Film – The Outsiders

Judul: The Outsiders
Sutradara: Francis Ford Coppola
Genre: Family, Adventure, Friendship, Crime
Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1983

Ponyboy: Nature’s first green is gold, her hardest hue to hold.  Her early leaf’s a flower, but only so an hour. Then leaf subsides to leaf, so Eden sank to grief. So dawn goes down to day, nothing gold can stay.
Johnny: Where did you learn that? That’s what I meant.
Ponyboy: Robert Frost wrote it. I always remembered it because I never quite knew what he meant.

I lie to myself all the time. But I never believe me. –Ponyboy

The Outsiders menceritakan tentang dua geng yang saling bertikai, geng tersebut adalah The Greasers di mana geng ini adalah kumpulan anak anak berandal dan kelas menengah ke bawah. Sementara itu geng The Socs adalah kumpulan anak anak kelas menengah ke atas.

(Dari kiri ke kanan: Steve Randle, Sodapop “Soda” Curtis, Ponyboy Curtis, Dallas “Dally” Winston, Johnny Cade, Keith “Two-Bit” Mathews, dan Darrel “Darry” Curtis)

Ponyboy Curtis, dari geng The Greasers terlibat masalah besar setelah teman dekat nya, Johnny Cade membunuh salah satu anggota geng dari The Socs, Bob Sheldon. Mereka berdua mencoba untuk lari dan bersembunyi dari kejaran polisi dengan meminta bantuan teman baik nya dari anggota geng yang sama, Dallas (Dally) Winston. Dally memberikan opsi untuk mereka berdua agar pergi ke sebuah gereja tua yang sudah tak berpenghuni lagi dan tinggal di sana untuk sementara sambil menunggu langkah selanjut nya hingga keadaan benar benar aman.

Dari persembunyian inilah mereka berdua mendapat kejadian menarik hingga mereka menjadi icon heroik di seluruh berita. Pun, ada kejadian yang membuat The Greasers kehilangan.