FAQ Game Content – Black Desert Online Bagian 2

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

[PERHATIAN: Cek juga FAQ Game Content – Black Desert Online Bagian 1]

26) Apa yang dimaksud dengan Guild Skill?

Guild Skill merupakan efek yang bisa didapatkan oleh semua anggota Guild. Ada dua tipe Skill, pasif dan aktif. Efek ini memiliki fungsi secara terus menerus dalam periode waktu tertentu.

Passive Skill

  • Combat – Skill yang menaikkan Accuracy, Attack Power, Maximum HP, Damage Reducing Skills dan Skill yang meningkatkan Siege Weapon Damage Resistance.
  • Life – Skill yang menaikkan level Gathering, Fishing dan menurunkan kemungkinan rusaknya Trade Item

Active Skill

  • Experienced Cry – Skill yang meningkatkan maksimum XP yang didapat untuk anggota Guild dalam kurun watu tertentu
  • Call of the Lord – Skill yang dapat memanggil seluruh anggota Guild ke lokasi dimana Guild Master berada + meningkatkan EXP combat dan life sebesar 10%

Saat menggunakan Guild Skill, anda memmerlukan Guild Pledge of Blood

27) Apakah Fee dibebaskan jika saya menjual Cash Item di Marketplace?

Anda tidak perlu membayar Fee saat anda menjual Cash Item di Pearl Shop untuk pertama kalinya. Anda bisa melihat informasi Fee di icon bertanda T pada item yang anda beli. Pengecualian untuk Value Package (Marketplace Collection +30%).

28) Saya tidak dapat membeli item yang sudah saya pre-order di Marketplace!

Pemain yang melakukan pre-order dengan harga yang paling tinggi akan mendapatkan item yang ia inginkan. Jika anda sangat menginginkan Item yang anda incar, pasang harga lebih tinggi. Anda bisa membatalkan pre-order di bagian Manage Pre-Order dan anda bisa mendapatkan Silver anda kembali.

29) Saya ingin membeli item tertentu namun tidak dapat menemukannya di Shop!

Jika anda tidak menemukan item yang anda inginkan melalui NPC, coba cek di Marketplace. Tidak ada sistem Trade antar pemain di Black Desert Online namun anda bisa melakukan Trade dengan semua pemain melalui Marketplace. NPC yang mengurus Marketplace bisa anda temui di Town seperti Velia, Heidel, Calpheon dan Valencia City. Jika anda memilih untuk membeli item menggunakan Silver yang ada di Storage, Silver yang diambil adalah Silver yang berasal dari Storage yang ada di Town tersebut.

30) Bagaimana cara membatalkan Contribution Points yang telah saya investasikan ke Storage atau Residence?

Klik rumah yang ingin anda jual dan klik tombol Sell.

  • Buka World Map (M)
  • Klik Town atau City tempat dimana anda membeli Storage
  • Klik rumah yang anda jadikan Storage

31) Apakah saya bisa memindahkan batasan Weight ke karakter saya yang lainnya?

Batasan Weight dari item yang menaikkan Weight terikat (bound) dengan karakter anda. Jadi anda tidak bisa memindahkan batasan Weight ke karakter anda yang lainnya.

32) Apa yang dimaksud dengan Character Transport?

Jika anda memilih fitur Transport pada jendela Disconnect, anda bisa memindahkan karakter ke lokasi yang anda inginkan. Fitur ini hanya tersedia di Village atau Town. Untuk menggunakan fitur Transport, anda perlu mengunjungi Town tertentu paling tidak sekali. Anda tidak bisa melakukan transport ke Town yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Jika anda berada di dalam Desert, anda bisa berpindah di sekitar area Desert.

Anda bisa menggunakan fitur Transport dengan gratis. Karakter anda akan dipindahkan saat anda bermain dengan karakter lainnya. Jika anda mengklik Transport, karakter yang anda pakai saat ini akan disconnect dan anda akan memakai karakter lainnya yang anda miliki.

Transport memakan waktu 60 menit. Anda tidak dapat memakai karakter tertentu sebelum proses Transport selesai. Jika anda tidak memiliki karakter lainnya, fitur Transport tidak dapat digunakan.

33) Karakter saya berjalan sangat lambat!

Jika tiba-tiba karakter anda berjalan sangat lambat, cek apakah ada peringatan di bagian Weight (pojok kanan atas layar). Jika anda membawa banyak item dan Silver melebihi kapasitas Weight, karakter anda akan berjalan lambat dan tidak akan bisa melompat.

