Panduan Final Fantasy XIII Chapter 11.2 – Taejin’s Tower

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#

Saatnya berburu monster Misi 9! Monster tersebut bisa anda temukan di sebelah utara dari penanda misi peta. Cek Panduan Final Fantasy XIII – Missions 09-16 untuk mengetahui strategi mengalahkannya. Setelah pertempuran selesai, pergi ke arah tenggara untuk mengambil Misi 10.

Lanjutkan perjalanan ke Mah’Habara yang ada di sebelah timur laut, monster Misi 10 ada di dekat pintu masuk area selanjutnya. Kalahkan dia, kembali ke Archylte Steppe lalu ambil jalur yang ada di sebelah kiri, lewati Adamantoise dan terus jalan ke arah utara.

Cari Statue Misi 11, anda akan mengetahui kalau anda sudah berada dekat dengan Statue ketika langit berubah menjadi hijau. Pergi ke arah selatan, sebelah timur dari Archylte Steppe lalu lawan monster Misi 11. Pergi ke arah barat dan ikuti jalur dekat tembok yang ada di sebelah selatan sampai anda tiba di sebuah tebing menuju ke arah selatan.

Anda akan tiba di jalur buntu dan sebuah Statue Misi 12. Sebelum mengambil Misi 12, pastikan anda telah menaikkan level anda hingga HP anda berada di kisaran 2,500. Pergi ke arah utara menuju padang rumput yang luas lalu pergi ke arah barat sampai anda menemukan monster Misi 12. Di sepanjang perjalanan, ambil Treasure Chest berisi Librascope, 8 Smooth Hide, Fire Charm dan juga Ice Charm.

Mengalahkan monster Misi 12 membuat gerbang merah yang memblokir lokasi dimana anda mengambil misi ini menjadi terbuka. Namun, sebelum menuju kesana, pergi ke lokasi dimana monster Misi 11 berada, lalu ambil Misi 13 yang ada di bagian timur.

Pergi ke Save Point menuju Mah’Habara. Anda akan menemukan monster Misi 13 di sebelah timur laut. Pergi ke gerbang merah yang telah terbuka, ambil Treasure Chest berisi 2,615 Gil. Ambil Misi 14 yang ada di seberang danau.

Pergi ke penanda peta, saksikan cutscene dan kalahkan monster Misi 14. Ambil Treasure Chest yang ada disana dan naiki Chocobo yang anda temui. Saatnya berburu harta karun! Pergi ke poin awal Archylte Steppe. Naik ke atas bukit dekat Statue Misi 13, anda akan menemukan harta karun tersembunyi di atas dataran tinggi. Gali menggunakan Chocobo.

Pergi ke arah utara menuju Save Point. Ambil Mnar Stone yang ada di tengah-tengah danau. Pergi ke arah utara menuju bukit lainnya dan ambil Scarletite yang ada disana. Lompati bukit terdekat untuk mengambil Misi 15. Pergi ke penanda peta Misi 15 dan kalahkan monster yang anda temui.

Temui dan naiki Chocobo sekali lagi. Pergi ke arah utara menuju bebatuan besar yang dikelilingi oleh monster Adamantoise, disana juga ada Statue Misi 16 di bagian timur. Cari tempat lompatan Chocobo yang ada di sekitar Adamantoise lalu lompat ke arah utara. Gali lubang yang ada disana untuk mendapatkan harta karun tersembunyi.

Saksikan cutscene dengan Cactuar. Mulai dari sini, anda akan bertemu dengan banyak Cactuar. Mereka sangat lincah dan cepat. Turun dari Chocobo, ambil Treasure Chest yang ada di sekitar sana dan pergi ke Mah’Habara. Sebelum ke Mah’Habara, ambil Misi 16, 17 dan 18.

Ikuti jalur, ambil Hauteclaire di Treasure Chest yang ada disana. Ambil jalur sebelah kiri, ambil kesempatan disini untuk menaikkan level. Jangan mendekati pintu yang ada disana terlebih dulu karena anda akan menyaksikan cutscene dan Juggernaut akan muncul. Anda bisa mengalahkannya setelah anda menamatkan game ini.

Kembali ke jalur utama lalu jalan menuju penanda peta selanjutnya. Lawan Cryohedrons dan Pulsework Centurion yang anda temui. Lanjutkan perjalanan sampai anda menemukan dua buah Treasure Chest berisi 4 Electrodes dan 4 Chobham Armor.

Saat anda sampai di sebuah platform di penanda misi peta, ada dua pilihan yang dapat anda ambil. Ambil jalur sebelah kiri untuk melanjutkan Main Story atau ambil jalur tangga yang menyimpan beberapa item yang bisa anda gunakan untuk meng-upgrade Weapon anda. Sama seperti Juggernaut, disarankan untuk melanjutkan Main Story baru kembali lagi kesini kelak.

Lanjutkan perjalanan sampai ke Save Point. Ambil Saint’s Amulet dan save game anda. Bersiaplah menghadapi Boss!

Boss: Hecatoncheir

Pastikan anda sudah menaikkan level anda, termasuk HP dan Physical Damage Resistance. Jika kehabisan waktu, gunakan Paradigm Saboteur dan Commando. Setelah berhasil mengalahkannya, lanjutkan perjalanan ke Save Point selanjutnya. Ambil Ice Charm, di Save point, pergi ke bawah menuju platform sebelah kanan untuk menemukan Particle Accelerator.

Hindari Juggernaut yang ada disini, pergi ke kiri dimana Pulsework Centurions dan Cryohedrons berada. Di jalan bercabang yang anda temui, belok ke arah kanan dan ambil Crystal Oscillator. Lanjutkan perjalanan, ambil 3 Perfect Conductor yang ada disini.

