Panduan Guild Mounts – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Guild Mount tidak dimiliki oleh perseorangan melainkan sebuah Guild. Setiap petualang yang telah menjadi bagian dari sebuah Guild dapat menggunakan Guild Mount jika Guild bersangkutan memilikinya. Intinya, Guild Mount sangat bermanfaat digunakan oleh anggota Guild.

Contoh, salah satu bagian dari Guild Mount adalah gajah. Mereka memiliki peranan penting saat Node War dan Conquest War. Gajah dapat digunakan untuk menghancurkan barikade dan bangunan pertahanan milik musuh. Lantas bagaimana cara mendapatkan Guild Mount? Mari simak cara mendapatkan Guild Mount di Black Desert Online berikut ini!

Mendapatkan Guild Mount

Untuk mendapatkan Guild Mount, anda perlu menyelesaikan sebuah Quest spesial atau memenangkan lelang untuk mendapatkan ijin Guild House dan memiliki Guild Skill. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara mendapatkan gajah untuk dijadikan Guild Mount.

  • Cara Mendapatkan Gajah I – Quest

Salah satu cara untuk mendapatkan gajah untuk kemudian dijadikan Guild Mount adalah dengan memulai Quest bernama ‘[Guild] Gathering everyone’s strength’ yang hanya dapat diselesaikan oleh Guild Master. Jika anda seorang Guild Master, anda bisa menerima Quest ini dengan cara membuka daftar Quest (tekan ‘O’) dan pilih tab ‘Suggested’.

Quest ini kemudian akan berlanjut ke ‘[Guild] Gathering strength once again’ dan ‘[Guild] Our Guild’s Capability’. Setelah semua Quest diselesaikan, anda akan mendapatkan ‘[Guild] Registration: Valencia Elephant’. Guild dapat memiliki maksimal hingga 3 ekor gajah sekaligus.

▲ Anda bisa memulai Quest untuk mendapatkan [Guild] Registration: Valencia Elephant dengan berbicara pada Yan di Valencia

  • Cara Mendapatkan Gajah II – Guild House

Cara lainnya untuk mendapatkan gajah adalah dengan cara memiliki Guild House melalui lelang dan membuka Elephant Nursery. Anda membutuhkan Guild Skill bernama Monstrous Force untuk membuka Nursery bersangkutan. Lelang Guild House wilayah Valencia diadakan di ibukota Valencia dan Sand Grain Bazaar.

Guild Master wajib membuka Elephant Nursery di Guild House untuk membesarkan seekor gajah. Anggota Guild dapat membantu membesarkan gajah dengan cara mengirimkan Worker ke Guild House.

Lelang Guild House

  1. Acara lelang dimulai setiap hari Jumat pukul 06:00 PM dan berakhir 24 jam setelahnya
  2. Hanya Guild Master yang dapat melakukan penawaran di acara lelang. Guild Master dapat memasang penawaran melalui Guild House Manager yang ada di kota Olvia, Valencia, Heidel, Calpheon, Altinova, Sand Grain Bazaar dan Valencia
  3. Harga penawaran awal ditentukan dari harga pemilik Guild House sebelumnya. Jika tidak ada Guild Master yang menawarkan harga untuk sebuah Guild House maka harga penawaran awal akan turun sebesar 50%. Guild Master wajib menarik penawaran yang telah dibuat sebelum menawarkan harga baru
  4. Guild Master dapat melakukan penawaran hingga maksimal 3 kali. Guild Master tidak dapat melakukan penawaran lebih dari satu Guild House saat acara lelang berlangsung
  5. Acara lelang ini merupakan lelang dengan sistem Blind. Artinya, anda tidak dapat mengetahui nominal penawaran harga yang ditawarkan oleh Guild Master lainnya. Sebuah notifikasi akan muncul jika anda memenangkan lelang atau tidak
  6. Surat akan dikirim ke Guild Master yang memenangkan lelang. Biaya akan dikenakan sebesar 5% dari total nominal harga yang anda pasang dan dibayarkan setiap harinya (tengah malam) menggunakan Guild Fund
  7. Waktu lelang akan diperpanjang 1 menit setiap saat seseorang memasang harga penawaran 2 menit sebelum acara lelang berakhir. Waktu lelang akan diperpanjang 24 jam jika tidak ada seorangpun yang memasang harga pada sebuah Guild House. Anda bisa menggunakan fasilitas Guild House hingga acara lelang Guild House selanjutnya berlangsung

▲ Acara lelang Guild House merupakan acara yang mendebarkan karena tidak ada yang tahu siapa memasang berapa!

