengumpulkan ‘kekayaan’ ketimbang bergulat dengan monster melalui Combat, anda bisa mencoba Fishing (memancing) atau Gathering (mengumpulkan bahan atau material dari alam). Jika anda tertarik, anda bisa memanggil Black Spirit dengan cara menekan tombol [/] dan memilih pilihan Guide. Pilih konten Life yang anda inginkan dan Black Spirit akan memandu anda!

◆ Gerakan karakter saya lambat!

Jika anda masuk ke dalam lokasi selain jalanan, kecepatan gerak akan menurun. Kondisi jalanan juga berpengaruh, contoh, anda bisa berjalan dengan cepat diatas jalan yang tebentuk dari semen ketimbang tanah. Karakter anda juga akan berjalan dengan lambat jika karakter melebihi batasan Weight.

◆ Apa yang harus saya lakukan saat karakter saya mati? Bagaimana cara untuk bangkit kembali?

Jika karakter anda mati di dunia Black Desert, anda bisa bangkit kembali di Town atau Node terdekat. Resurrect in Town berarti karakter anda akan bangkit di Town terdekat, Resurrect in Node berarti karakter anda akan bangkit di Node terdekat dari lokasi dimana anda mati.

Sangat penting untuk diketahui, lokasi Town atau Node bersangkutan harus terlebih dulu anda jelajahi. Jadi berhati-hatilah untuk tidak mati di lokasi yang belum anda jelajahi Node atau Town terdekatnya. Informasi tambahan, jika karakter anda mati di level 10 atau dibawah itu, anda bisa memilih opsi Instant Resurrect. Saat anda mencapai level 11, anda harus menggunakan item Elion’s Tear untuk dapat memilih opsi Instant Resurrect.

◆ Karakter saya tidak bergerak!

Saat karakter stuck atau terjebak di satu lokasi tertentu, anda bisa meloloskan diri ke area terdekat dengan cara menekan tombol [ESC] dan memilih pilihan Escape. Fitur ini hanya dapat digunakan sekali dalam satu waktu yang telah ditentukan.

​​​​◆ Saya ingin mengambil Screenshot lebih jelas!

Gunakan tombol CTRL + U untuk mengambil Screenshot tanpa ada UI sebagai latar belakangnya.

  • Camera Mode Shortcuts
    • Ctrl + Shift + Up and down: Color filter
    • Ctrl + Shift + Left: Toggle camera view
    • Ctrl + Shift + Right: Toggle Film Noise
    • Shift + Up / Down: Adjust the viewing angle (FOV)
    • Shift + Left / Right: Tilt

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#