Panduan Memilih Kelas – Dragon Raja

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Dragon Raja#

Hingga tulisan ini dibuat, ada total 4 kelas yang bisa anda pilih di Dragon Raja yakni Blade Master, Soul Dancer, Assassin dan Gunslinger. Berikut detail dan rekomendasi kelas lebih lanjut untuk membantu anda yang masih bingung dalam memilih kelas yang cocok di dunia Dragon Raja:

Blade Master

Blade Master menggunakan dua buah senjata berupa pedang untuk menyerang musuh dalam jarak dekat atau bisa dibilang petarung spesialis Melee yang cukup kontras dengan Gunslinger yang dapat menyerang musuh dari jarak aman (jauh). Walaupun begitu, Blade Master memiliki stat defensive yang sangat tinggi sehingga membuatnya cukup sulit untuk ditaklukan begitu saja.

Saat Blade Master berada dalam mode Odachi, ia bisa menggunakan beberapa set skill baru termasuk Guard, Counter dan AoE Swipe yang dapat menghasilkan damage ke beberapa musuh sekaligus. Blade Master dapat bertindak sebagai Tank atau Melee DPS bergantung dari Gear yang anda pasang.


Blade Master direkomendasikan untuk pemain yang tidak ingin bertele-tele memikirkan strategi berikutnya dan merupakan pilihan yang cocok bagi pemain pemula. Blade Master juga cocok bagi anda yang suka menyerang musuh dari jarak dekat.


Soul Dancer

Walaupun peran Soul Dancer sebagai kelas support atau healer, jangan remehkan kekuatannya! Kemampuan Soul Dancer untuk memperoleh buff dan juga healing menjadikannya kelas yang cukup sulit untuk ditaklukan, hampir sama dengan Blade Master.

Soul Dancer dapat memanggil (summon) kembarannya Gemini untuk kemudian membantu di saat pertarungan berlangsung. Selain itu, ada juga beberapa skill yang dapat digunakan Gemini untuk menghasilkan damage ke musuh seperti Phase Shock yang menteleportasi Gemini ke area tertentu + menghasilkan damage AoE dan juga debuff.

Jika dibandingkan dengan Blade Master, Soul Dancer cukup sulit dipakai bagi pemain pemula. Anda perlu mempelajari skill kelas ini lebih dalam lagi agar bisa menggunakannya sebagaimana yang seharusnya.


Soul Dancer direkomendasikan untuk pemain yang menyukai role Support dan rindu untuk melakukan healing pada teman satu tim. Jika anda menyukai tantangan, anda bisa memilih kelas ini.


Assassin

Sama seperti Blade Master, kelas Assassin juga merupakan karakter Melee DPS yang berarti dapat menghasilkan damage dari jarak dekat. Namun bedanya, Assassin memiliki beberapa skill yang dapat menyerang lawan dari jarak jauh. Walaupun begitu, Assassin sangatlah lemah sehingga ia wajib bergantung pada taktik menghindari serangan lawan.

Kelas Assassin dapat berubah menjadi wujud bayangan, menggantikan skill yang bersifat Ranged ke Melee. Selain itu saat Assassin berubah, ia akan menandai musuh dengan Hunt Mark yang dapat mencegah musuh bersangkutan masuk ke dalam mode invisible sekaligus menurunkan Magic Defense.

Walaupun stat defense yang dimiliki Assassin tidak begitu besar, kelas ini merupakan kelas penghasil damage terbesar yang ada di dalam dunia Dragon Raja. Waktu cooldown untuk masing-masing skill yang dimilikinya pun dapat kembali digunakan secara instan jika Assassin berhasil membunuh musuh yang telah ditandai dengan Hunt Mark.


Assassin direkomendasikan untuk pemain yang menyukai taktik menghindar sekaligus melawan musuh dengan menggunakan strategi yang tepat. Walaupun tantangan yang akan anda hadapi sangatlah besar, kelas Assassin bisa jadi  sangat mematikan jika anda sudah benar-benar menguasainya.


Gunslinger

Gunslinger merupakan satu-satunya kelas yang fokus menyerang musuh dari jarak aman (jauh) dan kemampuan damage-nya hampir menyamai kelas Assassin. Sama seperti Blade Master, kelas Gunslinger merupakan kelas yang mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun!

Gunslinger dapat mengubah serangan basic attack-nya dari Dual Pistol ke Gatling Gun yang mampu memberikan damage dengan tingkat DPS yang tinggi. Selain itu, Gunslinger memiliki level energi seperti contoh skill Alpha-Practice Cannon yang dapat menggunakan energi yang telah diperoleh untuk kemudian menghasilkan damage.

Contoh lainnya, skill Wind Shot dapat memberikan damage + menandai musuh dengan Wind Marks. Penanda Wind Marks dapat menghasilkan damage tambahan jika meledak + memberikan pemulihan energi untuk Gunslinger. Perlu diketahui, wujud senjata Gatling Gun dapat anda akses setelah karakter mencapai level 30.


Gunslinger direkomendasikan untuk pemain yang ingin menghancurkan musuh dengan cepat tanpa bertele-tele. Perlu diperhatikan, kelas Gunslinger merupakan kelas murni DPS dan tidak dapat menjadi Tank layaknya kelas lainnya.


#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Dragon Raja#