Himbauan Bermain di Private Server & Implementasi CAS – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Tim Pearl Abyss telah meninjau situasi berkaitan dengan permasalahan beberapa Private Server yang menyediakan akses tidak berdasar ke dalam game Black Desert Online. Walaupun berbagai upaya telah dilakukan seperti penutupan akses dan menempuh jalur hukum yang berlaku, Tim Pearl Abyss memahami bahwasannya hampir tidak mungkin untuk menangani setiap kasus yang selalu ada dan muncul.

Apa itu Private Server?

Private Server yang dimaksud disini merupakan sebuah sarana penyedia layanan game ilegal yang telah dimodifikasi sedemikian rupa lalu kemudian di distribusikan tanpa persetujuan, perjanjian atau pemberian lisensi dari pihak Developer maupun instansi terkait pemilik game bersangkutan.

Segala bentuk operasional dari Private Server jelas merupakan tindakan yang ilegal dan melanggar ketentuan undang-undang hak cipta yang berlaku. Penggunaan layanan Private Server pun jelas merugikan dan merusak pengalaman bermain dari para petualang yang mengakses game Black Desert Online secara legal.

Menindaklanjuti hal ini, Tim Pearl Abyss berencana untuk mengimplementasikan sebuah fitur yang disebut dengan Client Authentication System (CAS) ke dalam game Black Desert Online mulai tanggal 7 November 2018. Penerapan sistem otentikasi ini tidak akan mempengaruhi gameplay bagi para petualang yang mengakses game secara legal.

Namun beberapa petualang mungkin akan mengalami beberapa kendala jika pengaturan waktu dari OS (Operating System) diubah secara paksa atau tidak sengaja. Jika hal ini terjadi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Windows 7

  • Buka Control Panel lalu pilih Clock, Language and Region
  • Pilih Date and Time
  • Pilih tab Internet Time lalu klik Change Settings
  • Centang pilihan ‘Synchronize with an internet time server’ lalu klik Update Now

Windows 10

  • Buka Settings
  • Pilih Additional Date, Time & Regional Settings di bagian kanan
  • Pilih Date and Time
  • Pilih tab Internet Time lalu klik Change Settings
  • Centang pilihan ‘Synchronize with an internet time server’ lalu klik Update Now

Jika anda masih memiliki kendala seperti ini dan tidak dapat masuk ke dalam game, hubungi Customer Service Black Desert Online. Jika anda mengetahui informasi mengenai Private Server yang melakukan aktivitas ilegal seperti yang telah dijelaskan diatas, anda juga bisa melaporkannya ke Customer Service Black Desert Online. Pemain yang melakukan segala tindakan berbau promosi atau tindakan ‘mengajak para petualang lama maupun baru’ untuk bermain ke Private Server akan ditindak tegas oleh Tim Pearl Abyss.

Yuk kita hargai dan dukung pihak developer dengan tidak bermain di Private Server!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#