Panduan Fishing Lanjutan – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Apa itu Fishing?

Hampir sama dengan memancing di dunia nyata, Fishing di dunia Black Desert Online merupakan salah satu konten dari Life Skill yang tersedia. Tidak begitu banyak hal diperlukan dalam kegiatan ini, yang anda butuhkan hanyalah Fishing Rod dan tempat untuk memancing.

Ada 3 metode Fishing di dunia Black Desert yakni Auto Fishing, Manual Fishing dan Harpoon Fishing. Auto Fishing adalah metode dimana sistem akan membantu anda memancing secara otomatis setiap 180 detik sekali dan anda tidak perlu repot menekan tombol sana sini, cukup membiarkannya saja.

Manual Fishing adalah metode dimana anda menangkap ikan satu persatu dengan cara mengklik dan menekan tombol seperti yang telah dijelaskan pada Panduan Fishing Dasar sebelumnya. Auto Fishing merupakan metode paling mudah namun metode ini tidak bersahabat bagi biaya listrik yang dikeluarkan PC/laptop selama anda AFK, kecuali jika anda memiliki budget.

Fishing Rod/Float

Anda membutuhkan Fishing Rod untuk mulai memancing. Di Black Desert, ada beberapa macam Fishing Rod dan Fishing Float. Anda bisa memancing tanpa Fishing Float namun akan lebih baik jika anda memilikinya. Berikut adalah daftar Fishing Rod dan Fishing Float beserta efeknya.

Nama Item

Efek

Old Fishing Rod

Tidak tersedia

Steel Fishing Rod

Fishing Level +2

Triple-Float Fishing Rod

Dapat menangkap beberapa ikan sekaligus dengan kemungkinan random

Balenos Fishing Rod

Mengurangi waktu Auto Fishing

Epheria Fishing Rod

Memiliki Durability yang lebih banyak ketimbang Fishing Rod

Calpheon Fishing Rod

Menaikkan peluang untuk menangkap ikan besar

Mediah Fishing Rod

Menaikkan peluang untuk menangkap ikan langka

Ash Tree Float

Menaikkan peluang untuk menangkap ikan besar

Maple Float

Menaikkan peluang untuk menangkap ikan langka

Triple-Float Fishing Rod memiliki tiga Float yang terpasang. Anda bisa mendapatkan ikan lebih banyak dalam satu kali tangkapan dan sudah tentu mengurangi waktu memancing dibandingkan dengan menggunakan Fishing Rod biasa. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan 3-4 ikan sekaligus lho!

Anda bisa mendapatkan Triple-Float Fishing Rod dari Quest Fish for Villagers. Quest ini tersedia tiap tiga hari sekali dan terbilang cukup sulit untuk mendapatkannya. Quest ini diberikan oleh Abelin dari Velia Wharf dan Quest akan aktif jika anda melakukan Fishing Quest di Velia.

Quest: [Abeline, the Fishing Boy] – mulai dari NPC Igor Bartali

Balenos Fishing Rod mengurangi waktu memancing saat anda melakukannya dengan metode Auto Fishing. Sebagai contoh, +7 Balenos Fishing Rod akan mengurangi waktu Auto Fishing sebesar 18% atau sekitar 147.6 detik dari waktu yang seharusnya 180 detik. Auto Fishing dapat dilakukan dimanapun selama anda berada di kawasan perairan.

Mediah Fishing Rod meningkatkan peluang untuk mendapatkan ikan langka seperti Coelacanth, Porgy dan Sea Bass yang memiliki harga jual tinggi. Maple Float juga memiliki efek yang sama dengan Mediah Fishing Rod. Mediah Fishing Rod dan Float ini sangat populer digunakan untuk mengisi Inventory lebih cepat dengan berbagai ikan langka yang siap dijual ke Imperial Fishing Delivery Manager.

Calpheon Fishing Rod meningkatkan peluang untuk menangkap ikan besar. Ikan besar seperti Marlin (Swordfish) dapat ditangkap dengan mudah di daerah laut seperti Eltro Sea atau Zenato Sea. Ash Tree Float juga memiliki efek yang sama, kemungkinan untuk mendapatkan ikan mahal berada di kawasan laut, jadi jika anda ingin berlayar ke laut, pastikan anda membawa Calpheon Fishing Rod.

