Panduan Combat: Penalty – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Jika karakter anda mati, ada sebuah penalti yang akan dikenakan kepada anda bergantung dari apa penyebab kematiannya. Jika anda mati karena terbunuh monster, EXP akan bekurang, Crystal dan Trade Item juga dapat hancur. Yang perlu menjadi perhatian adalah Crystal karena item ini mudah rusak. Jika anda mati karena PvP atau PK, penalti tidak berlaku.

Lokasi Resureksi

Saat karakter anda mati, anda bisa memilih tempat untuk resureksi. Jika anda tidak memilih lokasi dalam kurun waktu 1 menit, karakter akan memilih lokasi resureksi secara otomatis bergantung dari situasi dan kondisi. Jika anda memiliki item Revival seperti Elion’s Tear, EXP yang anda dapatkan tidak akan berkurang, namun hal ini tidak berlaku untuk Crystal atau Trade Item.

  • Resureksi Instan

Jika anda memiliki item Elion’s Tear, anda bisa resureksi di tempat anda mati. Jika anda berada di dalam Arena, anda bisa resureksi tanpa menggunakan Elion’s Tear. Namun, jika anda mati di area Conquest atau di dalam air, Elion’s Tear tidak dapat digunakan.

  • Resureksi di Town

Anda akan resureksi di Town dengan node terdekat dari tempat anda mati. Jika tidak ada Town di wilayah tempat anda mati, anda akan resureksi di Town paling dekat dari tempat anda mati.

  • Resureksi di Node eksplorasi terdekat

Anda akan resureksi di node eksplorasi terdekat dari tempat anda mati. Namun node tersebut harus dijelajahi terlebih dulu. Karakter dengan karma Chaotic dapat resureksi di node eksplorasi yang belum terjelajah atau resureksi secara random di 3 node eksplorasi terdekat. Jika tidak ada node eksplorasi terdekat, pilihan ‘Resureksi di Node eksplorasi terdekat’ tidak akan tersedia.

Penalti Karma

Karma akan turun jika anda mencuri atau melakukan PK dan akan naik jika anda membunuh monster. Jika anda diserang saat berada dalam kondisi PvP aktif, menyerang balik dan berhasil membunuh penyerang, anda tidak akan terkena penalti karena situasi seperti ini dianggap sebagai pertahanan diri. Jika anda yang menyerang duluan, maka penalti karma berlaku.

Jika anda menyerang seseorang saat PvP dalam keadaan aktif, karma akan berkurang sebesar 10,000. Jika anda membunuh orang tersebut, maka karma akan berkurang sebesar 200,000.

Karma maksimum adalah 300,000 dan tidak dapat lebih dari itu. Jadi, jika anda membunuh 2 orang berturut-turut (yang berarti mengurangi 400,000 lebih karma), anda akan terkena penalti yang besar. Karma yang berada di bawah nol disebut sebagai Karma Chaotic. Berikut adalah penalti yang dihadapi oleh pemain dengan Karma Chaotic:

  • Diserang saat berada di Zona Aman

Pemain yang memiliki karma Chaotic dapat diserang di Safe Zone (Town) dan terkena penalti saat ia mati.

  • Penalti Kematian yang jauh lebih Intensif

Jika karakter dengan karma Chaotic mati, EXP yang berkurang akan jauh lebih besar. Jumlah Crystal atau Equipment yang rusak jauh lebih banyak atau level Enhancement-nya akan menurun. Penalti level Enhancement tidak berlaku di Valencia Desert.

  • Area Resureksi

Saat pemain dengan karma Chaotic resureksi dan memilih pilihan ‘Resureksi di node eksplorasi terdekat’, pemain tersebut akan resureksi secara random di 3 node eksplorasi terdekat.

  • Diserang oleh NPC

Guard NPC akan menyerang pemain yang memiliki karma Chaotic saat pemain tersebut berada di dekat NPC bersangkutan. Jadi, akan menjadi sangat sulit mengggunakan fasilitas di dalam Town bagi pemain yang memiliki karma Chaotic. Guard NPC tidak menyerang di Muiquun.

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#