Panduan Cooking – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Cooking merupakan salah satu Life Skill termudah yang dapat anda pelajari di Black Desert Online. Anda bisa membuat berbagai macam masakan atau makanan yang dapat memberikan efek berupa berbagai variasi Buff untuk berbagai keperluan seperti Hunting atau Production. Menjual makanan juga menjadi salah satu cara untuk memperoleh penghasilan.

Persiapan

Yang anda butuhkan untuk mulai memasak adalah Cooking Utensil yang disimpan dalam rumah anda, bahan-bahan yang masih segar, berbagai macam bumbu yang bisa anda beli melalui Shop atau juga Cook Clothes yang dapat mengurangi waktu memasak.

Peralatan Masak

Cooking Utensil harus anda tempatkan terlebih dulu di kediaman anda (Residence). Direkomendasikan untuk memiliki lokasi Residence yang berdekatan dengan Storage dimana anda menimbun bahan-bahan yang diperlukan. Direkomendasikan juga untuk memiliki Residence lebih dari satu agar memudahkan pergerakan anda dari lokasi Storage bersangkutan.

Disarankan untuk menempatkan Advanced Cooking Utensil dimana anda bisa memasak 900 kali (Durability 900) dan mengurangi waktu Cooking sebesar 1 detik. Cooking Utensil bisa anda beli di Shop (Durability 100) atau anda bisa crafting Advanced Cooking Utensil melalui Tool Workshop level 3 (membelinya di Marketplace juga bisa). Jika anda kesulitan membuat Advanced Cooking Utensil, anda bisa mencoba untuk menggunakan Intermediate Cooking Utensil (Durability 500).

Daftar Tool Workshop Level 3
OlviaNo. 3-4
HeidelNo. 5-3, 2nd Floor No. 7-4, No. 8-4
GlishRoom 3, No. 1, No. 3

Material yang dibutuhkan untuk crafting Advanced Cooking Utensil:

  • 20 Polished Stones, 5 Usable Scantlings, 20 Melted Iron Shard, 14 Black Stone Powder

Material yang dibutuhkan untuk crafting Intermediate Cooking Utensil:

  • 25 Rough Stones, 10 Logs, 15 Melted Iron Shards, 7 Black Stone Powder

Material dan Bahan Memasak

Ada dua tipe Cooking Ingredients:

  • Seasonings seperti Sugar dan Salt yang bisa anda dapatkan dari Cooking Merchant
  • Ingredients seperti Apples dan Pork yang bisa anda dapatkan dari Gathering, Processing, produksi dari Node atau Cultivating

Tingkat kesulitan dari Cooking dapat ditentukan dari susah atau tidaknya mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk melihat bahan atau material yang dibutuhkan, anda bisa melihatnya melalui Crafting Notes yang dapat diakses melalui [ESC] > Knowledge Base > Crafting Notes yang terletak di bagian bawah jendela.

Baju Memasak

Silver Embroidered Cook’s Clothes memiliki efek status yang baik digunakan saat melakukan aktivitas masak memasak. Efek yang diberikan antara lain Movement Speed Level +1 dan Cooking Time – 1 sec. Masing-masing efek dan juga Cooking Skill EXP akan meningkat tiap level Enhancement.

Silver Embroidered Cook’s Clothes dapat diperoleh dengan cara crafting di Housing: Costume Mill dengan bahan:

  • 9 Cotton Fabrics, 10 Powder of Earth dan 15 Black Stone Powder

Proses Memasak

Anda perlu membawa Ingredients yang diperlukan untuk memasak ke rumah (Residence) dimana Cooking Utensil berada. Cooking Utensil dapat ditempatkan saat berada dalam Arrangement Mode yang muncul saat anda memasuki rumah. Untuk memakai Cooking Utensil, pergi ke dekat Cooking Utensil sampai anda melihat menu interaksi yang muncul.

Di bagian kolom sebelah kanan dari jendela Cooking, anda bisa melihat keseluruhan masakan yang bisa anda buat di Black Desert Online. Masakan yang belum pernah anda masak sebelumnya akan ditampilkan dengan nama ‘Sauce for Meat’ atau ‘Sour Seasoning’. Namun jika anda sudah pernah memasak masakan tersebut dan memperoleh Knowledge, nama masakan akan ditampilkan sesuai dengan yang seharusnya. Untuk melihat resep yang digunakan dari masakan, klik nama masakan bersangkutan.

