Panduan Dark Knight: Skills – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Skill Build Sebelum Awakening – Level 55 (total 539 Skill Points)

http://bddatabase.net/us/skillcalc/81415/

Jika karakter Dark Knight anda telah mencapai level 50, gunakan Build pada link diatas. Prioritaskan skill-skill berikut ini: Wheel of Fortune, Corrupt Ground, Kamaslyvia Slash, Chain Dusk dan Smokey Haze. Pastikan juga anda mereset skill saat karakter Dark Knight mencapai level 56. Anda hanya akan membutuhkan Support Skill yang diambil dari Skill Build diatas.

Skill Build setelah Awakening – Level 56 (total 569 skill points): 

http://bddatabase.net/us/skillcalc/81420

Prioritaskan skil-skill berikut ini: Semua skill Awakening, Wheel of Fortune, Chain Dusk dan Smokey Haze.

High-Tier Skill Build (tanpa Absolute Skills) – Level 60 (total 1475 skill points):

http://bddatabase.net/us/skillcalc/81419/

End-Game skill build (termasuk Absolute Skills) – Level 60 (total 1735 skill points): 

https://bddatabase.net/us/skillcalc/96800

Pastikan juga memprioritaskan skill Awakening sebelum anda menaikkan level skill Absolute. Berikut ini kami jelaskan deskripsi dari masing-masing skill yang dimiliki oleh Dark Knight.

  • Tombol yang ada di dalam tanda kurung berbentuk persegi [] mengartikan anda perlu menekan tombol bersangkutan sekali. Contoh, [Q] berarti anda hanya perlu menekan tombol Q pada keyboard sekali
  • Tombol yang ada di dalam tanda kurung berbentuk lingkaran () mengartikan anda perlu menekan terus tombol bersangkutan. Contoh, (HOLD Q) berarti anda perlu menekan tombol Q terus menerus pada keyboard sampai ada instruksi selanjutnya
  • Tombol yang ditandai dengan simbol ‘+’ menandakan kalau anda harus menekan tombol bersangkutan secara bersamaan. Contoh, [Q] + [LMB] berarti anda harus menekan tombol Q pada keyboard dan mengklik kiri (LMB= Left Mouse Button) secara bersamaan
  • Tombol yang ditandai dengan simbol ‘>’ menandakan kalau anda harus mengikuti langkah selanjutnya. Contoh, [Q] + [LMB] > [F] berarti anda harus menekan tombol Q pada keyboard dan mengklik kiri secara bersamaan kemudian menekan tombol F
  • [LMB] merupakan singkatan dari Left Mouse Button (klik kiri) sedangkan [RMB] merupakan singkatan dari Right Mouse Button (klik kanan)
  • Skill yang ditandai dengan warna Merah menandakan skill Optional (pilihan)
  • Skill yang ditandai dengan warna Biru menandakan skill Awakening (level 56+)

GENERAL

Kriegsmesser Training
[LMB]

Skill ini merupakan serangan dasar atau ‘Auto Attack’ dan secara otomatis didapat saat anda naik level. Skill ini memiliki damage yang rendah dan biasa digunakan untuk meregenerasi Mana atau mengumpulkan monster di satu tempat.

Scarring Slash
[LMB] + [A] atau [D]

Skill ini memungkinkan anda untuk bergerak ke samping sambil menyerang. Skill ini juga memungkinkan anda untuk berputar dan menghasilkan damage ke maksimal 5 musuh sekaligus (tidak berlaku saat PvP). Skill ini memiliki damage yang rendah jadi disarankan untuk tidak menggunakannya.

Sudden Attack
[LMB] setelah berlari

Skill ini bisa anda gunakan setelah berlari atau saat menggunakan skill Smoky Haze. Jika berhasil mengenai musuh, musuh yang terpukul oleh skill ini akan terkena efek Knockback (maksimal 5 target). Skill ini memiliki damage yang rendah jadi disarankan untuk tidak menggunakannya.

Vedir’s Dogma
Quick Slot

Vedir’s Dogma hanya tersedia di dalam Quick Slot. Skill ini berupa buff yang dapat meningkatkan efek skill dari Kriegsmesser Training, Scarring Slash dan Sudden Attack sebesar 20%. Saat buff ini aktif, Mana anda akan berkurang sebesar 20 poin tiap 3 detik. Karena efek damage yang dihasilkan tidak begitu besar, disarankan untuk tidak menggunakannya.

