Menggabungkan Processing dengan Trading – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Halo petualang! Anda bisa menghasilkan lebih banyak Silver dengan menggunakan dua atau lebih profesi ketimbang hanya satu. Kali ini kami akan memandu anda untuk menghasilkan lebih banyak Silver dengan cara menggabungkan Processing dengan Trading. Ya, memang sulit, namun semua jerih payah anda akan terbayarkan, percayalah!

Cara Mempersiapkan Processing dan Trading

Petama-tama, Trading. Ada dua rute yang disarankan untuk melakukan Trading yakni Trent ke Valencia dan Port Epheria ke Valencia. Dua rute ini memberikan Distance Bonus yang lumayan besar karena letaknya yang berjauhan dan oh, anda juga bisa mendapatkan Buff berupa Token of Desert Trading saat melewati Desert.

Ada pro dan kontra saat memulai Trading di kedua kota yang telah disebutkan diatas tadi. Agak sulit melakukan transport dari Trent namun Trent memiliki Distance Bonus paling tinggi. Sedangkan untuk Port Epheria, anda bisa menggunakan Cargo Ship dan mengirim item ke Ancado Inner Harbor yang berlokasi di utara Valencia, namun item-item tersebut memiliki Distance Bonus yang lebih kecil.

Lodgings, workbenches, shipping dan faktor lainnya harus dipertimbangkan sebelum memilih rute.

▲ Distance Bonus (%) antara Valencia dengan kota lainnya

Buff Token of Desert Trading merupakan faktor yang paling berpengaruh di dalam dunia Trading. Buff tersebut meningkatkan harga dari item bersangkutan sebesar 100%. Namun perlu diperhatikan, hanya 50% efek dari Token of Desert Trading saja yang diaplikasikan pada Trade Item yang tidak dijual oleh Trader.

Untuk mendapatkan Buff tersebut, anda harus menyelesaikan serial Quest. Skill Trade yang anda miliki harus berada di posisi Artisan untuk mendapatkan Quest bersangkutan. Quest dimulai dari Ashim, general good vendor yang ada di Ibellab Oasis. Setelah anda menyelesaikan Quest yang diminta, skill Trade anda kini harus berada di posisi Artisan Lv. 2 untuk mendapatkan Buff yang bisa anda terima di Pilgrim’s Sanctum: Sharing. Pastikan anda mencentang pilihan Life pada tipe Quest.

▲ Waspadalah! Anda dapat tersesat dan terkena efek status yang merugikan seperti Heatstroke dan Hypothermia

▲ Anda memerlukan 100 Energy untuk mendapatkan Buff

Sekarang mari kita bahas Processing. Kumpulkan material dengan cara mengirimkan Worker ke Node bersangkutan atau membeli langsung via Marketplace. Anda bisa memproses keseluruhan material yang telah dikumpulkan tadi dan memindahkan produk jadi ke dalam Storage.

Setelah itu, bungkus produk bersangkutan dengan cara membuka World Map lalu klik Workbench. Jendela baru berupa Manage Crafting akan terbuka dimana anda bisa memerintah Worker. Produk hanya dapat di pak atau dibungkus oleh Worker di Workbench pada Town tempat Storage anda berada.

▲ Anda membutuhkan Black Stone Powder untuk mulai mengepak produk

Langkah awal Processing adalah mengumpulkan material, anda bisa membelinya melalui Marketplace atau anda bisa mengirimkan Worker ke Node seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Memiliki Contribution Points yang banyak akan sangat berguna untuk membuka Node baru dan mengumpulkan material yang tentunya lebih banyak pula!

Pastikan juga anda memiliki Worker dengan Skill dan Grade yang baik agar mereka dapat bekerja secara efisien!

▲Cari Worker dengan Skill dan Grade terbaik melalui Work Administrator

Langkah selanjutnya adalah memproses material, anda tidak dapat memulai Processing jika tidak ada slot kosong dalam Inventory anda atau Weight Limit yang anda miliki melebihi batas yang telah ditentukan.

Jika anda tidak mau dibuat repot, anda bisa membeli Karki Suit (untuk karakter pria) atau Venecil Dress (untuk karakter wanita) yang dijual di Pearl Shop. Baju tersebut memungkinkan anda untuk menggunakan material yang berada di Storage dan menaikkan sedikit tingkat keberhasilan dari Processing.

▲ Terlihat cantik bukan?

Anda juga bisa mencoba Silver Embroidered Craftsman’s Clothes yang dapat dibuat di Costume Mill. Kostum tersebut dapat menaikkan tingkat kesuksesan dalam melakukan Processing dan mendapatkan EXP lebih banyak. Jika anda membutuhkan item bermanfaat untuk Trading, anda bisa membelinya melalui Luxury Vendors.

Mereka menjual Apprentice, Skilled dan Professional Trader’s Clothes. Kostum tersebut sangat berguna saat melakukan tawar menawar dengan Trader yang tentunya dapat menghemat energi.

▲Semakin tinggi level Enhancement, semakin besar tingkat kesuksesan dan EXP yang diperoleh

▲Apprentice Trader’s Clothes memberikan +1 (Skilled +2), (Professional +3) peluang tambahan saat proses tawar menawar berlangsung

Faktor lainnya adalah level Processing. Anda memiliki kesempatan untuk membuat lebih banyak item jika level Processing tinggi.

Tips Menjual Trade Item

1) Jika harga pasaran turun, jual ke orang lain!

▲ Valencia memiliki 2 Trader yang ada di gerbang bagian barat dan utara

2. Ganti server untuk melihat harga terbaik!

3. Anda tidak perlu pergi melalui Desert untuk mencapai Valencia

4. Semakin tinggi level Trading, semakin besar Bargain Bonus

Basic bargain bonus adalah 5% dan akan meningkat 0.5% per level trading

  • Beginner 1 = 5.5%
  • Apprentice 1 = 10.5%
  • Skilled 1 = 15.5%
  • Professional 1 = 20.5%
  • Artisan 1 = 25.5%

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#