Panduan Trading Lanjutan (1) – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Trade Quests

Trade Quest pada umumnya adalah Quest dari Trader yang meminta anda untuk menjual sebagian dari Trade Item mereka. Trade Quest dapat dibagi ke dalam dua kategori. Pertama, menjual Trade Item tertentu dan bicara ke Trade NPC yang ada di wilayah lain. Kedua, menjual Trade Item dan mencapai jumlah keuntungan yang telah ditentukan.

Sebelum melakukan Trade Quest, ada baiknya untuk memutuskan sambungan Node yang telah anda sambungkan sebelumnya agar dapat menyelesaikan Quest dengan cepat. Quest Reward terbagi ke dalam tiga tingkat bergantung dari jauhnya jarak.

Pertama, traveling ke lokasi yang berada di satu teritorial yang sama memiliki Reward kecil. Kedua, traveling ke lokasi di teritorial lain yang berdekatan memiliki Reward lebih baik. Ketiga, traveling ke lokasi di teritorial yang jauh memiliki Reward paling baik.

Rewards dari Trade Quest biasanya adalah Contribution Points, Trade Item Exchange Ticket, berbagai jenis Currency dan lain sebagainya.

Shiny Golden Seal – [Calpheon Trade]Shiny Golden Seal – [Mediah Trade]
Exchange x100Magic HoeExchange x230High-Quality Noble Wagon Cover
Exchange x200Fishing Boat Cargo Container of AbundanceExchange x240Leather Saddle of Fighting Spirit
Exchange x230Leather Saddle of Fighting SpiritExchange x450Ancient Artifact China

Trade Routes

Untuk melakukan aktivitas Trading secara efisien, disarankan untuk melalui rute yang telah ditentukan. Untuk Trading diantara node yang kecil, tentukan rute berdasarkan slot Inventory yang transportasi anda miliki. Jika Mount anda memiliki 5-6 Inventory Slot, disarankan untuk melalui rute 30 menit bulak balik dua kali dalam satu jam. Jika Mount anda memiliki lebih dari 10 Inventory Slot, disarankan untuk melalui rute 1 jam.

Mengikuti rute yang telah ditetapkan juga memiliki kelebihan tersendiri. Anda bisa membeli Trade Item dengan harga yang relatif rendah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Perlu diketahui, masing-masing Trade Item memiliki durasi yang berbeda sebelum harga dari Market kembali ke harga yang stabil. Trade Item dengan harga yang mahal memiliki kecenderungan untuk kembali ke harga stabil lebih cepat.

Jika anda belum memiliki rute Trading, anda bisa melihat rekomendasi rute berikut ini:

▲Jika anda ingin melakukan aktivitas Trading sambil menjalankan Trade Quest, disarankan untuk memutuskan node yang telah terhubung sebelumnya diluar rute.

Balenos Routes

Velia – Finto Farm – Velia – Balenos Forest – Bartali Farm – Marino Farm – Toscani Farm – Western Guard Camp – Olvia – Western Guard Camp – Loggia Farm – Velia

Rute ini memang terlihat panjang namun hanya butuh waktu 30 menit dengan Wagon yang memiliki 100 Movement Speed. Rute ini direkomendasikan bagi pemain yang baru saja menginjakkan kakinya di dunia Trading dengan menggunakan Donkey atau Flimsy Wagon. Jangan lupa untuk sekalian menyelesaikan Trade Quest!

Salah satu tips dalam membeli Trade Item adalah mencampurkannya dengan Trade Item yang mahal. Sebagai contoh, jika node Trade memiliki 4 stok untuk item A dan 6 stok untuk item B, disarankan untuk membeli 2 dari 4 stok item A dan 3 dari 6 stok item B.

Serendia Route

Heidel – Alejandro Farm – Northwest Gateway – Glish – Southwestern Gateway – Glish – Southern Guard Camp – Eastern Gateway – Moretti Plantation – Northern Cienaga – Central Guard Camp – Costa Farm – Heidel

Disarankan untuk masuk ke wilayah Serendia saat Trade Level anda mencapai 20. Jika anda belum upgrade Mount, lebih baik anda memilih rute Serendia. Namun jika Mount anda memiliki lebih dari 10 Inventory Slot, disarankan untuk menghubungkan Heidel dengan Velia dari rute Balenos.

