Panduan House – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

House berfungsi layaknya seperti tempat tinggal di dunia Black Desert Online. Selain memiliki banyak fungsi, House juga dapat dijadikan sebagai ajang pamer kreativitas anda. Setiap pemain bisa memiliki rumah yang disediakan di masing-masing teritorial.

House biasanya digunakan sebagai tempat aktifitas produksi namun anda juga bisa memakainya untuk tujuan lainnya. Bagian interiornya dapat di dekorasi dengan Wallpaper dan Furniture, bahkan anda bisa bermain dengan binatang peliharaan kesayangan! Anda bisa beristirahat, memperbaiki Equipment atau membaca buku.

Membeli dan Menjual House

Buka World Map dan klik Town untuk melihat House yang tersedia untuk dibeli. Anda bisa melihat jajaran House yang tersedia untuk dibeli dari warnanya yakni Biru. Setelah anda membeli salah satu rumah, rumah yang berdekatan dengan rumah yang anda beli akan tersedia juga untuk dibeli.

Secara sederhana, jika anda ingin membeli rumah berwarna abu, anda harus membeli rumah yang berdekatan terlebih dulu. Untuk membeli rumah, diperlukan Contribution Points. Semakin besar rumah dan fungsi yang ditawarkan, semakin mahal biaya Contribution Points-nya.

Anda bisa menjual rumah kapan saja anda mau dan mendapatkan kembali Contribution Points yang telah terpakai namun anda tidak dapat menerima kembali Silver yang sudah anda investasikan ke rumah yang anda jual tersebut.

House Function

Masing-masing rumah memiliki fungsi tersendiri yang dapat anda atur. Anda perlu mengatur fungsi Usage saat membeli rumah, jika tidak diatur, maka rumah tersebut akan diatur sebagai Storage secara otomatis. Anda bisa mengubah fungsinya kapan saja anda mau namun hal tersebut membutuhkan waktu dan Silver. Perlu diketahui, anda tidak dapat menggunakan rumah yang sedang diganti fungsinya.

Rumah dapat diatur fungsinya sebagai Residence, Lodging, Storage, Refinery, Workshop, Forge, Factory, Mill dan banyak lagi.

Residence

Anda bisa menempatkan Production Equipment seperti Tools yang digunakan untuk Alchemy atau Cooking atau Furniture di dalam rumah. Anda bisa mengatur fungsi rumah sebagai Residence maksimal dengan jumlah 5. Jika anda mengganti fungsi Usage rumah dari Residence ke fungsi lainnya, Furniture yang ada di dalamnya akan di transfer secara otomatis ke Storage yang ada di Town bersangkutan.

My Residence List

Klik icon Residence yang ada di bagian kiri, layar untuk melihat daftar Residence yang anda miliki. Anda bisa memiliki maksimal 5 Residence. Buka Residence List dan klik icon panah di bagian Location, anda akan dipandu ke lokasi Residence yang telah anda pilih. Berikut adalah macam-macam fungsi yang bisa anda pilih pada Residence:

  • Lodgings

Lodging atau pondok pekerja merupakan rumah yang disediakan untuk tempat beristirahat para pekerja. Anda bisa mempekerjakan Worker (pekerja) pertama tanpa harus memiliki Lodging namun anda membutuhkan lebih banyak Lodging jika anda ingin mempekerjakan lebih banyak Worker.

Anda bisa mengirimkan pekerja ke sumber produksi untuk mengumpulkan berbagai macam material atau mengirimkan mereka ke Workshop untuk melakukan crafting berbagai macam item. Item yang diperoleh para pekerja atau yang telah di crafting oleh mereka akan disimpan ke dalam Storage yang ada di Town bersangkutan. Satu lagi, para pekerja akan menggunakan bahan-bahan yang diperlukan untuk proses Crafting yang disimpan di dalam Storage.

  • Storage

Jika anda mengatur rumah ke fungsi Storage, slot pada Storage yang ada di Town bersangkutan akan bertambah. Untuk menaikkan jumlah slot pada Storage, anda perlu melakukan upgrade.

