Tips dan Trik Bermain Stardew Valley

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#

Stardew Valley melesat ke tangga top seller setelah beberapa minggu lalu dirilis. Jika anda bingung bagaimana memulai dan harus apa, panduan tips dan trik berikut ini mungkin berguna buat anda:

1. Pertimbangkan dengan matang sebelum membeli hewan ternak

Ayam, sapi, bebek, dan hewan ternak lainnya membutuhkan makanan berupa hay sebanyak satu hay per hewan per harinya agar bisa berproduksi. Kalau anda ingin membeli hewan ternak, usahakan uang anda lebih dari cukup, karena pada tahun pertama rumput yang bisa diolah menjadi hay ini tidak begitu banyak dan anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya sekedar untuk memberi makan ternak. Bercocok tanam dan memancing merupakan pilihan yang tepat jika anda belum memiliki banyak uang.

2. Beli bibit yang menguntungkan

Beberapa bibit untuk bercocok tanam yang paling menguntungkan: Cauliflower, Kale, Blueberry, Melon, Cranberry, Eggplant dan Pumpkin.

Lihat juga Daftar Bibit yang Paling Menguntungkan

3. Donasi setiap artifact yang anda temukan ke Museum

Ada banyak item rare dalam Stardew Valley. Item rare ini dapat anda jual atau didonasikan ke Museum. Opsi menjual mungkin menguntungkan, namun ada beberapa rewards yang jauh lebih menguntungkan jika anda memilih untuk mendonasikan item rare ini ke museum. Anda akan mendapatkan item yang tidak akan pernah bisa anda dapatkan dimanapun selain item rewards dari museum ini.

4. Perbaiki jembatan di pantai secepatnya

Dengan bermodalkan 300 wood, perbaiki jembatan yang ada di pantai. Anda akan menemukan berbagai macam item yang berhubungan dengan laut, diantaranya Coral dan Sea Urchin. Item ini bisa anda jual dengan harga masing-masing 80 gold dan 160 gold atau bisa dijadikan gift untuk warga setempat.

perbaikijembatanpantai

5. Bangun relationship dengan warga lainnya

Relationship dengan warga Stardew Valley merupakan hal yang penting agar anda dapat menyelesaikan beberapa quest dan mendapatkan undangan ke beberapa festival. Pernikahan juga menjadi sesuatu yang anda tunggu-tunggu bukan? Anda dapat memberi hadiah atau gift pada warga sekitar dengan jumlah maksimum dua per minggunya. Perhatikan apa yang mereka suka dan tidak suka sebelum memutuskan untuk memberikan hadiah.

Lihat juga Biodata Lengkap Warga Stardew Valley dan Tempat Nongkrong Mereka

6. Hari yang tepat untuk pergi menambang

Hujan merupakan hari yang tepat bagi anda untuk pergi menambang. Anda akan menyita banyak waktu dan energi di pertambangan. Pada hari dimana cuaca sedang hujan, anda tidak perlu lagi membuang energi untuk menyiram tanaman, sehingga anda dapat pergi menambang dengan energi penuh.

7. Item tersembunyi dari worm

Di beberapa lokasi anda akan menemukan worm atau cacing yang sedang bergeliat di permukaan tanah. Anda dapat memukulnya dengan hoe untuk mendapatkan random item. Beberapa item yang dapat anda temukan dari cacing ini diantaranya junk, artifact dan item berguna lainnya.

hiddenitemcacing

8. Cara ke lantai selanjutnya di pertambangan

Ada dua cara untuk dapat pergi ke lantai selanjutnya di pertambangan, cara pertama dengan tetap menambang ore hingga anda menemukan sebuah tangga. Cara kedua, anda harus mengalahkan monster yang ada dalam tambang hingga anda menemukan tangga. Di lantai tertentu, anda diharuskan untuk megalahkan semua monster baru anda dapat pergi ke lantai selanjutnya. Anda juga dapat menggunakan tangga yang telah di craft untuk menuju ke lantai selanjutnya. Setiap 5 lantai, anda dapat menggunakan elevator sebagai checkpoint.

9. Cek papan tulis di Pierre’s General Store setiap harinya

Quest baru akan muncul setiap minggunya. Anda juga dapat menemukan informasi mengenai festival dan tanggal ulang tahun setiap warga Stardew Valley. Memberikan hadiah di hari ulang tahun merupakan hal yang mungkin tidak ingin anda lewati.

10. Gunakan pickaxe untuk mengembalikan tanah yang telah tergarap

Jangan khawatir jika anda menggarap tanah di tempat yang salah, gunakan pickaxe di tanah yang telah tergarap untuk mengembalikan tanah tersebut ke keadaan semula.

stardewvalley2

11. Gunakan sprinklers dan fertilizer

Tempatkan sprinklers yang akan menyiram tanaman anda secara otomatis tiap paginya dan fertilizer untuk mendapatkan corps dengan kualitas yang lebih baik ketika memanen. Menggunakan kedua item ini akan membantu memaksimalkan efisiensi pada farm anda.

12. Upgrade tiga tool berikut

Tiga tool yang harus diprioritaskan adalah axe, pickaxe dan watering can. Watering can yang telah diupgrade akan menghemat waktu anda menyiram tanaman. Axe dan pickaxe yang telah diupgrade memungkinkan anda untuk mendapatkan resource baru dari tree stump, big rock dan sebagainya.

13. Jangan lupa equip boots dan rings

Kalau anda menemukan barang tersebut, segera equip, boots dan rings tidak akan berguna bagi anda jika disimpan di dalam inventory.

14. Craft items

Beberapa item dalam Stardew Valley akan jauh lebih berguna jika di craft. Seperti keg, tapper dan rumah lebah akan membantu anda menambah penghasilan.

15. Cek TV setiap harinya

Anda bisa belajar resep baru dari acara Cooking Show atau mendapatkan item baru dari acara Foraging Show.

16. Dahulukan membangun Silo

Sebelum anda memutuskan untuk membangun Coop atau kandang ayam, pastikan terlebih dulu anda telah membangun silo untuk menyimpan semua hay.

silostardewvalley

17. Memulung sampah

Terdengar tidak mengasyikkan, tapi anda bisa mendapatkan item dari memulung sampah seperti Ore, Bar, Food dan lainnya. Cek ketujuh lokasi tempat sampah berikut:

  • 1 Willow Lane
  • 2 Willow Lane
  • Mayors Manor
  • Saloon
  • 1 River Road
  • Museum
  • Blacksmith

18. Jangan buang sembarangan

Item sampah seperti Broken Glass, CD, dll dapat anda simpan untuk digunakan suatu saat ke recycling machine dan mendapatkan material.

19. Upgrade Bag

Anda dapat memperbesar kapasitas inventory dengan menabung 2000 Gold dan membelinya di Pierre’s General Store. Upgrade ini akan memperbesar kapasitas inventory menjadi 24 slot.

20. Jangan begadang

Pastikan anda sudah tidur sebelum jam 1:50 AM atau anda akan bangun dalam keadaan lelah.

21. Selalu bawa energy food

Anda akan membutuhkannya untuk menambah energi. Jika energi bar anda kosong, karakter anda akan berjalan sangat lambat. Contoh energy food di musim Spring: spring onions dan salmonberries.

22. Cara save game

Salah satu cara save game di Stardew Valley adalah dengan tidur. Game akan otomatis save permainan anda.

23. Orang-orangan sawah

Jangan lupa tempatkan scarecrow untuk mengusir burung gagak dari bibit yang anda tanam.

scarecrowstardewvalley

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Stardew Valley#