Daftar Permasalahan & Bug Pokemon GO

pokemongobug

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#


CATATAN PENTING: Daftar berikut berisi permasalahan dan bug yang diketahui masih ada pada aplikasi Pokemon GO. Lihat juga daftar permasalahan yang resmi dikeluarkan oleh pihak Niantic disini. Semua bug telah dilaporkan. Harap bersabar menunggu update version dari pihak Niantic.

Terakhir diperbaharui 060816


Bug ini terjadi pada beberapa player saja, tidak semua player mendapati bug ini pada aplikasi Pokemon GO mereka.

[Q] Saya tidak bisa melihat Pokemon tapi yang lainnya bisa. Yang lain bisa terhubung dengan server sementara saya tidak.

Server Pokemon GO bisa dibilang sangat tidak stabil, jadi beberapa pemain dapat terhubung dengan server, sementara yang lainnya hanya bisa gigit jari. Cek Setting > Time and Date, pastikan semua sudah sesuai dengan waktu dan penanggalan terkini. Masalah lainnya adalah Compatability dari Smartphone dan Service Provider yang anda gunakan. Lihat juga solusi sementara dibawah.

[Q] Loading Screen mentok di sekian persen dan tidak mau load.

Server sedang down dan anda tidak akan mungkin bisa masuk untuk saat ini. Cek Status Server disini. Jika server bukan menjadi penyebabnya, salah satu trik yang bisa anda lakukan adalah mengaktifkan Airplane Mode, kembali ke aplikasi Pokemon GO, lalu aktifkan kembali koneksi internet anda. Cek video tutorial singkat disini.

[Q] Saya tidak bisa menemukan Pokemon. Menu Nearby Pokemon terlihat seperti tidak berfungsi, dan hampir atau seluruh Pokemon di Menu Nearby Pokemon jaraknya 3 jejak kaki dan tidak berubah walaupun saya sudah berjalan cukup jauh.

Ini adalah jenis bug baru yang muncul. Jadi anda tidak dapat mengandalkan Menu tersebut untuk melacak keberadaan Pokemon saat ini. Harap sabar menunggu perbaikan dari pihak Niantic.

[Q] Pokeball saya hang/freeze dan tidak bergoyang saat saya menangkap Pokemon.

Ada permasalahan server saat menangkap Pokemon yang menyebabkan Pokeball menjadi hang/freeze dimana Pokeball seharusnya bergoyang. Hal ini terjadi lebih sering saat icon loading Pokeball yang ada di pojok kiri atas sedang berputar disaat anda melempar PokeBall.

[Q] Saat Battle di Gym, Pokemon lawan sudah tidak memiliki HP atau HP = 1 dan anehnya Pokemon lawan seperti tidak dapat terkalahkan.

Ada beberapa bug pada Gym dan beberapa penyebab diantaranya dikarenakan lag pada server.

[Q] Saat memutar Icon bundar pada PokeStop, saya tidak mendapatkan item apapun.

Koneksi server sedang sibuk dan tidak stabil. Jika server sedang mengalami masalah seperti demikian maka kebanyakan PokeStop tidak akan responsif. Cek jurnal untuk mengetahui apakah anda telah mendapatkan item dari PokeStop yang telah anda putar Icon-nya.

[Q] Pokemon tidak muncul di menu Nearby Pokemon, saya sudah restart aplikasi dan Pokemon yang saya temui barusan menghilang.

Ada bug pada interface atau server. Fitur Nearby Pokemon saat ini sedang tidak stabil. Jika anda sering mengalami permasalahan ini, restart aplikasi sesering mungkin agar koneksi dengan server tetap terhubung secara real time.

[Q] Saya tinggal di daerah terpencil, jarang atau sama sekali tidak ada PokeStop, Gym atau Pokemon.

Mengenai masalah Pokemon, cek Permasalahan Tidak Ada Pokemon di Sekitar Anda. Untuk masalah PokeStop atau Gym, tunggu hingga Pokemon GO rilis resmi di Indonesia, jika sudah resmi dirilis dan anda masih kesulitan untuk menemukan PokeStop atau Gym, tunggu kabar dari pihak Niantic. Kemungkinan fitur submit PokeStop atau Gym akan diaktifkan.

[Q] Saya bisa login, tapi PokeStop dan Gym yang ada di sekitar saya menghilang.

Server sedang error. Tunggu hingga server kembali online dan stabil. Sambil menunggu anda bisa mencoba solusi sementara di bawah.


Bug Lainnya

Bug ini terjadi pada beberapa player saja, tidak semua player mendapati bug ini pada aplikasi Pokemon GO mereka.

  • Egg menetas dan menghilang begitu saja tanpa mendapatkan Pokemon
  • Lag/respon lambat saat healing/reviving beberapa Pokemon sekaligus
  • Saat Battle di Gym tiba-tiba hang ketika tulisan GO muncul kemudian keluar dari Gym
  • Meskipun sudah berhasil menghindari serangan Pokemon musuh di Gym, Pokemon saya tetap mendapatkan damage (masalah server yang tidak stabil)
  • Saat berada di Map, Pokemon yang saya temui tidak dapat berinteraksi (Pokemon tidak dapat di klik)
  • Masalah GPS yang tidak update dengan lokasi terkini dimana avatar saya berada
  • Crash saat melempar Pokeball
  • Saat klik Pokemon tiba-tiba ada notifikasi error dan Pokemon menghilang
  • Masalah resolusi Pokedex pada Android
  • Semakin sulit menangkap Pokemon (Cek Bug Baru Pokemon GO: Semakin Sulit Menangkap Pokemon)
  • Tampilan Store blank
  • Permasalahan saat membeli item dengan koin (Restart aplikasi segera jika loading lama/tidak responsif saat anda membeli item menggunakan koin, jangan klik item lebih dari satu kali untuk mencegah pembelian lebih dari yang anda inginkan)

(Updating…)


Solusi Sementara

Solusi ini tidak menjamin permasalahan anda akan selesai, jika solusi dibawah ini tidak berhasil, tunggu hingga aplikasi Pokemon GO resmi rilis di Indonesia atau update dari Niantic untuk mengatasi bug/permasalahan yang ada.

  • Pengguna Android:
    • Masuk ke Settings > Apps/Application Manager > Pokémon GO lalu pilih Force Stop. Masuk ke Storage dan pilih Clear Cache.
  • Pengguna iOS:
    • Masuk ke Settings > Privacy > matikan Location Services Pokémon GO lalu hidupkan kembali. Install ulang Pokemon GO lalu restart device.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#