Dark Shadow
[Q]

Skill ini dapat memblokir serangan musuh. Saat blokir aktif, DP anda akan naik sebesar 12 poin selama 10 detik. Jangan bergerak saat skill ini aktif, jika anda bergerak skill blokir otomatis batal. Anda juga bisa membatalkan skill ini dengan menekan tombol Q lagi.

Split Second
[LMB] saat menggunakan Dark Shadow

Skill ini dapat anda aktifkan saat menggunakan skill Dark Shadow dan menyerang hingga maksimal 10 musuh dan memberikan efek Stifness pada mereka. Walau memiliki damage yang kecil, efek CC (Crowd Control)-nya sangat berguna untuk PvP.

Spirit Satiation
(HOLD SHIFT) + (HOLD SPACE)

Skill ini dapat memulihkan HP dan Mana anda masing-masing sebesar 10 dan 30 poin di Rank 1.

Spirit Combustion
Passive

Ini merupakan skill Passive anda. Menaikkan skill ini berarti meningkatkan Accuracy dan juga Magic Attack. Disarankan untuk menaikkannya.

Awakening: Imperious Vediant
[C]

Skill ini memungkinkan anda untuk berganti ke Awakening Weapon.

Overlord
[E]

Skill ini dapat digunakan tiap 3 menit sekali. Anda akan mendapatkan buff berupa peningkatan Attack Speed 30%, Movement Speed 30%, Critical Hit Chance 24% dan Accuracy 15% selama 30 detik.

Hallucination Gap
[Q] > [LMB] saat menggunakan Dark Shadow

Memblokir serangan musuh untuk kemudian melakukan serangan balik (counterattack).


MOBILITY

Evasion
(HOLD SHIFT) + [A] atau [S] atau [D]

Skill ini memungkinkan anda untuk berguling ke arah samping atau belakang. Anda juga bisa menekan [W] dua kali untuk berguling ke depan atau menekan tombol arah manapun dua kali untuk berguling ke arah bersangkutan. Skill ini digunakan untuk menghindari serangan musuh.

Dusk
(HOLD SHIFT) + [A] atau [D]

Skill ini memungkinkan anda untuk melakukan blink atau dash ke arah kiri atau kanan dengan cepat. Skill ini sekaligus memulihkan Mana dalam jumlah sedikit. Jika Rank dari skill ini maksimal, skill ini dapat digunakan dua kali.

Smoky Haze
(HOLD SHIFT) + [W]

Skill ini memungkinkan anda untuk berlari dengan cepat ke arah depan dan memberikan efek Super Armor.

Shadow Bullet
[RMB] + [A] atau [D]

Skill ini memungkinkan anda untuk bergerak dengan cepat ke arah kiri atau kanan, melepaskan proyektil yang dapat mengenai hingga maksimal 7 target. Skill ini menghasilkan damage yang kecil dan jumlah besarannya dikurangi dalam PvP namun dapat memberikan efek Stiffness dan mengurangi Movement Speed dari target. Skill ini merupakan skill CC yang sangat baik digunakan untuk PvP. Hal lainnya yang perlu anda ketahui adalah, jika anda menginvestasikan Skill Points ke Shadow Bullet: Air, anda bisa melompat dan menggunakan Skill ini dan karakter anda akan berada dalam keadaan Invisible.

Nocturne
Quick Slot

Skill ini hanya bisa digunakan di dalam Quick Slot dan dapat digunakan dengan dua cara. Pertama, gunakan Skill ini di dalam Quick Slot sampai karakter anda menghilang lalu tekan tombol W untuk teleport ke arah belakang musuh dan menyerang atau tekan tombol S untuk mundur ke belakang dan melakukan blok. Skill ini memiliki besaran damage yang kecil namun dapat mengenai hingga maksimal 7 target, mengurangi Movement Speed, Attack Speed dan Casting Speed kepada target sebesar 10% selama 10 detik. Skill ini sangat baik digunakan dalam kondisi PvP.

Trap of Vedir
[S] + [F]

Skill ini memungkinkan karakter anda untuk melompat ke belakang dan melepaskan bom di hadapan anda. Skill ini menghasilkana damage yang cukup besar, memberikan efek Stun dan mengurangi Evasion target sebesar 15% selama 10 detik.

