Mengatasi Freeze/Hang Saat Menangkap Pokemon di Pokemon GO

freezehangpokemongo

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#


CATATAN PENTING: Permasalahan seperti ini banyak terjadi, jika cara dibawah ini tidak dapat mengatasi permasalahan anda, disarankan untuk menunggu terlebih dulu rilis resmi Pokemon GO di Indonesia lalu menunggu update version dari Niantic agar bug/glitch/error yang ada bisa teratasi.


Hang/freeze seperti ini dapat terjadi dikarenakan server Pokemon GO yang sibuk melayani permintaan user yang begitu banyak

Sekedar informasi, jika anda telah berhasil menangkap Pokemon sebelum hang/freeze terjadi, kemungkinan besar anda akan mendapatkannya, tutup aplikasi lalu buka kembali dan cek Journal. Jika hang/freeze terjadi saat anda sedang menangkap Pokemon

Ada beberapa tanda sebelum hang/freeze ini muncul. Salah satunya, interface pada aplikasi Pokemon GO seperti kamera, item bag dan icon lainnya hilang begitu saja (lihat gambar diatas). Hal ini mengindikasikan PokeBall yang siap anda lempar akan hang.

Saat hal ini terjadi, tunggu beberapa saat sekitar 1 menit sampai icon Pokeball yang ada di pojok kiri atas berputar dan berhenti beberapa kali. Lalu lempar PokeBall ke arah mana saja pada layar (jangan ke arah Pokemon). Saat melempar PokeBall, interface pada layar (kamera, item, dll) akan kembali muncul, kini anda bisa melempar PokeBall ke arah Pokemon. Cara ini akan membuang-buang tidak sedikit PokeBall namun layak dicoba. Namun banyak masih banyak juga user yang mencoba cara ini dan masih gagal.

Cara Lainnya

pokeballiconloading

1. Lihat Icon Loading Pokeball dan Tunggu Hingga Berhenti

Saat hang/freeze terjadi, lihat icon loading PokeBall yang ada di pojok kiri atas, tunggu hingga icon loading berhenti berputar lalu keluar dari aplikasi dan Force Stop Pokemon GO. Cara melakukan Force Stop masuk ke Settings > Application Manager > Pokemon GO lalu klik tombol Force Stop.

forcestoppokemongo

2. Tekan Tombol AR

 

arbutton

Cara lainnya adalah menekan tombol AR, jika saat hang/freeze tombol ini tidak kelihatan (invincible) tekan di sekitar area tombol AR berada (pojok kanan atas) secara terus menerus hingga interface yang hilang (kamera, item) kembali seperti semula.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#