Jika anda telah menghubungkan rute Balenos dan Serendia, pastikan anda selalu melihat informasi Imperial Delivery dan jangan sampai melwatkan kesempatan untuk mengantar Trade Item antara Velia dan Heidel.

Serendia – Calpheon City Route

Heidel – Glish – Keplan – Calpheon East Gate – Calpheon North Gate – Northern Wheat Plantation – Florin – Delphe Knights Castle – Heidel

Rute ini dapat anda jalankan kurang dari 30 menit karena banyak Trade Item dan Stok tersedia di Town. Rute ini khusus bagi anda yang telah mencapai Trade Level 40. Anda perlu membeli Trade Item yang mahal disini namun pastikan juga anda mencampurnya dengan Trade Item lain. Imperial Delivery tersedia di Heidel dan Glish untuk wilayah Serendia dan juga Calpheon, Keplan dan Florin untuk wilayah Calpheon.

Costal Cliff Route

Velia – Olvia – Florin – Epheria

Rute ini dapat menyelesaikan Trade Quest yang ada di wilayah Balenos dan Calpheon. Rute ini cocok bagi anda yang telah mencapai Trade Level 35 dan sangat baik untuk mendapatkan Contribution Points lebih banyak.

Eastern Calpheon Route

Calpheon South Gate – Oberen Farm – Beacon Entrance Post – Trina Fort – Keplan – Marni Cave Path – Falres Dirt Farm – Dias Dirt Farm – Northern Wheat Plantation – Bernianto Farm – Anti-Troll Fortification – Contaminated Farm – Calpheon North Gate – Calpheon East Gate

Anda dapat memperoleh Trade EXP yang sangat banyak melalui rute ini karena rute ini memiliki Trade Item paling berlimpah. Rute ini memakan waktu kurang lebih 30 menit dan direkomendasikan untuk anda yang telah mencapai Trade level 40. Direkomendasikan untuk menggabungkannya dengan Imperial Delivery dari wilayah Serendia atau rute Serendia.

Southern Calpheon Route

Calpheon South Gate – Oberen Farm – Bain Farmland – Phoniel’s Cabin – Behr – Crio – Longleaf Tree Sentry Post – Trent – Tobare’s Cabin – Mansha Forest – Rhutum Sentry Post – South Kaia Ferry – North Kaia Ferry – Gabino Farm – Calpheon South Gate

Rute di bagian barat daya Calpheon ini memakan waktu kurang lebih 30 menit. Meskipun rutenya linear, kondisi jalan tidak baik dan Contribution Points yang dibutuhkan sangat banyak. Rute ini tidak direkomendasikan kecuali anda sedang melakukan Trade Quest.

Mediah Route

Altinova – Abun – Splashing Point – Kasula Farm – Tarif – Stonetail Horse Ranch – Shuri Farm – Kusha – Omar Lava Cave – Altinova

Rute ini sangat baik bagi anda yang menginginkan Trade Item berkualitas tinggi. Meski lebih efisien ketimbang rute Calpheon, disarankan untuk fokus di Imperial Delivery ketimbang Trading normal.

Mediah – Calpheon Imperial Delivery Route

Anda perlu mengatur berbagai rute yang berbeda bergantung dari Trade Item yang dapat anda antarkan. Trade Item di Balenos memiliki harga yang relatif rendah jadi lebih baik dihindari. Coba rute bulak balik antara Mediah dan Calpheon dan singgah di node terdekat seperti Heidel atau Glish. Rute yang paling efisien adalah saat anda melakukan Delivery antara wilayah Mediah – Serendia – Calpheon.

Tips Menaikkan Trade Level

Anda bisa menerima Trade EXP dengan jumlah yang banyak saat anda menjual Trade Item yang anda beli dari Trader. Sebaliknya, Fish dan Craft Crate memberikan lebih sedikit Trade EXP. Trade EXP meningkat seiring dengan jarak yang anda tempuh.

Disarankan untuk memulai rute Velia – Heidel dan kemudian Olvia atau Glish. Setelah itu cobalah rute Calpheon – Keplan – Epheria. Terakhir, lakukan aktivitas Imperial Delivery dan cobalah untuk mendapatkan Silver dan EXP sebanyak yang anda mampu!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#