Shattering Darkness
[SHIFT] + [LMB]

Skill ini memungkinkan karakter anda untuk melompat ke arah belakang dan melepaskan bom ke arah depan. Efek animasinya hampir sama dengan Trap of Vadir namun memiliki efek yang berbeda. Shattering Darkness akan memulihkan Mana sebesar 10 poin untuk tiap damage yang kena plus menghasilkan Extra Magic Damage dan Base Damage. Skill ini memiliki peluang Critical Hit sebesar 100%.

Twilight Dash
[F]

Skill ini memungkinkan anda untuk berlari ke arah depan dengan cepat dalam kondisi Awakening aktif. Anda akan teleport ke arah depan dan menghasilkan damage ke area sekitar dimana anda teleport. Skill ini juga dapat memulihkan Mana sebesar 10 poin untuk tiap Hit yang berhasil kena plus meningkatkan Movement Speed sebesar 10% selama 10 detik.

Spirit Hunt
[W] + [RMB]

Spirit Hunt memungkinkan anda untuk menyerang ke arah depan dengan cepat, menghasilkan damage dan memberikan efek Stiffness ke target plus Super Armor untuk karakter anda.


DAMAGE

Unveiled Dagger
[F]

Unveiled Dagger merupakan serangan dari arah belakang dan bisa memberikan efek Stiffness jika berhasil kena. Selain itu, anda juga akan mendapatkan Buff berupa Attack Speed sebesar 10% selama 5 detik, Bleeding Damage sebesar 30 poin tiap 3 detik selama 9 detik.

Hidden Strike
[F] setelah menggunakan Unveiled Dagger

Skill ini merupakan skill lanjutan setelah menggunakan Unveiled Dagger, tekan tombol F untuk yang kedua kalinya agar aktif. Skill ini bisa memberikan efek Stun dan menghasilkan damage yang tinggi.

Darkness Burst
[RMB]

Skill ini memiliki damage yang kecil jadi tidak disarankan untuk mengambilnya. Walaupun skill ini memiliki efek knockback, efek ini tidak berlaku untuk PvP.

Air Strike
[W] + [F]

Skill ini memiliki efek Crowd Control yang terbilang baik. Target bisa terkena efek Float saat anda melayangkan senjata. Karakter anda juga akan masuk ke dalam status Invincible.

Luscious Snare
Quick Slot

Skill ini memiliki damage yang tinggi dan dapat mengenai hingga maksimal 7 target sekaligus. Target yang terkena skill ini akan ditandai dengan sebuah Explosion dan akan meledak plus memberikan efek Stun setelah 15 detik.

Slanted Balance (Optional)
[S] + [LMB]

Skill ini merupakan skill pilihan yang dapat anda gunakan untuk PvE sebelum Awakening. Skill ini memberikan efek Float namun damage-nya dikurangi dalam PvP.

Pervasive Darkness (Optional)
[SPACE] dalam berbagai kondisi

Skill ini merupakan skill pilihan yang dapat digunakan untuk PvE sebelum Awakening. Skill ini dapat digunakan sambil menggunakan Q. Skill ini juga dapat digunakan di berbagai situasi, skill ini memberikan Mana dalam jumlah sedikit dan akan mengurangi DP dari target sebesar 10 poin selama 10 detik. Damage untuk PvP sudah dikurangi.

Ravage Rake (Optional)
[LMB] + [RMB]

Skill ini merupakan skill pilihan yang dapat digunakan untuk PvE sebelum Awakening. Anda bisa mengenai target maksimal 7 secara horisontal dan memulihkan Mana untuk setiap hit yang berhasil kena. Skill ini memberikan efek knockback (tidak berlaku untuk PvP) dan dapat mengenai hingga maksimal 10 target.

Repeated Annihilation
[SHIFT] + [RMB]

Skill ini memiliki besaran damage yang lumayan. Tidak disarankan untuk menggunakan skill ini.

Enforcement (Optional)
[RMB] + [S]

Skill ini merupakan skill pilihan, disarankan untuk tidak mengambil skill ini kecuali anda sudah memiliki skill Awakening. Skill ini memiliki efek Stiffness jika berhasil mengenai target dan bisa mengenai musuh hingga maksimal 10 jika rank skill ini dimaksimalkan.

