Panduan Combat: Enhancement – Black Desert Online

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#

Black Stone tidak hanya sekedar menjadi bagian dari sejarah Black Desert, namun memiliki peranan penting di dalam game. Black Stone dapat digunakan untuk menaikkan ‘status’ sebuah item. Saat anda menyelesaikan Quest [Awakening] Traces of Edana yang didapat dari Black Spirit, anda bisa menggunakan fitur Enhancement dan Transfusion.

Secara singkat, Enhancement di Black Desert Online berarti meningkatkan status dari sebuah item (Equipment) dan Transfusion berarti menambahkan fitur spesial ke item (Equipment) dengan cara memasang Magical Crystal ke dalam soket yang tersedia.

Jika anda memiliki Black Stone yang mencukupi, segera gunakan untuk meningkatkan status dari Item atau Equipment anda. Jangan khawatir, anda bisa mendapatkan Black Stone anda kembali dari Item atau Equipment melalui cara Extraction.

Enhancement

Enhancement merupakan sebuah aktivitas untuk menaikkan AP (Attack Point) atau DP (Defense Point) dengan cara menggunakan Black Stone ke item atau Equipment. Mayoritas item dapat di enhance secara aman hingga +7 untuk Weapon dan +5 untuk Armor.

Jika aktivitas Enhancement gagal, Durability maksimum dari Equipment tersebut dapat menurun atau level Enhancement dapat menurun bergantung dari item atau Equipment itu sendiri. Perlu diperhatikan, saat anda gagal enhance item seperti Necklace, Earring dan Ring item bersangkutan dan Black Stone yang digunakan dapat menghilang!

Force-Enhancement

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, rentang aman untuk melakukan aktivitas Enhancement pada Weapon adalah +7 dan Armor +5. Fitur Force-Enhancement membutuhkan Black Stone lebih banyak, semakin tinggi tingkat level Enhancement, semakin banyak Black Stone yang dibutuhkan. Force Enhancement, bergantung dari level Enhancement-nya akan mengurangi Durability maksimum dari item atau equipment bersangkutan.

Jika Durability maksimum menjadi 20 atau kurang dari itu karena gagal saat melakukan Enhance atau Force-Enhancement, Equipment atau item bersangkutan tidak dapat lagi di Enhance. Jika Durability maksimum menjadi 0 maka anda tidak dapat menggunakan item atau equipment bersangkutan.

Untuk dapat menggunakannya lagi, anda perlu me-recover level dari Durability maksimum. Proses Recovery ini dapat dilakukan melalui Blacksmith. Black Stone yang telah digunakan untuk proses Enhancement bisa di dapatkan kembali melalui Black Stone Extraction.

Namun perlu diingat, Equipment atau item yang telah melalui proses Extraction untuk diambil Black Stone-nya akan menghilang. Jika anda menaikkan item atau equipment pada batas rentang aman, anda bisa mendapatkan seluruh Black Stone yang telah anda gunakan.

Jika anda menaikkan item atau equipment melebihi batas rentang aman, jumlah Black Stone yang bisa anda dapatkan adalah Level Enhancement dari item atau equipment bersangkutan +2.

Menaikkan Tingkat Keberhasilan Enhancement

Jika proses Enhancement gagal, tingkat keberhasilan Enhancement berikutnya akan meningkat 1 poin. Semakin tinggi tingkat keberhasilan ini, maka proses Enhancement selanjutnya dapat berhasil dengan kemungkinan yang tinggi. Jika proses Enhancement gagal, Durability maksimum dari item atau equipment bersangkutan akan berkurang.

Beberapa pemain akan melakukan proses Enhancement pada equipment seperti Reblath Armor terlebih dulu karena sangat mudah untuk melakukan recovery Durability-nya. Jika proses Enhancement gagal berturut-turut hingga 10-15 kali, anda bisa melakukan Enhance equipment yang anda inginkan. Metode ini disebut sebagai Fail Stacking. Anda juga bisa menaikkan tingkat keberhasilan Enhancement ini menggunakan item bernama Valks’s Cry.

Penggunaan maksimal item Valks’s Cry yang diijinkan adalah 10 buah. Anda bisa mendapatkan Valks’s Cry saat anda membeli Pearl Box atau membawa Pearl Outfit ke Blacksmith NPC untuk kemudian melakukan proses Extraction.

Memilih Tipe Enhancement

Untuk item Green Grade dengan Enhancement +14 atau kurang dari itu, anda bisa memilih tipe Enhancement pada menu Enhancement. Tempatkan Equipment pada jendela Enhancement, tombol untuk memilih tipe Enhancement akan muncul.

Tipe Enhancement terbagi ke dalam dua bagian yakni Enhance dan Durable.

  • Jika anda memilih Enhance, maka tingkat keberhasilan Enhancement akan naik
  • Jika anda memilih Durable, tingkat keberhasilan Enhancement akan menurun namun jumlah damage dari Durability maksimum jika proses Enhancement gagal akan berkurang

#Halaman ini merupakan bagian dari Walkthrough Black Desert Online#