Jual atau simpan item yang tidak anda butuhkan dan simpan beberapa Silver ke dalam Storage yang ada di Town.

34) Apakah ada sistem panduan atau navigasi yang dapat membantu saya mencapai lokasi tertentu?

Ada. Anda bisa menentukan tujuan atau destinasi yang anda inginkan dengan cara klik kanan lokasi pada World Map. Setelah menentukan tujuan, tekan T pada keyboard, karakter anda akan berjalan secara otomatis ke lokasi yang telah ditentukan.

35) Bagaimana cara mengambil screenshot di Black Desert Online?

Tekan Print Screen pada keyboard. Screenshot yang anda ambil akan tersimpan ke dalam folder Documents\Black Desert\ScreenShot.

Tips untuk mengambil gambar lebih bagus:

  • Menghilangkan UI

Tekan Ctrl + U untuk menghilangkan UI pada layar. Anda bisa mengaktifkan kursor mouse dengan menekan tombol Ctrl dan mengubah arah kamera dengan tombol (↑←↓→). Perlu diingat, anda tidak dapat menggunakan Quick Slot Skills, Item yang ada di Inventory atau Hotkey saat UI dalam keadaan tidak aktif.

  • Depth of Field

Bagaimana jika anda ingin fokus mengambil gambar karakter? Centang pilihan Depth of Field yang ada di jendela Option lalu hilangkan UI dengan menekan tombol Ctrl + U. Jika anda menginginkan latar belakang yang lebih jelas, jangan centang Depth of Field tadi.

  • Photo Filter

Anda bisa membuat gambar yang anda hasilkan lebih cantik dengan Option Photo Filter. Bahkan anda bisa menambahkan efek juga lho!

36) Saya ingin melihat jendela chat tertentu!

Anda bisa mengelompokkan Chat tertentu di bagian jendela Chat yang ada di sebelah kiri layar. Klik icon + yang ada di bagian atas jendela Chat untuk memisahkannya dari jendela Chat dan memindahkannya ke lokasi yang anda inginkan melalui Menu Edit UI. Anda bisa mengelompokkan jendela Chat ke berbagai bagian seperti Party, Guild, Channel dan lain sebagainya.

37) Bagaimana cara mengubah tampilan UI (User Interface)?

Anda bisa menemukan tombol Edit UI dengan menekan (ESC). Saat berada di mode Edit UI, tempatkan berbagai fitur ke tempat yang anda inginkan dan klik tombol Save yang ada di bagian tengah. Anda bisa menampilkan atau menghilangkan menu UI di icon bergambar mata. UI yang ditampilkan akan memiliki garis berwarna putih sedangkan UI yang disembunyikan memiliki tampilan garis berwarna hitam.

38) Pergerakan yang tampil pada layar membuat saya pusing!

Jika anda merasa pusing melihat tampilan pergerakan kamera atau rotasi kamera di Black Desert Online, anda bisa mengubah peraturan pada Setting untuk menurunkan Screen Shaking. Sesuaikan pengaturan berikut ini hingga anda menemukan tampilan layar yang nyaman:

  • Camera Shake Settings
  • Camera Afterimage Effects
  • Camera Angle Effect (Actions Only) Settings
  • Camera Zoom In/Out Effect (Action Only)
  • Adjust Vision Range

39) Bagaimana cara menangkap kuda liar?

Cek:

40) Bagaimana cara menemukan NPC tertentu?

Terdapat banyak sekali NPC yang ada di Black Desert Online. Jika anda merasa kebingungan untuk mencari NPC tertentu, anda bisa menggunakan fitur Find NPC. Cek Mini Map yang ada di bagian pojok kanan atas lalu klik icon kaca pembesar yang ada disana. Sebuah jendela baru ‘Nearby NPC’ akan muncul. Klik icon NPC yang ingin anda cari, Map akan menunjukkan lokasi NPC. Tekan tombol T dan anda akan otomatis dipandu ke NPC terdekat yang anda pilih.

41) NPC yang ingin saya temui menghilang!

Beberapa NPC hanya dapat anda temui pada waktu tertentu saja dan beberapa diantara mereka hanya dapat anda temui pada saat hari tertentu. Jika anda tidak menemukan NPC yang anda cari, coba di lain waktu. Jika anda telah memiliki Knowledge yang cukup dari NPC bersangkutan, cek jam kerja mereka.

42) Bagaimana cara meningkatkan Energy?

