Panduan Combat Power (CP) – Pokemon GO

combatpowerpokemongo

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#

Combat Power (CP) menentukan seberapa kuat Pokemon anda. Semakin besar CP yang dimiliki Pokemon, semakin besar juga damage yang akan dihasilkan pada saat Battle. Saat anda bertarung dengan Wild Pokemon, nilai dari CP dapat anda lihat di bagian atas kepala Pokemon. CP juga bisa dilihat di Pokedex yang dapat anda akses di bagian main menu.

Cara Menaikkan CP

cpstardustandcandy

Saat Pokemon berhasil anda tangkap, anda dapat menaikkan CP-nya dengan cara berikut ini:

  • Evolution

Evolusi membutuhkan Candy dari Pokemon dengan jenis yang sama agar Pokemon dapat berevolusi. Misal, agar Squirtle dapat berevolusi menjadi Wartortle, dibutuhkan Candy Squirtle sebanyak 25 buah dan agar Charmander dapat berevolusi menjadi Charmeleon, dibutuhkan Candy Charmander sebanyak 25 buah.

Evolusi akan membuat Pokemon memiliki jurus (Moves) baru dan juga HP yang lebih banyak.

  • Power Up

Candy dan Stardust dapat digunakan untuk Power Up Pokemon. Power Up akan meningkatkan CP sekaligus HP dari Pokemon tanpa harus berevolusi. Berbeda dengan Candy yang hanya dapat digunakan untuk jenis Pokemon tertentu saja, Stardust dapat digunakan untuk seluruh jenis Pokemon.

Informasi Tambahan

  • Wild Pokemon dari jenis yang sama dapat memiliki CP yang berbeda-beda. Misal, Wild Squirtle di salah satu tempat memiliki 247 CP sementara Wild Squirtle yang anda temukan di tempat lainnya memiliki 216 CP.
  • Semakin tinggi level Trainer anda, semakin besar kesempatan untuk menemukan Pokemon dengan CP yang tinggi.
  • Pokemon yang dimiliki Trainer dengan level tinggi memiliki CP lebih besar ketimbang dengan Trainer dengan level yang lebih rendah.
  • Jika anda naik level, CP tiap Pokemon yang anda miliki akan meningkat.
  • Saat Battle, Pokemon dengan CP yang lebih tinggi memiliki kesempatan menang lebih baik dibanding dengan Pokemon yang memiliki CP rendah (selain faktor Tipe).
  • Pokemon yang dibesarkan melalui evolusi memiliki CP lebih besar dibandingkan dengan Wild Pokemon dari jenis yang sama.
  • Saat mengunjungi Gym, CP dari Pokemon bertahan dapat dilihat sebelum anda memutuskan untuk menyerang.

FAQ

[Q] yuddy says: min yg meningkat tiap kita naik level cp atau cp maks ? trus apakah cp maks pokemon yg sejenis sama ?

[A] CP maks meningkat. Berkaitan dengan pertanyaan CP dari Pokemon sejenis sama atau tidak, ada riset dari forum luar yang sedang melihat apakah Pokemon dengan jenis sama memiliki CP maksimum yang sama juga. Jawaban sejauh ini CP maks tiap Pokemon sejenis berbeda-beda, namun perlu dilakukan riset lebih lanjut.

https://snag.gy/ktnVmM.jpg

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Pokemon GO#