Panduan Marketplace – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Marketplace atau pasar merupakan satu-satunya metode dimana anda bisa melakukan Trading dengan pemain lainnya di dunia Black Desert Online. Anda bisa menggunakan Marketplace di kota-kota besar yang ada di masing-masing wilayah seperti Velia, Heidel, Calpheon dan Altinova.

▲ Tekan tombol Marketplace di Marketplace Director NPC untuk menggunakan fasilitas Marketplace

Membeli Item Normal

① List

Anda bisa melihat daftar kategori item yang terdaftar di Marketplace. Jika anda membuka kategori utama [icon +], subkategori akan muncul.

② Search

Anda bisa memasukkan nama item yang ingin dicari secara spesifik di kotak pencarian.

③ Item list

Item yang terdaftar akan muncul. Jika stok item sudah habis maka item tersebut berwarna abu. Jika anda memilih salah satu item bersangkutan, sebuah jendela baru akan muncul dimana anda bisa membelinya.

④ Sort by average exchange price

Fungsi ini untuk menyortir item dari urutan mahal ke murah dan sebaliknya.

⑤ Sort by the registration date

Fungsi ini untuk menyortir item dari urutan tanggal terlama ke tanggal terbaru dan sebaliknya.

⑥ Sub-filter

Fungsi penyaringan. Setelah mencari item melalui nomor 1 (List) dan 2 (Search), anda bisa memilih fungsi Sub-filter untuk menampilkan item tertentu yang ada pada daftar yang telah ditampilkan.

⑦ Balance

Silver Coins dari Inventory dan Storage dapat digunakan untuk membeli item yang ada di Marketplace. Silver Coins pada Storage merupakan Silver yang dipakai di Storage yang ada pada Town bersangkutan.

Gambar dan penjelasan masing-masing nomor diatas adalah jendela Marketplace yang terbuka pertama kali. Jika anda ingin mencari item A, anda bisa menemukan item tersebut melalui 1 (List) atau 2 (Search) dan tekan tombol Purchase untuk membeli.

Membeli Item Populer

Membeli item yang populer tidak semudah membeli item normal. Item populer bisa saja kehabisan stok. Berikut adalah informasi tambahan mengenai sistem Bidding yang biasa dipasang untuk item populer:

  • Pemain A mendaftarkan item X ke dalam Marketplace. Item X adalah item populer jadi item tidak selalu tersedia
  • Item X yang didaftarkan oleh A akan tampil di Marketplace 10-15 menit setelah didaftarkan
  • Item X yang ditampilkan memiliki tanda X (tanda X selalu muncul saat tidak ada item lainnya yang tersedia, walaupun ada, ia akan muncul dengan harga paling rendah *Pearl Item tidak termasuk*)
  • Semua pemain dapat menekan tombol Bid pada item yang ditampilkan dan mencoba Bidding
  • Sebelum menekan tombol Bidding, pastikan anda memiliki Silver Coin yang cukup di dalam Inventory atau Storage. Proses Bidding memakan waktu sekitar 30 detik
  • Setelah proses Bidding selesai, proses penentuan akan ditetapkan. Setelah itu, tombol Bid akan berubah menjadi Confirm Bidding
  • Tombol Confirm Bidding akan aktif sekitar 20 detik, setiap pemain yang telah menekan tombol Bid sebelumnya diminta untuk melihat hasil Bid mereka dengan menekan tombol Confirm Bidding tadi
  • Item akan terjual oleh salah satu pemain yang telah ditetapkan oleh sistem
  • Jika salah satu pemain berhasil melakukan Bidding namun tidak menekan tombol Confirm Bidding, item bersangkutan akan muncul kembali di daftar Marketplace

Item yang populer memiliki banyak peminat. Anda bisa memiliki peluang yang cukup besar dan mendapatkan item populer tersebut jika melakukan tips berikut ini:

  • Menggunakan Notice

Notice merupakan sebuah fungsi yang berguna untuk para pemain saat berkompetisi Bidding dengan pemain lainnya. Tinggal pilih item yang diinginkan dan tekan tombol Notice. Saat item populer tersebut tersedia via Marketplace, sebuah jendela notifikasi akan muncul di bagian pojok sebelah kanan.

  • Kesempatan Bidding

Anda memiliki kesempatan untuk Bidding atau membeli item bersangkutan setelah 10-15 menit karena waktu pendaftaran item tersebut tertera pada jendela notifikasi. Jika anda ingin berhenti mendapatkan Notice, tekan tombol Cancel.

Menjual Item

Menjual Item sangatlah mudah. Daftarkan item yang ingin anda jual melalui ‘My Listing’ > ‘Register Item’ di Marketplace. Anda bisa mendaftarkan beberapa item sekaligus dan mengatur harga per unit-nya. Harga rata-rata ditentukan berdasarkan jumlah Trade antar pemain.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh sistem, anda bisa menentukan harga antara patokan minimal dengan maksimal. Setelah item berhasil didaftarkan dan terjual, anda bisa menarik Silver Coin hasil penjualan melalui tombol My Listing.

▲ Anda akan mendapatkan jumlah Silver Coin yang telah dikurangi pajak Marketplace

Jika ingin menghindari ‘pajak’ anda bisa menggunakan Value Package (dijual melalui Pearl Shop) dan menerima 30% Silver lebih banyak. Selain di Marketplace, anda juga bisa menjual item yang diinginkan melalui jendela Storage yang ada di masing-masing City.

Item yang telah terdaftar akan ditampilkan di Marketplace selama 7 hari. Setelah melewati 7 hari, item tersebut akan ditarik peredarannya dari Marketplace. Anda bisa mengambilnya kembali atau melakukan pendaftaran ulang. Anda bisa membeli atau menjual item dari Marketplace manapun, namun untuk membatalkan item, anda perlu datang ke Marketplace tempat anda mendaftar item bersangkutan.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#