Di akhir jalur, cek panel dan lanjutkan perjalanan sampai ke penanda peta. Saksikan cutscene dan ambil Strange Fluid. Lompati bebatuan menuju platform selanjutnya dan kalahkan monster yang ada disana. Lompat ke platform sebelah kiri, disini anda bisa berinteraksi dengan sebuah pusaran air.

Akan ada dua buah platform yang naik. Platform pertama dimana anda menyaksikan cutscene terakhir, disini anda bisa menemukan banyak Treasure. Kalahkan monster yang menjaga Treasure tersebut. Platform selanjutnya ada di bagian kanan dari platform pertama. Jelajahi pulau-pulau yang ada disini dan ambil Treasure yang ada disana.

Pergi menuju penanda peta, ambil Abyssal Scale. Saksikan cutscene dan save game anda. Ambil Cie’th Tear dan lanjutkan perjalanan. Save game anda, ambil Sinister Fangs. Selamat datang di menara! Di lantai pertama, ambil 3 Treasure Chest, cek panel lalu lanjut ke lantai 2.

Untuk melanjutkan perjalanan di lantai 2, pastikan anda menyelesaikan Misi 21, 22 dan 23. Setelah menyelesaikan Misi, ambil 2 Treasure Chest yang ada di lantai 2 ini. Lanjutkan ke lantai 3. Cek koridor tengah dan ambil 2 Metal Armband yang ada disini. Naiki lift menuju lantai 4.

Ambil Glass Orb, naiki lift ke lantai 5. Untuk melanjutkan, anda harus menyelesaikan 3 Misi lagi. Misi 25 ada di lantai 6, saat anda mengaktifkan penanda dari Misi 25, sebuah tangga rahasia akan muncul. Waspada dengan kehadiran Tyrant. Tekan panel yang ada disana untuk membuka Lift menuju lantai 6.

Pergi ke lantai 7 dan cek panel yang ada di dekat musuh yang ada disana. Jalan ke penanda peta dan naiki lift ke lantai paling atas. Ambil Treasure Chest yang anda temui dan bersiaplah menghadapi Boss selanjutnya!

Boss: Dahaka

Anggota tim yang direkomendasikan: Vanille, Fang dan Sazh

Persiapkan Paradigm sama seperti dibawah ini:

  1. Saboteur / Sentinel / Synergist
  2. Medic / Sentinel / Synergist
  3. Medic / Sentinel / Ravager
  4. Ravager / Commando / Ravager
  5. Medic / Command / Ravager
  6. Saboteur / Saboteur / Commando

Mulai pertarungan dengan Paradigm nomor 1. Setelah Deprotect, Slow dan Imperil diberikan kepada Boss, pastikan Sazh juga telah memberikan Haste ke seluruh anggota tim. Scan sang Boss, Jika HP anda dalam keadaan kritis, gunakan Paradigm nomor 2 dan 3. Gunakan Paradigm nomor 4 dan 5 untuk menyerang dan membuat Boss masuk ke dalam kondisi Stagger. Gunakan Paradigm nomor 6 saat Debuff pada Boss sudah habis.

Setelah berhasil mengalahkan Boss, pergi ke Oerba. Lanjutkan perjalanan sampai anda menemukan Save Point selanjutnya. Lompat ke arah jalan yang rusak dan ambil Perovskite yang ada disana. Ambil jalur kanan, lewati penanda Misi 28 menuju penanda peta. Saksikan cutscene, masuk ke dalam rumah di dekat sana menuju lantai 2. Aktifkan robot yang berbaring di lantai. Pergi ke area utama, ambil komponen yang ada disini, lanjutkan perjalanan menuju bangunan berwarna oranye, kalahkan musuh dan ambil komponen lainnya. Jangan lupa untuk mengambil Treasure Chest yang ada di sekitar sini juga.

Lanjutkan perjalanan sampai anda menemukan Treasure Chest. Kalahkan monster yang ada disini untuk mendapatkan komponen selanjutnya. Ambil Librascope yang ada di atas tangga sebelah kiri. Pergi ke penanda peta, ambil jalur sebelah kanan menuju Workshop. Ambil komponen selanjutnya tepat di sebelah llingkaran merah. Naik ke atas tangga, ambil Moogle Puppet dan Mnar Stone.

Kembali ke bawah, lanjutkan perjalanan. Saat mencapai jalan yang rusak, belok kiri dan ambil Treasure Chest yang ada disana. Lanjutkan ke arah bawah sampai anda menemukan komponen terakhir. Kembali ke rumah tempat anda menemukan sang robot untuk mengaktifkannya. Pergi menuju penanda peta, ambil Taming Pole dan Ethersol di sepanjang perjalanan. Bersiaplah untuk menghadapi Boss!

Boss: Barthandelus

Anggota tim yang direkomendasikan: Fang, Vanille dan Hope

Persiapkan Paradigm sama seperti dibawah ini:

  1. Saboteur / Saboteur / Synergist
  2. Saboteur / Saboteur / Medic
  3. Commando / Ravager / Ravager
  4. Commando / Ravager / Medic
  5. Sentinel / Medic / Medic
  6. Sentinel / Medic / Synergist

Gunakan Paradigm nomor 1 dan 2 untuk melemahkan Resistance Boss. Kembali gunakan Paradigm tadi saat status efek pada Boss sudah tidak ada lagi. Saat Boss mengeluarkan serangan mematikannya, segera pindah ke Paradigm nomor 5. Gunakan Paradigm nomor 3 dan 4 untuk memasukkannya ke dalam kondisi Stagger. Gunakan Paradigm nomor 6 jika anggota tim anda memiliki level yang terlalu rendah.

Pergi ke Airship untuk mengakhiri Chapter ini.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Final Fantasy XIII#