Tips Membuat PC Anda Lebih Cepat

Tech Division – Tips
Membuat PC Anda Lebih Cepat

tipsbuatkomputerandalebihcepat

Hal yang pertama kali kita lakukan adalah jangan mengikuti saran dari gambar di atas.

Mengapa PC berfungsi lambat?

Alasan utama mengapa PC tidak berfungsi cepat lagi sebagaimana mestinya adalah, setiap tahun software keluaran baru menuntut kebutuhan akan requirements yang lebih besar. Ambil contoh, OS untuk Win 98 membutuhkan memori sebesar 24MB dan HDD sebesar 200MB, sedangkan Win 7 membutuhkan memori sebesar 2GB dan HDD 20GB. Jadi, dengan requirements yang naik setiap tahun nya untuk setiap software, bagai mana PC tidak berjalan dengan sesuai yang kita harapkan?

Bagi kita, jika tidak meng-upgrade PC, maka kita tidak bisa mengikuti tuntutan spesifikasi software yang kita pakai. Banyak orang re-install OS mereka dan uninstall program yang tidak mereka butuhkan lagi, pada awalnya PC terlihat seperti baru lagi, namun tidak kalau sudah di install lagi dengan software software yang ada.

Ada yang memakai Registry Cleaners? Registry pada Windows berfungsi menyimpan segala informasi yang ada mengenai sistem dan seluruh program. Software yang menjanjikan dapat membuat PC berfungsi lebih cepat dengan cara membersihkan registry bisa saja menghapus informasi yang dapat mengarah kepada sitem atau program tidak dapat berjalan lagi sebagai mana mestinya, di sarankan untuk tidak memakai software tersebut.

optimalkanpcanda

Optimalkan PC Anda

Ada 4 cara mudah, membutuhkan waktu yang tidak lama namun membawa perubahan besar bagi kecepatan PC anda:

  1. Bersihkan cookies secara teratur pada web browser anda. Klik disini untuk melihat bagaimana cara membersihkan cookies untuk semua browser yang ada.
  2. Scan PC anda dengan software antivirus secara teratur minimal sekali dalam seminggu, jika anda menemukan ada malware pada PC anda, malware inilah yang memakan memori lumayan besar dan mengganggu kinerja PC.
  3. Selain membuat antivirus anda up to date, program lain yang membutuhkan update disarankan untuk segera di update. Banyak update dari software yang biasa kita acuhkan memiliki pembaruan baik dari segi penutupan security holes sampai kepada mengoptimalkan kinerja si PC itu sendiri.
  4. Batasi program yang berjalan di saat boot up PC, jika program yang berjalan di background terlalu banyak, hal ini akan memperlambat kinerja PC, non aktifkan program yang tidak terlalu penting bagi anda.