  • Refinery

Dengan fungsi Refinery, anda bisa melakukan crafting Black Stone Powder yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk untuk crafting item lainnya di Workshop. Jika anda menggunakan material khusus, anda bisa melakukan Crafting Black Stone juga lho!

  • Workshop

Anda bisa mengirimkan para pekerja ke dalam Workshop untuk melakukan crafting. Jika anda meng-upgrade level dari Workshop, anda bisa mendapatkan item dengan Grade yang lebih tinggi. Berikut daftar item yang bisa anda craft di tiap jenis Workshop yang berbeda: (Perlu diketahui, selain Workshop yang tertera dibawah ini, ada beberapa jenis Workshop lainnya yang berbeda di tiap Town).

Workshop Craft Items
Weapon Workshop  Sharp-edge weapons seperti long swords dan axes
Armor Workshop  Armor seperti Helmet, armor, gloves, shoes, dll
Carpentry Workshop  Bows dan shields terbuat dari wood
Handcraft Workshop  Weapons seperti Amulet, Ornamental Knot, Talismans, dll
Tool Workshop Gathering tools
Cannon Workshop  Cannons dan cannonballs untuk Siege War
Furniture Workshop  Furniture yang dapat ditempatkan di rumah
Jeweler Accessories
Horse Gear Workshop Horse gear
  • Factory

Dengan Factory, anda bisa memproses material yang telah di Gather menjadi item yang dapat di Trade atau menjadi sebuah material baru lagi.

Bergantung dari jenis material yang digunakan, Factory dapat memproses berbagai tipe produk yang berbeda seperti Fish, Mushroom, Crop, Wood dan Mineral.

  • Mill

Dengan Mill, anda bisa crafting Wagon atau Ship. Setelah berhasil melakukan crafting, anda akan mendapatkan Registration Emblem yang dapat didaftarkan ke NPC untuk kemudian menukarkannya dengan Wagon atau Ship.

  • Horse Ranch

Horse Ranch hanya tersedia di beberapa City dan Town. Horse Ranch dapat meningkatkan slot yang ada di Stable dimana anda bisa menyimpan semua kuda yang anda miliki.

Menempatkan Furniture

Di dalam Residence, anda bisa menempatkan tidak hanya Alchemy atau Cooking Tools saja namun juga beberapa Furniture yang berfungsi sebagai alat dekorasi. Beberapa Furniture memiliki efek spesial tersendiri seperti Bed yang dapat memulihkan Energy saat anda berisitirahat atau Bookshelves dimana anda bisa membaca buku dan mendapatkan Knowledge dan juga Furniture lainnya yang memiliki berbagai macam efek bonus.

Ada 6 objek yang dapat anda tempatkan di dalam Residence, masing-masing adalah sebagai berikut:

  • Objek yang ditempatkan di dasar lantai

Objek yang bisa anda tempatkan di dasar lantai diantaranya Bed, Sofa, Table, Desk, Chair, Bookcase dan berbagai jenis Tools.

  • Objek yang dipajang di tembok

Objek yang bisa anda tempatkan pada tembok diantaranya seperti tirai, lukisan dan lainnya.

  • Objek kecil yang ditempatkan pada meja

Anda bisa menempatkan objek kecil pada objek yang ditempatkan di dasar lantai (contoh meja). Objek kecil ini diantaranya vas, pot bunga dan lain-lain.

  • Objek yang ditempatkan pada plafon

Ada berbagai objek yang dapat anda tempatkan di plafon seperti lampu gantung dan sebagainya.

  • Wallpaper

Sampul Wallpaper dapat anda tempatkan di tembok sebagai bahan dekorasi. Wallpaper hanya dapat digunakan sekali dan tidak dapat diambil kembali jika dihapus. Jika anda ingin mengganti Wallpaper, hapus Wallpaper yang kini terpasang dan tempatkan Wallpaper baru.