Saat jendela Cooking tampil, jendela Inventory pun akan muncul. Klik kanan Ingredients yang ada di Inventory slot untuk memasukkannya ke dalam jendela Cooking. Memasak satu jenis masakan biasanya membutuhkan 1-3 Ingredients dan 1-3 Seasonings yang berbeda. Beberapa masakan membutuhkan masakan yang telah jadi sebagai Ingredients-nya. Untuk memulai proses Cooking, klik tombol Cook.

Anda juga bisa memilih berapa kali anda ingin mengulangi proses Cooking (pastikan Ingredients yang dibutuhkan tersedia di dalam Inventory Slot) dengan cara menekan tombol Continuous Production. Hal yang perlu diingat saat melakukan aktivitas Continuous Production adalah anda perlu menempatkan Ingredients yang diperlukan untuk memasak satu kali terlebih dulu baru kemudian menekan tombol Continuous Production.

Apa yang dimaksud dengan Substitute?

Jika pada resep tertulis Wheat dibutuhkan untuk masakan bersangkutan, apakah berarti kita benar-benar harus menempatkan atau mencari Wheat saja? Jawabannya adalah TIDAK. Ada bahan substitute atau pengganti (cadangan) yang dapat menggantikan bahan yang disebutkan tadi. Anda bisa mengganti Wheat dengan kategori atau bahan Grain lainnya. Sebagai contoh, kategori Grain tidak hanya termasuk Wheat saja namun juga Barley, Potato, Sweet Potato dan Corn. Jadi anda bisa menggantikan Wheat dengan bahan Grain yang masih dalam satu kategori. Contoh sederhana, jika anda tidak memiliki Wheat, anda bisa menggantinya dengan Corn.

Namun bukan berarti anda bisa memasak menggunakan bahan substitute (pengganti) dengan leluasa. Beberapa masakan membutuhkan bahan pengganti lebih banyak dari resep aslinya. Contoh sederhananya, jika pada resep tertulis 2 Wheat dan anda menggantinya dengan Corn, anda perlu lebih dari 2 Corn untuk membuat masakan yang sama. Jika anda gagal membuat masakan saat menggunakan bahan pengganti, anda perlu bahan pengganti lebih banyak lagi.

Daftar Bahan Pengganti
FishJenis ikan apapun
Processed Fish“Dried (processed)” fish
SeafoodSquid, Octopus, Crab, Jellyfish, Shellfish, Seahorse, Starfish, Terrapin, Crawfish, Cuttlefish
Processed Seafood“Dried (processed)” seafood
GrainWheat, Barley, Potato, Sweet Potato, Corn
VegetablePumpkin, Olive, Tomato, Paprika, Cabbage
FruitGrape, Strawberry, Apple, Cherry, Pear, Banana, Pineapple
MeatDeer Meat, Lamb Meat, Fox Meat, Rhino Meat, Pork, Beef, Raccoon Meat, Weasel Meat, Bear Meat, Wolf Meat
Reptile MeatDinosaur Meat, Lizard Meat, Worm Meat, Waragon Meat, Cheetah Dragon Meat
Bird MeatKuku Bird Meat, Flamingo Meat, Chicken Meat
JerkyFragrant Jerky, Well-dried Jerky, Rare Jerky
FlowerRose, Tulip, Sunflower
WaterMineral Water, Purified Water
HoneyWild Beehive, Cooking Honey

Sukses dan Gagal dalam Memasak

Anda tidak akan pernah gagal dalam memasak jika anda menyiapkan semua bahan atau Ingredients yang diperlukan sesuai dengan yang tertulis pada resep. Jika anda berhasil memasak satu masakan untuk pertama kalinya, anda akan mendapatkan Knowledge dan juga resep yang digunakan untuk memasak. Namun, level tertentu dibutuhkan untuk memasak satu masakan tertentu. Anda bisa saja gagal dalam proses memasak bahkan jika anda telah menyiapkan semua kebutuhan dengan benar sekalipun karena level Cooking anda terlalu kecil.

Ada dua alasan utama mengapa anda gagal dalam memasak. Anda menyiapkan bahan atau Ingredients yang keliru atau bahan yang diperlukan tidak mencukupi. Jika anda pernah gagal dan berhasil saat memasak salah satu resep, hal tersebut dipastikan karena anda tidak memiliki bahan yang cukup.

