Panduan Dasar Menanam Bibit – Harvest Town

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Harvest Town#

Tetumbuhan atau Crop di Harvest Town bisa anda tanam sendiri dari bibit atau seed yang dapat anda beli melalui Grocery. Selain itu anda juga bisa mendapatkan bibit dari Wild Crop atau tanaman liar yang ada di sekitaran kota. Beberapa Crop hanya tumbuh di musim tertentu saja sedangkan Magic Seed bisa anda tanam di musim apapun dan bisa anda beli melalui Mall.

Menyiram Tanaman

Agar tanaman bisa tumbuh dan dipanen hasilnya, anda perlu menyiramnya setiap hari. Pot merupakan alat yang digunakan untuk menyirami tanaman dan bisa anda upgrade untuk menyimpan lebih banyak air.

Sprinkler juga bisa anda tempatkan di lahan pertanian untuk menyirami tanaman secara otomatis. Peralatan Sprinkler seperti Farmer Sprinkler bisa anda buat sendiri melalui tab Crafting sedangkan Quality Sprinkler bisa anda temui di bagian Mall.

Scarecrow

Scarecrow atau orang-orangan sawah merupakan item yang bisa anda tempatkan di lahan pertanian. Kegunaan Scarecrow ini adalah mengurangi hasil panen yang dapat dirusak oleh burung gagak. Ada dua tipe Scarecrow di Harvest Town, Scarecrow yang umum bisa anda temukan di tab crafting sedangkan Demon Scarecrow bisa anda temukan di bagian tab Mall.

Quality

Kualitas crop dapat anda tingkatkan dengan cara menaikkan skill Farming. Semakin tinggi skill Farming yang karakter anda miliki juga akan mempengaruhi harga jual dari crop bersangkutan.

Panen

Beberapa crop jenis tertentu hanya bisa anda panen sekali sedangkan jenis crop lainnya bisa anda panen berkali-kali tanpa harus menanam kembali bibit. Jenis Crop yang bisa anda panen berkali-kali disebut dengan Multi Harvest. Multi Harvest adalah benih jadi dan sudah berbuah yang tidak perlu ditanam benih kembali untuk dipanen, ini berarti anda tinggal menyiramnya untuk kemudian dipanen kembali.

Pohon Buah

Pohon buah atau Fruit Tree berbeda dengan crop yang anda tanam. Anda bisa memanen buah-buahan yang dihasilkan pohon hingga anda memutuskan untuk menebangnya. Pohon buah tidak perlu disiram namun perlu diketahui, pohon buah memakan tempat atau area lebih besar yakni 3×3 petak. Selain itu, pohon buah memiliki jangka waktu panen yang rata-rata lebih lama dari crop pada umumnya yakni 15 hari dan hasil panennya bisa anda nikmati setiap 5 hari sekali.

Scale Powder

Scale Powder merupakan item yang dapat mempercepat pertumbuhan crop sehingga bisa lebih cepat panen. Jumlah Scale Powder bisa anda sesuaikan dengan keperluan. Misal, pohon buah membutuhkan waktu 15 hari untuk tumbuh total, jadi anda bisa menggunakan 15 Scale Powder untuk pohon buah tersebut agar bisa langsung panen.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Harvest Town#