Panduan Final Fantasy XIII Chapter 13 – Final Boss

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Naiki tangga ke atas menuju ruangan utama. Saksikan cutscene dan save game anda. Lawan monster yang anda temui di sini, lanjutkan perjalanan dan saksikan kembali cutscene. Kini anda memiliki dua buah pilihan, pilihan pertama gerbang yang ada di sebelah kiri dan pilihan kedua gerbang yang ada di sebelah kanan. Gerbang kiri akan membawa anda menuju Edenhall, sedangkan gerbang kanan akan membawa anda kembali ke Vallis Media (Chapter 11). Gunakan kesempatan ini untuk menyelesaikan Quest yang mungkin belum sempat anda selesaikan sebelum melawan Boss terakhir.

Setelah puas berkeliling, pergi ke platform selanjutnya dan save game anda. Pegi ke jalur yang ada berlawanan dari penanda peta. Lawan Aquila Velocycle yang ada disini untuk mendapatkan Librascope. Lompati beberapa platform selanjutnya dan kalahkan Megrim Thresher untuk mendapatkan Cherub’s Crown dan Millerite.

Setelah mengambil item, lanjutkan perjalanan ke penanda peta. Cek patung berwarna putih, lompat ke platform yang ada di sebelah kiri patung lalu ambil jalur kanan saat mencapai perempatan. Teruskan perjalanan sampai anda menemukan Supercharger.

Turuni jalur ke bawah, ambil arah kanan menuju platform yang ada di bawah, teruskan perjalanan sampai anda menemukan Perfect Conductor. Balik bada dan pergi ke bawah untuk mendapatkan Turboprop.

Kembali ke lokasi sebelumnya lalu naik ke atas platform, disini anda akan menemukan platform lainnya di arah yang berlawanan. Kalahkan Megrim Thresher dan ambil Treasure Chest yang ada disana. Pergi ke platform yang mengambang dan kembali ke patung putih yang anda temui sebelumnya.

Naiki platform lainnya yang ada di seberang, ambil 20 Seaking’s Beards yang ada disana dan lanjutkan perjalanan. Anda akan mencapai sebuah platform di sebelah kiri menuju ke atas. Naiki platform tersebut. Ambil Aegisol yang ada di sebelah kanan, lanjutkan perjalanan ke jalan bercabang yang ada di jalur berlawanan untuk mengambil Tear of Woe dan Zephyr Ring.

Turun ke platform yang ada di bawah dan lanjutkan perjalanan ke penanda peta. Ambil Shamanic Spear yang anda temui di sekitar sana. Save game dan aktifkan patung. Pergi ke arah depan dan naiki platform yang ada di sebelah kanan. Kalahkan monster yang ada disini, jalur yang mereka jaga akan membawa anda ke patung pertama berwarna putih sebelumnya.

Lanjutkan perjalanan lalu lompat ke jalur yang ada di sebelah kiri, ikuti jalur ke arah utara sampai anda menemukan Tetradic Crown. Teruskan perjalanan sampai anda tiba di Save Point. Jangan melompat ke platform selanjutnya dulu, ambil jalur kanan untuk mengambil Starblossom Seeds. Lanjutkan perjalanan ke penanda peta dan ambil Black Mycelium dan Rhodochrosite yang ada di sekitar sana. Aktifkan patung dan bersiaplah untuk menghadapi Boss selanjutnya!

Boss: Bandersnatch & Jabberwocky

Anggota tim yang direkomendasikan: Fang, Vanille dan Hope

Persiapkan Paradigm seperti dibawah ini:

  1. Sentinel / Medic / Synergist
  2. Sentinel / Saboteur / Medic
  3. Saboteur / Ravager / Ravager
  4. Commando / Ravager / Ravager
  5. Commando / Medic / Ravager
  6. Sentinel / Medic / Medic

Jabberwocky akan terus memberikan Healing kepada Bandersnatch, jadi pastikan anda membunuh Jabberwocky terlebih dulu. Jabberwocky memiliki kelemahan terhadap Elemental Magic, jadi menggunakan Paradigm dengan Ravager sangat disarankan. Gunakan Paradigm nomor 1 untuk memberikan Buff kepada semua anggota tim. Selanjutnya pindah ke Paradigm nomor 3 dan 4 untuk memasukkannya ke dalam kondisi Stagger. Saat Hp anda dalam keadaan kritis, gunakan Paradigm nomor 1 atau 6 tergantung seberapa parah keadaan HP anda. Setelah mengalahkan Jabberwocky, gunakan Paradigm nomor 4 untuk mengalahkan Bandersnatch.