Jika anda berhasil memasak satu masakan, anda bisa menukarkannya ke NPC untuk mendapatkan EXP, Silver atau bahkan item. Disarankan untuk menyimpan semua hasil masakan yang anda buat ke dalam Storage dan menukarkannya ke NPC secara bersamaan sekaligus. Peluang untuk mendapatkan jumlah masakan yang banyak akan meningkat seiring dengan tingginya level Cooking.

Yuk, jadi Ahli Memasak!

Sejauh ini kita sudah mempelajari dasar-dasar dari Cooking. Sekarang, kami akan menyediakan tips bermanfaat untuk menaikkan level Cooking dengan cepat dan sudah tentu akan memberikan EXP lebih banyak bergantung dari tingkat kesulitannya.

1) Vinegar

Required LevelCooking Beginner Lv. 1 atau lebih
Ingredient[Golden Ratio] 1 Grain, 1 Fruit, 1 Leavening Agent, 1 Sugar

Anda bisa menggunakan salah satu produk kategori dari Grain berikut ini, Wheat, Barley, Potato, Sweet Potato atau Corn. Anda bisa memproduksinya dengan Exploration Node Production atau membelinya melalui Marketplace. Anda juga bisa membeli Leavening Agent dan Sugar dari Ingredient Vendor NPC di setiap wilayah.

Vinegar merupakan salah satu jenis masakan yang diperlukan sebagai Ingredients untuk masakan lainnya. Jadi disarankan untuk menyimpannya.

2) Beer

Required LevelCooking Beginner Lv. 1 atau lebih (Cool Draft Beer dapat diperoleh pada Skill Lv. 1)
Ingredient[Golden Ratio] 5 Grain, 6 Mineral Water, 2 Leavening Agent, 1 Sugar

Sama seperti Vinegar, anda bisa menggunakan salah satu produk kategori dari Grain berikut ini, Wheat, Barley, Potato, Sweet Potato atau Corn. Anda bisa membeli Ingredients lainnya melalui Ingredients Vendor NPC. Beer bisa memulihkan stamina dari Worker, jadi pastikan anda memilikinya di dalam Inventory.

3) High-Quality (Special) Carrot Juice

Required LevelCooking Beginner Lv. 1 atau lebih (Beginner Lv. 6 atau lebih untuk Special Carrot Juice)
Ingredient[Golden Ratio] 1 High-Quality (Special) Carrot, 3 Grain Flour, 4 Mineral Water, 3 Sugar

Anda bisa memperoleh High-Quality atau Special Carrot melalui Garden Farming. Jika belum punya, anda bisa membeli Carrot dari Marketplace. Carrot Juice dijual dengan harga tinggi jadi anda bisa memasaknya sekaligus membuat keuntungan sendiri! Jika anda memiliki banyak waktu, sangat disarankan untuk menanam sendiri Carrot dan oh, jangan lupa untuk memasaknya langsung saat anda memanennya!

Anda bisa mendapatkan Grain Flour melalui Processing dengan memilih Grinding. Untuk jenis Ingredients lain, anda bisa membelinya melalui Ingredients Vendor NPC. Anda bisa mendapatkan paling sedikit 5 hingga 20 Carrot Juice sekali masak atau lebih dari jumlah tersebut jika Level Cooking anda tinggi.

Jual Masakan

Buff yang didapat dari masakan merupakan salah satu Buff penting yang dicari oleh pemain lainnya di Black Desert Online. Agar dapat menghasilkan keuntungan dari menjual masakan, anda perlu mengetahui tren masakan apa yang sedang atau paling banyak dicari kala itu.

Beer merupakan salah satu jenis masakan yang paling populer di Marketplace namun Beer tidak dapat menghasilkan banyak keuntungan karena harganya yang relatif rendah. Sute Tea atau Special juga merupakan jenis masakan yang paling banyak dicari. Sute Tea dapat anda kirimkan ke Imperial Household, namun jika Marketplace adalah tujuan utama anda untuk menghasilkan Silver, anda perlu membuat masakan dengan jenis Special.

Contoh sederhana, anda bisa menjual Carrot Juice di Shop terdekat, namun jika anda menanam sendiri Special Carrot, anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena anda tidak mengeluarkan Silver untuk bahan Ingredients sepeserpun. Anda bisa mendapatkan 7-21 Special Carrot Juice dalam sekali masak dan jika anda melakukannya sekitar 500 kali, anda akan mendapatkan 5,000 – 6,000 Special Carrot Juice dan mendapatkan kurang lebih 1 juta Silver.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#