Menjinakkan Gajah

Setelah mendapatkan Guild House yang diinginkan, anda perlu menjinakkan seekor bayi gajah dan membesarkannya. Bayi gajah dapat ditemukan di wilayah Valencia. Cara menjinakkan bayi gajah sama persis seperti cara menjinakkan seekor kuda.

Gunakan Rope lalu klik kiri untuk melemparkannya ke arah gajah dan mengikatnya. Lalu gunakan tombol arah untuk maju ke hadapan bayi gajah. Pastikan anda menekan tombol spasi secara kontinu agar dapat menenangkan si bayi gajah saat ia menaikkan kaki depannya.

Sesaat setelah anda berada dekat dengan bayi gajah, buka Inventory dan beri ia ‘[Guild] Desert Peanut’ sampai si bayi gajah terpuasakan. Anda bisa membeli Peanut melalui Guild Stable Keeper menggunakan Guild Fund. Anda dikatakan berhasil menjinakkan sang bayi gajah jika ia tidak menendang atau berlari.

Bayi gajah akan mengikuti jika anda berhasil menjinakkannya. Bawa ke Guild Stable Keeper dan klik tombol Register. Bayi gajah akan ditukarkan dengan sebuah item yang dapat digunakan untuk keperluan Guild Crafting. Item bersangkutan akan muncul di dalam Inventory anda.

▲ Si bayi gajah imut akan melawan percobaan penangkapan yang anda lakukan

Setelah mendapatkan bayi gajah yang diinginkan, anda bisa menempatkannya di Guild Storage dan memerintah Worker yang dimiliki untuk kemudian membesarkannya. Perlu diketahui, anda tidak dapat membesarkan bayi gajah sebelum anda mendaftarkannya.

Material lainnya yang dibutuhkan dapat dibeli dari Guild Shop. Anda bisa melakukan crafting gajah melalui proses spesial yang diberi nama Guild Manufacture. Proses ini hanya dapat dilakukan di Guild House.

Berikut adalah material yang dibutuhkan untuk memperoleh Valencia Elephant:

  • [Guild] Clearance Request x250
  • [Guild] Baby Elephant x1
  • [Guild] Water for Elephant x400
  • [Guild] Elephant Food x850
  • [Guild] Elephant Cage Parts x800
  • [Guild] Timber for Fixing the Cage x600

Berikut adalah material yang dibutuhkan untuk memperoleh Cadria Elephant:

  • [Guild] Clearance Request x450
  • [Guild] Registration: Valencia Elephant x1
  • [Guild] Cadria Elephant Drinking Water x480
  • [Guild] Cadria Elephant Food x960
  • [Guild] Restoration of Cadry’s Forbidden Book x700
  • [Guild] Old Moon Magic Neutralizer x700

▲ Anda bisa menyaksikan sang gajah tumbuh dari waktu ke waktu!

▲ Beberapa material yang dibutuhkan hanya dapat dibuat di dalam Guild House melalui Guild Manufacturing

Gajah yang telah tumbuh besar akan disimpan ke dalam Guild Storage untuk registrasi. Bawa ke Guild Stable Keeper lalu daftarkan gajah bersangkutan. Gajah yang telah dibesarkan dapat memberikan dampak yang sangat besar di medan perang.

Cadria Elephant

Anda membutuhkan ‘[Guild] Registration: Valencia Elephant’ jika ingin membesarkan Cadria Elephant (Tier 2). Jadi jangan daftarkan Valencia Elephant saat anda berhasil mendapatkannya. Registration tersebut merupakan salah satu material untuk membuat Cadria Elephant.

Memang tidak murah untuk membesarkan Cardia Elephant namun ia memiliki kecepatan yang lebih gesit, HP yang lebih banyak, akselerasi yang lebih baik, Handling, Brake dan Physical Ability. Cardia Elephant juga memiliki 3 Skill yang bermanfaat jika digunakan di medan pertempuran, jika anda beruntung. Jika tidak, anda hanya akan mendapatkan Cardia Elephant dengan 1 Skill saja.

▲ Lihat penampilan Cadria Elephant! Menakutkan bukan?

Menggunakan Guild Mount

Membuat Guild Mount merupakan proses yang bisa dibilang sulit. Guild Mount tentu saja dibuat dari pengorbanan dan dukungan anggota Guild. Gajah yang telah berhasil dibuat akan sangat membantu anda dalam memperoleh kemenangan di Node dan Siege War.

Gajah yang dimiliki dapat digunakan sebagai alat pertahanan maupun menyerang saat Node dan Siege War berlangsung. Mereka dapat secara efektif menghancurkan barikade dan bangunan pertahanan musuh. Gajah juga dapat menghalangi akses musuh jika ia memiliki Skill ‘Fore Chop’.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#