Panduan Worker – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Ada banyak sekali konten Life yang ditawarkan di dunia Black Desert Online. Worker atau pekerja akan membantu meringankan beban anda dalam menjalankan tugas keseharian. Peranan mereka sangatlah penting seperti mengumpulkan bahan-bahan dari Production Node atau crafting item di Workshop.

Mempekerjakan dan Memecat Worker

Worker merupakan karakter NPC yang dapat melakukan beberapa pekerjaan untuk anda. Untuk mempekerjakan Worker, anda harus membeli Worker Contract dari Administrator (Work Supervisor/Manager). Saat menekan tombol Worker Contract, 5 Energy akan berkurang dan satu Worker akan muncul secara random.

Anda bisa mempekerjakannya dengan menekan tombol Hire Worker atau memilih Worker lainnya dengan membayar 5 Energy lagi. Saat anda mempekerjakan Worker, pastikan anda memiliki Silver dengan jumlah tertentu di dalam Storage yang ada di Town bersangkutan.

Ada juga beberapa NPC yang menjual Worker Contract dengan Grade berwarna kuning di dekat lokasi Production seperti Farm. Worker yang dapat anda kontrak melalui Amity Shop dibatasi hingga Grade berwarna kuning. Spesies (tipe), Stat dan Talent merekapun sudah ditentukan.

Anda bisa memecat Worker dengan cara membuka World Map [M] lalu pilih Town dimana Worker anda bekerja atau melalui jendela Worker. Jika anda ingin memecat Worker dari World Map, tekan tombol Fire Selected Worker dari daftar Manage Worker.

Tipe Worker

Ada tiga tipe Worker yakni Goblin, Human dan Giant Worker. Goblin Worker memiliki kecepatan kerja dan kecepatan Movement yang paling tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya. Jadi mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Namun kelemahan Goblin Worker adalah mereka tidak dapat bekerja banyak berulang kali karena Stamina mereka rendah. Giant Worker memiliki Stamina yang paling tinggi jadi mereka dapat bekerja banyak berulang kali namun mereka tidak begitu cepat.

Human memiliki Stat yang seimbang diantara Giant dan Goblin Worker. Mereka bekerja dengan kecepatan rata-rata, Stamina mereka diatas Goblin namun lebih rendah dari Giant. Ketiga tipe Worker yang disebutkan tadi dikategorikan ke dalam 4 Title yang berbeda bergantung dari Stat mereka.

  • Naive Title (Grade warna putih), memiliki Stat paling rendah. Title Naive hanya berlaku untuk Giant Worker.
  • Tidak ada Title (Grade warna hijau), memiliki Stat lebih baik ketimbang Grade warna putih
  • Professional Title (Grade warna kuning) memiliki Stat yang cukup tinggi
  • Artisan Title (Grade warna oranye) memiliki Stat yang paling tinggi

Anda bisa mempekerjakan Worker dari NPC di dekat Farm jika anda memiliki Amity yang cukup. Worker di dekat Farm memiliki Title Professional (Grade warna kuning). Sayangnya mereka tidak dapat dipromosikan ke Artisan Title.

Menetapkan Tugas ke Worker

Ada lima cara untuk menetapkan tugas ke Worker

  • Penetapan Pertama

Kirim Worker ke Production Node dan biarkan mereka mengumpulkan bahan-bahan yang ada disana. Jika anda mengirimkan Worker ke Node yang telah diaktifkan dengan Contribution Points, Worker akan mengumpulkan bahan secara terus menerus dari area bersangkutan.

Anda bisa mengulangi pekerjaan tersebut sebanyak 50,000 kali namun Worker memiliki Stamina yang terbatas. Anda harus memulihkan Stamina mereka dari waktu ke waktu.

  • Penetapan Kedua

Anda bisa menyuruh Worker untuk bekerja Crafting di House yang telah ditentukan. House perlu diatur fungsinya terlebih dulu sebagai Workshop. Untuk memulai proses Crafting, material yang dibutuhkan perlu ada pada Storage di Town bersangkutan.