  • Material lantai

Anda bisa mengubah dekorasi lantai. Sama seperti Wallpaper, lantai hanya satu kali pakai.

Yuk Coba Dekorasi!

▲ Pertama, masuk ke dalam Residence yang telah anda beli dengan menekan tombol [R]

▲ Setelah masuk, pilih Place Mode yang ada di bagian atas layar

▲ Di bagian bawah tersedia Furniture yang dapat anda tempatkan dengan cara klik Furniture dan seret ke lokasi yang diinginkan. Untuk memutar furniture, tekan tombol [ atau ]. Furniture yang ditampilkan juga bisa anda beli melalui Pearl Shop.

▲ Setelah menentukan lokasi yang diinginkan, tekan tombol Spasi untuk memasang Furniture bersangkutan.

▲ Jika anda menempatkan item yang tidak anda miliki, icon Buy akan muncul dan anda bisa membelinya. Furniture yang dibeli akan masuk ke dalam keranjang belanja (My Cart). Jika anda jadi membeli Furniture yang diinginkan, klik tombol Buy All.

▲ Tekan [Esc] untuk keluar dari mode Place Mode untuk melihat Furniture yang telah terpasang. Kini anda sudah bisa memasang Furniture di rumah Black Desert Online! Mudah bukan?

Lantas bagaimana cara mengganti Wallpaper atau Flooring (lantai)? Mari simak tutorialnya berikut ini:

▲ Pilih Wallpaper yang ada di Place Mode, seret ke tembok lalu tekan tombol spasi untuk memasang Wallpaper tersebut di tembok. Jika rumah anda berlantai 2, Wallpaper yang anda pasang di lantai 1 juga akan terpasang secara otomatis di lantai 2, jadi anda tidak perlu membeli 2 Wallpaper! Hal ini berlaku juga untuk lantai.

Sekali lagi, Wallpaper dan material lantai hanya dapat digunakan satu kali saja, jadi pilih jenis yang benar-benar anda inginkan!

▲ Tada! Rumah kamu jadi semakin cantik bukan?

Jika anda memasang semua jenis Furniture dan menempatkan objek kecil, anda bisa mendapatkan Interior Points. jika anda berada pada urutan 1-15, pemain lainnya dapat masuk dan melihat-lihat interior dari rumah yang anda miliki.

▲ Untuk melihat rumah pemain lainnya, tekan F5 atau klik tombol Enter untuk masuk. Jika anda masuk ke dalam urutan pertama anda bisa menggunakan Investment Bank di teritorial tersebut.

Cara Mendapatkan Furniture

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Furniture. Pada umumnya, anda bisa membeli Furniture melalui Merchant namun ada juga Furniture yang dapat anda beli melalui Pearl Shop. Furniture dengan Grade tinggi membutuhkan Amity Points yang tinggi. Berikut cara memperoleh Furniture selengkapnya:

  • Furniture Dealer NPC

Anda bisa menemukan Furniture Dealer NPC di Town. Ada penjual khusus Art, Carpet, Candlestick dan lainnya. Jika anda ingin membeli Furniture dengan harga yang murah, anda bisa membelinya melalui NPC, namun beberapa NPC membutuhkan Amity Points yang tinggi.

  • Crafting furniture melalui workshop

Beli rumah dan atur fungsinya sebagai Furniture Workshop. Kirimkan pekerja dan biarkan mereka membuat Furniture untuk anda.

  • Fishing

Anda bisa mendapatkan kategori Furniture dengan objek kecil saat memancing dengan peluang rendah.

  • Stealing

Anda bisa mencuri Furniture dari beberapa NPC walaupun peluangnya sangatlah kecil.

  • Monster drops

Saat anda berburu monster, anda bisa mendapatkan Furniture dari hasil looting dengan tingkat peluang yang rendah.

  • Quest rewards

Beberapa NPC akan memberikan Furniture sebagai reward dari Quest yang diselesaikan.

  • Pearl Shop

Anda bisa membeli berbagai macam Furniture dari Pearl Shop.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#