Panduan Alchemy Stone – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Alchemy Stone merupakan sebuah item yang dapat anda masukkan ke dalam slot Equipment. Saat diaktifkan, Alchemy Stone dapat memberikan efek positif dalam periode waktu tertentu. Anda hanya dapat memasukkan 1 buah Alchemy Stone saja dalam satu waktu.

Namun demikian, anda tetap bisa mengganti Alchemy Stone kapanpun anda mau. Ada tiga buah tipe Alchemy Stone yakni Destruction, Protection dan Life. Anda akan menerima AP, DP atau Life skill bergantung dari jenis Alchemy Stone saat anda mengaktifkannya. Efek dan kualitas yang diperoleh pun bergantung dari Grade dan Level dari Alchemy Stone. Terdapat 4 Grade dan 8 Level tersedia untuk Alchemy Stone.

Crafting Alchemy Stone merupakan tahap akhir dari Alchemy Skill. Tidak hanya sulit untuk melakukan crafting Alchemy Stone namun juga sukar untuk menaikkan Grade dan Level dari Alchemy Stone. Pastikan anda mempelajari dasar Alchemy sebelum crafting Alchemy Stone.

Crafting Alchemy Stone

Opsi untuk melakukan crafting Alchemy Stone tersedia bagi petualang yang telah mencapai Alchemy Skilled 1. Anda membutuhkan Alchemy Tool dan material yang diminta untuk crafting Alchemy Stone. Material penting yang dibutuhkan untuk crafting Alchemy Stone adalah Shining Powder.

Shining Powder bisa anda dapat dari hasil proses Alchemy Elixir, Crystal, Oil, Blood atau item lainnya. Selain Shining Powder, anda juga membutuhkan Sinner’s Blood, Powder of Time, Pure Powder Reagent dan Clear Liquid Reagent.

Anda akan menerima Destruction, Protection atau Life Alchemy Stone dari hasil crafting Alchemy yang sukses. Jika anda mendapatkan Broken Alchemy Stone Shard, anda bisa menjualnya seharga 5,000 Silver Coin. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda bisa crafting Alchemy Stone saat mencapai tingkat Alchemy Skilled 1. Namun tingkat kesuksesan anda dalam melakukan crafting Alchemy Stone bergantung dari level Alchemy yang anda miliki. Semakin tinggi level Alchemy, semakin besar tingkat kesuksesan anda melakukan crafting Alchemy Stone.

▲ Petualang dengan Alchemy Skilled level 1 dapat melakukan crafting Alchemy Stone. Tingkat kesuksesan crafting Alchemy Stone bergantung dari level Alchemy

Alchemy Stone Grade & Level

Grade dari Alchemy Stone dapat dibedakan dari warna sedangkan level-nya dapat dilihat dari awalan kata yang mengiringi Alchemy Stone. Jangan kecewa saat anda mendapatkan Grade atau level Alchemy Stone yang rendah. Anda bisa menggunakan fitur Polishing dan Growth untuk meningkatkan Grade dan Level.

Susunan grade terendah hingga tertinggi dari Alchemy Stone diurut seperti dibawah ini:

  • Hijau
  • Biru
  • Kuning

Sedangkan susunan level terendah hingga tertinggi dari Alchemy Stone disusun seperti dibawah ini:

  • Rough
  • Polished
  • Sturdy
  • Sharp
  • Resplendent
  • Shining

▲ Meskipun sulit untuk di craft, Grade dan Level tertinggi dari Alchemy Stone akan sangat bermanfaat!

Mengaktifkan Alchemy Stone dan Recharge

Setelah memasukkan Alchemy Stone ke dalam slot Equipment, tekan U untuk mengaktifkan Alchemy Stone. Durability dari Alchemy Stone akan berkurang 1 poin setiap kali anda mengaktifkannya. Efek durasi dari Alchemy Stone berjenis ‘Destruction’ dan ‘Protection’ adalah 3 menit dan waktu Cooldown-nya pun 3 menit.