Lunacy of Vedir
Quick Slot

Lunacy of Vedir merupakan skill Black Spirit Rage jika telah mencapai 100%.Skill ini menghasilkan damage hingga ke maksimal 10 target. Skill ini juga memiliki peluang Critical Hit sebesar 100% dan damage yang meningkat jika digunakan saat Black Spirit Rage mencapai 100%.

Kamasylvia Slash
[LMB] + [SHIFT]

Skill ini memiliki damage yang tinggi dan damage-nya akan meningkat serta bisa memulihkan mana jika di charge dengan penuh. Selain itu, attack range juga akan meningkat 50%. Saat menggunakan skill ini, anda akan otomatis berada dalam status block dan jika Hit berhasil mengenai target, maksimal 10 target bisa terkena efek Knock Down.

Wheel of Fortune
[F] + [SHIFT]

Skill ini memiliki damage tinggi dan dapat memberikan efek Float hingga maksimal 10 target (jika rank skill maksimal). Selain itu efek Super Armor juga berlaku. Namun sayang damage dikurangi untuk PvP.

Obsidian Ashes (Optional)
[E] + [SHIFT]

Skill ini merupakan skill pilihan. Tidak direkomendasikan untuk mengambil skill ini kecuali level anda belum sampai ke Awakening. Skill ini cocok digunakan saat Black Spirit Rage mencapai 200% dan dapat memberikan efek bound ke hingga maksimal 7 target sekaligus. Peluang untuk Critical Hit sebesar 100%.

Corrupt Ground
[Q] + [SHIFT]

Skill ini dapat memberikan efek Stun hingga maksimal 7 target serta dapat memulihkan Mana dan Health.

Soul Snatch
[SPACE] dalam berbagai kondisi

Skill ini memiliki damage yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Contoh anda bisa menggunakan skill ini setelah Spirit Hunt dengan menekan spasi. Selain memiliki damage yang tinggi, Soul Snatch juga memberikan efek Stiffness plus memulihkan mana sebesar 10 poin.

Cluster of Despair
(HOLD RMB)

Skill ini menghasilkan ledakan dengan damage yang tinggi. Selain itu target dapat terkena efek Movement Speed Reduction sebesar 25% selama 10 detik.

Grip of Grudge
[SHIFT] + [F]

Skill ini dapat menghasilkan damage plus efek Stiffness. Mana juga akan dipullihkan sebesar 15 poin untuk tiap Hit yang berhasil kena.

Seed of Catastrophe
[SHIFT] + [E]

Skill ini dipakai saat Black Spirit Rage mencapai 200%. Selain memberikan efek Knock Down, skill ini juga memiliki peluang Critical Hit sebesar 100% plus Super Armor. Skill ini sangat cocok digunakan untuk Siege atau Nodewars.

Spirit Blaze
[S] + [RMB]

Skill ini menyayat target dua kali dan memberikan efek Knock Down. Skill Spirit Blaze ini memiliki damage baik Physical maupun Magical plus peluang Critical Hit sebesar 100%.

Spirit Legacy
[SHIFT] + [LMB]

Skill ini dapat digunakan saat Black Spirit Rage mencapai 100%. Selain memiliki peluang Critical Hit 100%, mana anda akan dipulihkan sebesar 10 poin dan DP dari target bersangkutan akan berkurang sebesar 20 poin selama 10 detik.

Touch of Exploitation
[S] + [LMB]

Skill ini menyerang musuh 4 kali berturut-turut. Skill ini juga bisa memulihkan Health dan memberikan efek Knock Down.

Flow: Root of Catastrophe
[LMB] setelah Seed of Catastrophe

Flow: Root of Catastrophe dapat digunakan setelah mengaktifkan Seed of Catastrophe. Selain peluang Critical Hit sebesar 100%, anda juga bisa mendapatkan Super Armor.

Flow: Spirit Blaze
[RMB] setelah Spirit Blaze

Flow: Spirit Blaze dapat digunakan setelah mengaktifkan Spirit Blaze. Skill ini memiliki peluang Critical Hit sebesar 100% dan efek Knock Down. Saat Spirit Blaze aktif, Super Armor juga akan aktif.

Flow: Bombardment
[LMB] setelah Scattering the Darkness

Skill ini dapat digunakan setelah mengaktifkan Shattering Darkness. Skill ini memiliki peluang Critical Hit sebesar 100% dan memiliki damage baik Physical maupun Magical.

Terima kasih, blackdesertfoundry.com!

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#