Saksikan cutscene dan save game anda. Pergi ke arah depan untuk melawan Immortal, jika anda kesulitan melawannya, gunakan Sneaking Smoke. Setelah pertarungan berakhir, warp dari gerbang yang dijaga olehnya. Ambil Weirding Glyph dan Adamant Bangle lalu Warp ke gerbang selanjutnya.

Ambil Scarletite dan Elixir lalu kembali Warp ke gerbang selanjutnya. Lanjutkan perjalanan, save game anda lalu aktifkan patung berwarna hitam. Lawan Wladislaus dan save game anda. Saksikan cutscene, ambil Treasure Chest yang berisi masing-masing 3,000 dan 5,000 Gil, di bagian atas platform anda akan bertemu lagi dengan Bandersnatch dan Jabberwocky. Gunakan strategi yang sama untuk mengalahkan mereka.

Lanjutkan perjalanan sampai anda tiba di lokasi dengan tiga Sanctum Templar. Kalahkan mereka dan teruskan perjalanan ke patung selanjutnya. Bersiaplah untuk mennghadapi Boss selanjutnya!

Boss: Tiamat Eliminator

Anggota tim yang disarankan: Fang, Lighning dan Hope

Persiapkan Paradigm seperti berikut ini:

  1. Sentinel / Medic / Synergist
  2. Sentinel / Commando / Medic
  3. Sentinel / Ravager / Ravager
  4. Commando / Ravager / Ravager
  5. Commando / Medic / Ravager
  6. Sentinel / Medic / Medic

Boss ini akan berganti-ganti bentuk dan melancarkan seranga yang berbeda-beda setiap bentuknya. Saat ia berada di mode terbang, tidak ada yang dapat anda lakukan kecuali menunggu dan memberikan Buff kepada anggota tim. Gunakan Paradigm nomor 1 untuk memberikan Buff. Saat Boss kembali menyentuh daratan, gunakan Paradigm nomor 3, 4 dan 5. Jika HP anda dalam keadaan kritis, gunakan Paradigm nomor 2 atau 6 bergantung dari seberapa parah HP anda. Lanjutkan perjalanan, aktifkan gerbang Warp dan bersiaplah untuk menghadapi Boss terakhir di Final Fantasy XIII!

Boss: Barthandelus

Anggota tim yang direkomendasikan: Fang, Vanille dan Hope

Persiapkan Paradigm seperti dibawah ini:

  1. Sentinel / Medic / Synergist
  2. Sentinel / Saboteur / Medic
  3. Saboteur / Ravager / Ravager
  4. Commando / Ravager / Ravager
  5. Commando / Medic / Ravager
  6. Sentinel / Medic / Medic

Waspadalah dengan serangan Ultima milik Boss. Saat anda melihat nama serangan ini di layar, segera pindah ke Paradigm nomor 6. Selain daripada itu, strategi melawan Barthandelus disini sama dengan melawan Barthandelus di Chapter 9.

Boss: Orphan – First Form

Gunakan Paradigm nomor 1 untuk memberikan Buff lalu kemudian Paradigm nomor 2 untuk memberikan Debuff atau efek status kepada Boss. Orphan bentuk pertama ini akan menghantam seluruh anggota tim sehingga semua HP anggota tim menjadi 1. Saat anda melihat serangan ini datang, segera pindah ke Paradigm nomor 6. Selain Buffing dan Healing, jangan lupa untuk menggunakan Paradigm nomor 4 dan 5. Paradigm nomor 3 juga bisa digunakan saat efek status pada Boss menghilang.

Boss: Orphan – Second Form

Mulai pertarungan dengan memberikan efek Dispel lalu masukkan Boss ke dalam kondisi Stagger menggunakan Paradigm nomor 4. Jangan lupa untuk Healing saat HP anda dalam keadaan kritis.

Setelah pertarungan selesai dan anda menangkan, saksikan cutscene. Selamat, anda telah menamatkan game Final Fantasy XIII!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#