Di dunia Black Desert, Energi dan Knowledge memiliki hubungan yang sangat erat. Energi anda meningkat saat Knowledge anda naik. Bicara dengan semua NPC yang ada di Town dan kunjungi lokasi baru untuk menaikkan Energi anda.

43) Bagaimana cara meningkatkan Contribution Points?

Cek Contribution Points & Nodes

44) Saya tidak dapat pindah Server!

Ada batasan waktu 15 menit sekali saat anda ingin mengubah lokasi Server. Batasan waktu ini tidak berlaku pada server yang memiliki Node/Conquest War.

45) Apakah saya bisa menambah lebih dari 10 Skill pada slot?

Jika anda ingin memiliki lebih dari 10 skill dalam slot, anda bisa menggunakan Auto-align Quick Slot dari Game Setting (ESC).

Fitur Auto-align Quick Slot akan menambah 10 ekstra slot jadi anda memiliki total 20 slot yang dapat digunakan. Quick Slot Setting yang telah anda buat akan tersimpan dalam PC anda. Jika anda mengganti PC, anda perlu mengaktifkan setting ini kembali.

46) Level karakter saya naik namun level Enhancement tidak!

Enhancement yang ada pada menu Character Information tidak akan naik seiring dengan level anda. Enhancement naik dengan menggunakan item tertentu dan efek.

Beberapa kategori Enhancement adalah Attack Speed, Casting Speed, Movement Speed, Critical Hit, Fishing Skills, Gathering Skills dan Luck. Masing-masing kategori dapat dinaikkan ke maksimum level 5. Anda bisa menaikkan level Enhancement jika anda melakukan Equip, Crafting, mengkonsumsi Food atau Elixir atau menggunakan Guild Skill. Waspadalah, Enhancement dapat menjadi negatif jika ada Debuff pada karakter atau efek dari Enhacement Decrease.

  • Attack Speed: Menyerang lebih cepat saat anda naik level. Karakter seperti Warrior, Ranger, Berserker, Tamer, Musa, Maehwa, Kunoichi, Ninja, Dark Night, Striker dan Mystic mendapatkan efek ini saat mereka menggunakan Skill
  • Casting Speed: Anda bisa mengguanak Skill lebih cepat saat karakter anda naik level. Karakter seperti Sorceress, Valkyrie, Witch dan Wizard mendapatkan efek ini saat mereka menggunakan Skill
  • Movement Speed: Anda bisa berjalan lebih cepat
  • Critical Hit: Tingkat kemungkinan untuk mendapatkan Critical meningkat
  • Fishing Skill: Waktu menangkap ikan lebih cepat
  • Gathering Skill: Waktu melakukan Gathering lebih cepat
  • Luck: Waktu untuk mendapatkan item lebih cepat

47) Karakter saya stuck di level 49!

Selesaikan Quest mengalahkan Giant Catfishman Qoobe dari Black Spirit.

48) Saya tidak memiliki slot yang cukup di dalam Inventory!

16 Inventory slot tersedia saat anda membuat karakter baru. Untuk menambah slot Inventory, lakukan hal berikut ini:

  • Menyelesaikan Quest yang memberi Reward Inventory Slot Expansion

Anda bisa mendapatkan Inventory Slot Expansion dari Quest yang diberikan Black Spirit atau Quest lainnya. Cek Suggested Quest pada jendela Quest (O).

  • Membeli Inventory Expansion Coupon di Pearl Shop

Maksimal 192 slot bisa anda miliki.

  • Membeli Value Package (memiliki batasan waktu)

Value Package akan menambahkan 16 slot ke dalam Inventory anda untuk sementara waktu. Saat masa Value Package berakhir, slot Inventory akan kembali ke jumlah semula.

49) Uang yang saya simpan di dalam Storage menghilang!

Di Black Desert Online, Silver yang anda simpan di masing-masing Storage Town berbeda satu dengan lainnya. Anda tidak bisa menggunakan Silver yang ada di Storage Town A pada saat anda berada di Town B begitu pula sebaliknya.

Jika anda ingin memindahkan Silver yang anda miliki dari Town tertentu, gunakan fitur Currency Exchange untuk mengubahnya ke dalam bentuk Gold. Anda bisa membawa Gold ini ke Town lainnya yang anda sukai.

50) Apakah saya harus menyelesaikan semua Quest yang ada?

Jika anda ingin naik level dengan cepat, fokuslah untuk menyelesaikan Main Quest yang diberikan oleh Black Spirit. Quest bisa anda lihat di bagian Quest Menu (O).

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#