  • Penetapan Ketiga

Anda bisa menghasilkan beberapa Silver dengan cara mengirimkan Worker ke Investment Bank yang terletak di City. Anda tidak perlu membuat investasi apapun karena Bank milik City bersangkutan namun anda membutuhkan Gold Ingots untuk mengirimkan pekerja kesana. Anda bisa membeli Gold Ingots dari Currency Exchange.

  • Penetapan Keempat

Anda bisa mengirimkan Worker ke Garden untuk mengurus tanaman yang ada disana. Mereka akan memangkas tanaman liar dan menangkap serangga yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

  • Penetapan Kelima

Anda bisa menyuruh Worker untuk membangun Command Post atau Fort untuk tujuan Conquest War atau Node War. Anda bisa bergabung masuk ke dalam Conquest War atau Node War jika pembangunan Command Post atau Fort selesai dalam batas waktu yang telah ditentukan. Minta anggota Guild anda untuk mengirimkan Worker mereka!

Saat anda menugaskan Worker, Stamina mereka akan terus berkurang. Mereka akan berhenti bekerja saat Stamina mencapai 0. Anda perlu memulihkan tenaga mereka melalui Menu Manage Worker atau memecat mereka dan mendapatkan Worker baru. Anda memerlukan item Food tertentu seperti Beer atau Cheese Pie untuk memulihkan Stamina mereka.

Daftar Worker

Anda bisa melihat daftar Worker di bagian pojok bawah kanan di dekat World Map atau dari Worker List melalui menu ESC. Anda bisa membuat Worker berhenti atau mengulang pekerjaan mereka. Anda juga bisa melihat jenis pekerjaan yang mereka lakukan, waktu tersisa dan berapa kali mereka harus mengulang pekerjaannya.

Setiap kali Worker naik 10 level, mereka akan diberi kesempatan untuk menyelesaikan Promotion Test dalam kurun waktu 24 jam. Hanya 1 Worker yang dapat mengambil tes dalam satu waktu. Hasil dari Promotion Test akan dikirim melalui Mailbox (B).

Jika anda memiliki Worker dengan level lebih dari 30 dan EXP mereka lebih dari 50%, anda bisa menggunakan 50% EXP tersebut untuk mengubah salah satu skill ke skill lainnya yang random.

Worker Skills

Semua Worker mulai mempelajari skill dari Level 1. Mereka akan naik level saat pekerjaan mereka dilakukan berulang kali. Tiap naik 5 level, mereka akan mempelajari skill baru. Saat Worker mencapai level 30, mereka akan memiliki total 7 Skill. Worker mempelajari Skill secara random.

Worker yang mengumpulkan material dari Production Node akan bekerja lebih efisien jika mereka memiliki skill yang berkaitan dengan Work Speed atau Moving Speed. Jika anda lebih suka dengan efisiensi pekerjaan, Stamina Recovery Skill seperti Innate Stamina sangat berguna.

Packaging Skill memungkinkan anda untuk memproduksi Trade Item secara cepat dengan Processing tambahan. Anda bisa melakukan package item seperti Herb, Ore, Mushroom, Fish dan banyak lagi.

Jika Worker berhasil lulus dalam Promotion Test (Grade lebih tinggi), Worker tersebut akan kembali mulai dari Level 1. Mereka akan memiliki 1 Skill dan akan mempelajari Skill baru lainnya saat mereka naik level.

▲ Worker yang anda pekerjakan melalui Vongole dekat Loggia Farm memiliki Skill Repeat Ore Box.

▲ Jika Worker memiliki lebih dari 50% EXP dan berada diatas level 30, anda bisa mengganti Skill.

Worker Exchange

Anda bisa menggunakan fitur Worker Exchange melalui Work Manager NPC. Anda bisa mendaftarkan Worker yang sedang standby atau mempekerjakan Worker dari pemain lainnya. Biaya yang dibutuhkan berbeda bergantung dari level dan skill yang mereka miliki.

Saat anda mempekerjakan Worker dari Worker Exchange, anda perlu melihat skill apa yang mereka miliki dan dari Town mana mereka berasal. Saat anda mempekerjakan Worker dibawah Artisan Level, anda perlu melihat berapa banyak Promotion Test yang dapat mereka ambil ke depannya.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#