Mengamati Dunia -24-

mengamati dunia becakmodern

Transportasi Ideal?

Becak telah digunakan di India selama puluhan tahun. Akan tetapi, majalah Outlook mengomentari bahwa becak belum juga berubah, masih memiliki ”struktur kayu yang berat, sasis besi tuangan yang besar, tempat duduk miring yang jelek, dan tidak ada persneling”. Dalam tahun-tahun belakangan, ada banyak yang menentang penggunaan becak karena tekanan yang dialami pengemudinya, yang biasanya adalah pria lanjut usia yang kurang gizi. Sekarang, mengingat polusi udara yang mencapai tingkat berbahaya di India, becak diberi kesempatan untuk terus ada. Sebuah firma di Delhi memperkenalkan desain yang menampilkan struktur yang jauh lebih ringan dan ramping sehingga mengurangi tekanan angin, sistem persneling yang sangat memperingan kayuhan, sadel yang ergonomis, pegangan yang tidak mengakibatkan salah urat, dan tempat duduk penumpang yang lebih luas dan nyaman. Menurut T. Vineet, pimpinan proyek ini, ”[becak baru] ini cocok dengan atmosfer politik dan sosial yang sekarang, sewaktu hak asasi manusia dan lingkungan hidup bebas polusi sedang ramai-ramainya didengungkan”. Kata majalah Outlook, ”Becak yang sederhana ini dapat menjadi alat transportasi ideal di abad ke-21.”

surat

Surat Tak Tergantikan

Hingga hari ini, ”teknologi belum berhasil menggantikan pengaruh dari surat”, kata surat kabar Le Figaro. Pada Tahun 1999, kantor pos Prancis mengirimkan suatu rekor 25 miliar surat. Di antaranya, 90 persen adalah surat bisnis, dan hanya 10 persen adalah surat pribadi. Hampir setengah dari semua surat itu melampirkan iklan, dan 98 persen responden mengaku membacanya dengan saksama. Setiap hari, 90.000 tukang pos di Prancis, yang 40 persennya wanita, melakukan lebih dari 72.000 putaran rute untuk mengirimkan 60 juta pucuk surat yang diposkan setiap harinya.

perusahaan asuransi

Perusahaan Asuransi Khawatir

Surat kabar Prancis Le Monde melaporkan bahwa tahun 1999 adalah ”tahun sial bagi perusahaan asuransi”. Bencana-bencana alam pada tahun 1998 menyebabkan kerusakan sebesar 90 miliar dolar AS, dan 15 miliar dolar diganti oleh perusahaan asuransi. Akan tetapi, tahun 1999—yang ditandai oleh gempa bumi di Turki dan Taiwan, taifun di Jepang, banjir di India dan Vietnam, dan bencana-bencana lainnya—bisa-bisa semakin merugikan perusahaan-perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi khawatir melihat cenderung meningkatnya bencana besar di daerah padat penduduk. Sebuah perusahaan asuransi terkemuka di dunia memperingatkan terhadap ”dampak yang menghancurkan” dari pemanasan global dan ”konsekuensi kegiatan manusia terhadap keadaan iklim”.

gunungeverest

Gunung Everest Tambah Tinggi

”Gunung Everest, yang tertinggi di dunia, ternyata lebih tinggi daripada perkiraan para ilmuwan sebelumnya, dan masih terus bertambah tinggi,” kata sebuah laporan Reuters baru-baru ini. ”Dengan sistem satelit yang canggih, para pendaki mengukur ketinggian Everest, yakni 8.850 meter—sekitar 8,9 kilometer . . . Ini berarti 2 meter lebih tinggi daripada pengukuran resmi sebelumnya, 8.848 meter, yang dilakukan pada tahun 1954.” Pengukuran yang baru ini adalah ketinggian dari puncak yang tertutup salju. Ketinggian dari puncak gunung yang sebenarnya, di bawah salju, masih belum diketahui. National Geographic Society sedang menyesuaikan pengukuran itu pada peta mereka. Selain bergerak ke atas, gunung ini—sebenarnya seluruh barisan pegunungan Himalaya—sedang bergerak ke arah timur laut, menuju Cina, sejauh 1,5 hingga 6 milimeter setiap tahun.

From Watchtower Publications 22nd Jun, 2000