Balenos/Calpheon/Epheria/Mediah Fishing Rods dan Ash Tree/Maple/Cedar Floats dapat di enhance menggunakan Black Stone dan efeknya akan bertambah jika proses Enhance berhasil. Durability dari Balenos dan Epheria Fishing Rod juga akan bertambah jika anda berhasil Enhance dengan Black Stone. Anda juga dapat memancing lebih lama jika anda memperbaikinya sekali.

Namun waspadalah, level enhancement dapat turun setelah +7 jika proses enhancement gagal. Jika anda ingin menghindari resiko gagal dari enhancemment, gunakan Black Stone yang banyak dan cobalah metode Force Enhancement. Perlu diingat, Triple-Float Fishing Rod tidak dapat di enhance atau diperbaiki. Anda bisa melihat informasi tambahan mengenai ikan langka dan ikan besar di jendela Knowledge dengan menekan tombol [H], Life Skill > kategori Fishing.

Fishing Points

Mungkin anda pernah melihat orang-orang berbicara mengenai Fishing Points di jendela Chat. Fishing Points mengacu pada area dimana terdapat banyak ikan. Fishing Points dalam dunia Black Desert tidak hanya mengacu pada area yang terdapat banyak ikannya namun juga area dengan populasi ikan yang mahal.

Untuk menemukan Fishing Points, anda perlu mencoba memancing di tempat dimana banyak pemain lainnya sedang memancing dan melihat sendiri persentase ikan yang anda dapatkan tiap levelnya. Menemukan Fishing Points dapat membawa kepuasan tersendiri. Salah satu Fishing Points favorit adalah di depan gua atau bukit yang ada perairannya.

Origin & Node

Anda bisa menjual ikan yang anda tangkap ke Trade Manager atau Imperial Fishing Delivery Manager. Aktivitas Trade terlibat disini jadi jika anda ingin melakukan Trading, asal dari produk bersangkutan harus tersambung dengan Node dimana anda ingin menjualnya.

Jika anda menjual ikan tanpa menyambungkan Node, anda hanya akan mendapatkan harga 30% dari harga normal. Jadi siapkanlah Contribution Points untuk menyambungkan node-node yang dibutuhkan.

Asal produk (ikan) dapat diketahui dengan cara mengarahkan mouse ke item Fish bersangkutan. Asal muasal ikan dibagi berdasarkan teritorial wilayah perairan namun bisa juga ditampilkan dengan nama pulau yang mewakili area perairan tersebut, jadi area dimana anda menangkap ikan dan tampilan informasinya bisa jadi berbeda.

Jika asal muasal (origin) ikan dan tempat menjualnya tidak tersambung melalui node, anda akan dibayar 30% dari harga normal, jika node tersambung, anda bisa menjualnya dengan harga 100% atau 250% untuk Imperial Fishing.

Fishing Level

Anda bisa mengurangi waktu memancing dengan menaikkan level Fishing. Dengan mengurangi waktu ini, anda bisa mendapatkan ikan dengan jumlah yang lebih banyak dalam kurun waktu yang lebih singkat. Direkomendasikan untuk menaikkan level Fishing ke 5 untuk mempermudah memancing.

Level Fishing dapat dinaikkan melalui Food, Potion, Clothes dan Guild Skill. Hal paling mudah untuk menaikkan level Fishing adalah melalui fitur Guild Skill. Fitur ini aktif jika anda berada di dalam Guild yang memiliki Skill Art of Fishing (maksimal level 3).

Cara lainnya untuk menaikkan level Fishing adalah dengan mengenakan pakaian Silver Embroidered Fisher’s Clothes. Jika anda melakukan enhance +2 pada pakaian tersebut, level Fishing akan meningkat 2 poin. Jika Guild Skill memiliki level Fishing maksimal 3 dan anda mengenakan pakaian yang tadi disebutkan maka anda akan mencapai level Fishing 5 dengan mudah!

Balenos Meal dapat meningkatkan level Fishing 2 poin selama 90 menit.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#