Sedangkan untuk Alchemy Stone berjenis ‘Life’ memiliki efek durasi dan waktu Cooldown masing-masing 10 menit. Setelah anda memasukkan Alchemy Stone bersangkutan, masuk ke Inventory (tekan I) lalu cek halaman Equipment. Cek kotak boks sebelah Alchemy Stone untuk mengaktifkan Auto Mode. Saat Auto Mode diaktifkan, Alchemy Stone akan secara otomatis diaktifkan kembali saat waktu Cooldown telah habis.

Anda bisa menggunakan fitur Recharge untuk mengembalikan Durability Alchemy Stone yang telah hilang menggunakan Oil, Blood dan Reagent. Jumlah Oil yang dibutuhkan bergantung dari level Alchemy Stone. Tidak ada pernyataan khusus mengenai jenis Oil dan Blood yang digunakan jadi anda bisa memperoleh Oil dan Blood jenis apapun dan mendapatkan materialnya dengan mudah.

▲ Masuk ke Inventory (tekan I) lalu pilih Alchemy. Jumlah material yang dibutuhkan untuk melakukkan Recharge bergantung dari nilai Durability yang hilang

Fitur Polishing & Growth

Sebelum anda bisa menggunakan fitur Growth, anda perlu menggunakan fitur Polishing terlebih dulu untuk meningkatkan EXP dari Alchemy Stone sebesar 80%-150%. Alasannya, fitur Growth hanya dapat digunakan saat EXP dari Alchemy Stone telah mencapai 80% atau lebih. Semakin tinggi EXP Alchemy Stone, semakin besar peluang sukses saat menggunakan fitur Growth.

Untuk melakukan Polish Alchemy Stone berjenis Destruction, anda membutuhkan Pure Ore. Untuk melakukan Polish Alchemy Stone berjenis Protection, anda membutuhkan Sturdy Plywood. Sedangkan untuk melakukan Polish Alchemy Stone berjenis Life, anda membutuhkan Special Crops.

▲ Gunakan fitur Polishing untuk meningkatkan EXP dari Alchemy Stone. Masing-masing Alchemy Stone membutuhkan material yang berbeda-beda

Setelah EXP dari Alchemy Stone berada di atas 80%, anda bisa menggunakan Black Stone (Weapon) untuk melakukan proses Growth. Saat proses Growth berhasil, Grade atau Level dari Alchemy Stone akan berubah. Bahkan Grade dan Level bisa berubah bersamaan dengan tingkat peluang yang kecil.

Saat anda berhasil meningkatkan Grade atau Level dari Alchemy Stone, EXP dari Alchemy Stone bersangkutan akan kembali ke 0%.

Alchemy Stone levelAlchemy Skill Level
Imperfect Alchemy StoneApprentice level 1
Rough Alchemy StoneApprentice level 1
Polished Alchemy StoneSkilled level 1
Sturdy Alchemy StoneProfessional level 1
Sharp Alchemy StoneArtisan level 1
Resplendent Alchemy StoneMaster level 1
Splendid Alchemy StoneGuru level 1

Grade dari Alchemy Stone tidak akan turun saat gagal dalam proses Growth. Namun Level dari Alchemy Stone dapat menurun setelah proses Growth gagal dilakukan. Saat melakukan Growth pada Alchemy Stone dengan Level Resplendent atau Splendid, Alchemy Stone dapat mengalami kehancuran jika proses Growth gagal.

Anda akan kehilangan setengah dari total EXP Alchemy Stone jika gagal dalam proses Growth. Misal jika Alchemy Stone memiliki 150% EXP dan ia gagal dalam proses Growth, maka EXP-nya akan berkurang menjadi 75%. Jika Alchemy Stone memiliki 80% EXP dan ia gagal dalam proses Growth, maka EXP-nya akan berkurang menjadi 40%.

▲ Melakukkan proses Growth tidaklah mudah

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#